5 Tips yang Bisa Moms Tiru Agar Cepat Hamil

Agar cepat hamil, ada berbagai persiapan yang harus Moms lakukan. Mulai dari bekal persiapan fisik hingga pengetahuan. Agar impian punya momongan bisa segera terwujud, ini berbagai hal yang Anda dan suami harus lakukan.




1. Periksa Kesehatan

Pastikan untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan Anda dan suami ke dokter. Lakukan berbagai pemeriksaan kesehatan yang dapat mendukung program hamil, seperti melakukan tes kesuburan.


Tes ini penting untuk mengetahui bagaimana kondisi kesuburan Anda dan suami. Bila tingkat kesuburannya bagus, maka program hamil bisa segera dilaksanakan. Juga untuk mendapatkan penanganan sesegera mungkin bila nantinya ditemukan suatu masalah kesuburan pada Anda atau suami.


2. Meningkatkan Kesuburan

Meningkatkan kesuburan merupakan cara utama untuk bisa cepat hamil yang harus Anda perhatikan, Moms. Agar kesuburan meningkat, ini berbagai cara yang bisa Anda lakukan:


💚 Terapkan pola hidup sehat

Rutin berolahraga, mengonsumsi makan bernutrisi seperti daging, sayuran, ikan, dan kacang-kacangan, cukup beristirahat, dan rajin berolahraga ringan secara teratur merupakan berbagai gaya hidup sehat yang perlu Anda tekuni, Moms.


Tak hanya bisa membuat kesuburan meningkat, kebiasaan menerapkan pola hidup sehat juga bisa membuat kehamilan Anda sehat dan si calon janin nantinya juga tumbuh sehat.


💚 Konsumsi asam folat

Asam folat terkenal bagus untuk meningkatkan kesuburan seorang perempuan. Vitamin ini juga penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Rutin mengonsumsi asam folat sebanyak 400-600 mikrogram per hari bisa membantu mencegah janin terlahir cacat.


Untuk itu, masukkan vitamin ini ke dalam salah satu daftar wajib yang harus Anda konsumsi saat mulai melakukan program hamil, ya, Moms. Anda bisa memilih asam folat berbentuk suplemen maupun dari makanan seperti brokoli, bayam, kentang, dan sereal.


💚 Hentikan kebiasaan buruk

Apakah Anda dan suami memiliki kebiasaan buruk, seperti merokok, mengonsumi minuman beralkohol, atau menggunakan obat-obatan tertentu? Bila iya, lekas segera hentikan kebiasaan tersebut. 


Penelitian menemukan fakta bahwa kualitas sperma pria perokok menurun sebanyak 23%. Itu membuat sperma bergerak 13% lebih lambat dan akhirnya membuat sperma lebih sulit untuk membuahi sel telur.


3. Mengetahui Kapan Masa Subur Terjadi

Cara mengetahui masa subur yang cukup mudah adalah dengan mengetahui kapan masa ovulasi Anda terjadi. Perempuan yang memiliki siklus menstruasi selama 28 hari biasanya akan mengalami ovulasi pada hari ke-12 sampai ke-14. Untuk itu, masa suburnya biasanya dimulai pada hari ke-10 sampai ke-17 sejak hari pertama menstruasi.


Dikutip dari laman Momslyfe, Anda disarankan untuk berhubungan seksual pada hari ke-2 sampai 3 sebelum ovulasi terjadi. Sebab, di hari itulah biasanya masa perempuan paling subur.


Namun, perhitungan itu tak melulu akurat pada tiap perempuan. Pasalnya, masa subur tiap perempuan bisa berbeda-beda, tergantung pada siklus menstruasinya. Maka itu, Anda disarankan untuk menghitung masa subur Moms sendiri.


4. Rutin Berhubungan Seksual

Saat berhubungan seksual agar cepat hamil, jangan menggunakan alat kontrasepsi apapun. Hindari pula berhubungan seks terlalu sering agar tidak membuat Anda mudah merasa stres.


Penelitian dalam jurnal Fertility and Sterility juga menyebutkan bahwa kualitas sperma akan jadi lebih baik bila telah dikumpulkan selama 2-3 hari. Maka itu, lekas buat jadwal berhubungan seksual dengan suami, sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu, terutama di masa subur yang paling tinggi. 


5. Mengelola Stres

Stres bisa menggangu proses ovulasi (pelepasan sel telur) sehingga bisa mengganggu segala usaha Anda dan suami sebelumnya agar cepat hamil.


Lakukan segala rencana dalam program hamil Anda dengan santai dan pikiran tenang. Nikmati tiap proses yang Anda lalui dan suami, terutama ketika sedang berhubungan seksual.


Salam,
@meifariwis

3 komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis