Kamis, 17 November 2016

Jenis-jenis Kelakuan Siswa Zaman Sekarang

Assalamu'alaikum,

Tahukah kalian kalau hari ini tanggal 17 November ditetapkan sebagai Hari Pelajar Nasional? Sudah tahu ya? Oke, baiklah :). Berarti saya tinggal cerita-cerita saja mengenai pelajar-pelajar ini. Maklumlah ya, sebagai seorang guru pastilah tiap hari berinteraksi dengan para pelajar. Ada pelajar yang imut sampai yang bikin gedheg kepala bu guru, eeerrrr!!!

Sekian lama saya berada di sekolah, otomatis menjadi lebih tahu karakter anak didik. Kalau zaman saya dulu (hmmm bolehlah ya flashback sebentar):

Zaman SD, 

Teman-teman kebanyakan suka main, ada yang usil, ada yang pinter banget, ada yang pendiem.

Zaman SMP,

Waktu SMP teman-teman makin banyak, ada yang suka berorganisasi, ada yang mulai naksir temennya, ada yang jadi siswa favorit guru-guru, ada siswa teladan, dan ada siswa yang malas.

Zaman SMA,

FYI, sekolah saya dulu terkenal dengan siswi-siswi yang super cantik (tentu saya tidak termasuk, lol). Teman saya waktu itu lebih bervariasi, ada yang sering bolos, ada yang rajin ngerjain PR, ada yang pelit, ada yang cantik tapi pelajaran nol, ada yang suka berantem, dan masih banyak lagi. 

Itu zaman saya dulu, kalau zaman sekarang bagaimana? Jawabannya sih hampir mirip ya, cuma kalau zaman sekarang kan lebih maju, teknologi semakin berkembang, apalagi daerah tempat tinggal dan lingkungan si anak juga akan berpengaruh.

Well, berikut saya rangkumkan tipe-tipe siswa versi saya. Oh iya, ini kelanjutan dari obrolan ringan dengan murid-murid saya waktu itu. Selepas ujian tengah semester, perbincangan konyol antara guru dan siswa hahaha.

1. Siswa yang sering izin ke kamar mandi

Sebenarnya siswa jenis ini sudah ada sejak zaman saya sekolah dulu. Ada saja kebiasaan anak-anak yang memang sukanya minta izin ke toilet, entah benaran mau pipis atau hanya ingin curi-curi waktu menghindari pelajaran dari guru. Pun dengan murid saya, di sekolah ada anak yang suka izin ke kamar mandi, tapi lama kelamaan guru akan tahu kebiasaan buruk itu hahaha.

2. Siswa tukang lapor alias ngadu

Pernah sih beberapa kali anak-anak lapor jika terjadi sesuatu dengan mereka, tapi jika hal remeh temeh semacam "Ms Mei just now Si A said i'm the first, blablabla" kadang sangat mengganggu. Ada anak yang belum paham mana yang harus dilaporkan ke guru atau tidak. Saya sih senang-senang saja jika mereka mau terbuka dengan guru, tapi ada juga beberapa anak yang suka ngadu ke guru mengenai hal-hal yang tidak penting. Tetapi, saya jadi tahu, sebenarnya mereka hanya buruh perhatian lebih. 

3. Siswa yang suka menangis

Untungnya tahun ini presentase anak suka nangis sangat jauh berkurang dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tapi namanya anak-anak, ada aja ya yang membuat mereka menangis. Kadang gara-gara berantem dengan temannya, atau hanya gara-gara takut minta izin ke toilet. 

4. Siswa yang suka jahil

Di setiap kelas pasti akan ada 1 siswa yang super jahil, entah kepada teman laki-laki atau perempuan. Meskipun begitu, kebiasaan tersebut sangat susah untuk dihindari karena memang si anak suka usil dan butuh perhatian dari teman-temannya. Pernah ada siswa yang hampir tiap hari mencuri perhatian temannya dengan melakukan hal-hal konyol seperti jatuhin pensil temannya, sembunyiin buku temannya, atau corat-coret buku temannya. Kalau sudah keterlaluan sih biasanya anak tersebut akan dipanggil oleh bagian kesiswaan, setelah itu diberi konseling.

5. Siswa yang gemar berkreasi

Berkreasi di sini maksudnya suka menggambar atau membuat pernak-pernik dari barang bekas. Pernah dulu murid-murid saya membuat mainan dari kertas origami, bahkan sampai ada yang menggambar raja dan ratu lalu dipakai untuk mainan. Jika jam istirahat anak yang lain main-main di kelas, anak yang gemar berkreasi ini lebih memilih duduk sendiri dan membuat gambar (yang menurut mereka lucu).

6. Siswa yang jarang mengumpulkan PR

Sepertinya kelakuan siswa yang satu ini ada dari tahun ke tahun. Banyak sih alasannya, ada yang bilang gak ada wktu, ada yang malas mengerjakan, gak ada yang bantuin ngerjain PR di rumah, dan sebagainya. Namun namanya sekolah, mengumpulkan PR adalah kewajiban siswa, makanya jika ada siswa yang terus-terusan seperti itu otomatis orang tua siswa akan dipanggil ke sekolah.

7. Siswa yang suka jajan

Semenjak ada kantin di sekolah, kebanyakan murid-murid saya jajan dan makan di kantin. Padahal dari rumah sudah dibawain bekal sama orang tuanya, tapi tetap saja mereka ngeloyor aja ke kantin saat jam istirahat. Sebenarnya ada sisi positifnya mereka jajan di kantin, karena saya bisa nitip, lol. Gak ding becanda, hehehe.

8.  Siswa yang suka bertanya alias kepo

Ternyata nih gak hanya guru saja yang suka kepo, tapi siswa juga hahaha. Kalau bertanyanya tentang pelajaran sih gak papa, tapi ini menjurus ke persoalan pribadi, halah. Contohnya "What are you doing Ms?", "Tadi ada kejadian apa Ms?", "Itu guru-guru ramai emang ada apa Ms?" dan seterusnya, hadeeew. Tapi lucu juga sih anak SD begini sudah ada yang suka bertanya, meskipun kadang pertanyaan mereka gak penting, suka jengkel tapi harus tetap legowo menjelaskan satu per satu kepada anak, hihihi.

***

Kalau sudah begini, stok kesabaran guru harus ditambah, kalau perlu tiap hari dicharge biar makin sabar menghadapi anak-anak. Apalagi anak didik saya ini masih SD dan SMP yang memang memerlukan perhatian secara khusus, jadi harus tetap semangat menghadapi mereka.

Kalau boleh tahu, kalian tipe yang mana? bolos sekolah? suka menyontek atau suka berantem? hehehe. Eh kok suudzon sih, pasti teman-teman adalah tipe siswa favorit, yihaaaaa.

Salam,
@meifariwis

22 komentar :

  1. Dulu mungkin saya termasuk siswa yang nomer satu mba. Tapi teori itu saya gunakan pas lagi UAS ^_^

    BalasHapus
  2. Kalau aku sih siswa yang pelit mbak.. pelitnya bahkan gak ketulungan..
    Teman nanya, aku pura" budek..

    Padahal kalau ditanya manfaatnya apa sih pelit kaya gitu?

    So simple mbak, aku anaknya kurang aktif di kelas.. jadi hanya dengan pelit, aku bisa mempertahankan prestasi..

    Soalnya kata wali kelasku juga jarang sih anak yang kesannya diem plus acuh sama pelajaran, selalu all out kalau ulangan..

    Dan makin kesini, penykit pelit ini menular ke teman-temna yang lain,

    Baik gak sih terlalu acuh sama pelajaran sampe sampe harus jadi anak pelit?

    BalasHapus
  3. Waktu sekolah dulu, aku masuk nomor tiga. :p

    BalasHapus
  4. siswa yang suka pura2 sakit bhahahhaa

    BalasHapus
  5. Kalo waktu zamanya saya yaitu sebagian ada yang rajin ada yang sering bolos sampe gk naik kelas, dan ada juga yang pelitt kalo minta isi pas waktu ulangan harian, tapi itu kadang kita mengenang waktu jamanya smk, terkadang kita juga pengen balik lagi pengen kumpul lagi, tapi susah sudah punya kesibukan masing2....

    Salam blogger mba mei
    follback

    BalasHapus
  6. Ha ha ha..ada juga tokoh siswa yang kepo :D ha ha ha..suka nanyain apa mbak?

    BalasHapus
  7. Aku gak ada di sini.. horeee... siswa suka bolos 😂

    BalasHapus
  8. jadi seorang guru itu tidak mudah ya ternyata, harus menghadapi berbagai macam karakter anak,juga harus tahu tentang psikologi anak. hehe

    sukses terus ya mba.

    BalasHapus
  9. Kalo aku dulu siswa yang suka bercanda mbk, pas guru lagi serius-seriusnya nerangin pelajaran, aku mengajukan pertanyaan yang sedikit lucu dan ngawur, membuat seisi ruangan tertawa, dan hukuman push up udah jadi langgananku hahaa.

    Tapi temen-temenku SMA dulu termasuk kreatif juga, pada saat istirahat gak ke kantin tapi bikin karya seni dengan cara menali sepatu milik orang lain dengan orang yang beda lalu digantung di atas pohon (sekolahku menerapkan copot alas kaki kalo masuk kelas) hahaha

    Tiap pulang sekolah pada kebingungan nyari pasangan sepatu, khususnya yang cewek-cewek ( ini termasuk kreatif apa jahil sih) hehehe ya begitulah anak SMA suka ngawur dan kreatif.

    BalasHapus
  10. saya termasuk banyak diantara yang banyak itu kak mei, udah jelek kadang nilainya jelek, jaman TK aja sering berkeliaran kemana mana , gak jelas banget lah intinya. mana belum bisa bicara saat itu . :"

    tapi mending masa kecil kita ya kak mei :'3

    BalasHapus
  11. Saya suka bolos pelajaran, ijinnya ke toilet tapi malah belok ke kantin :D Apalagi waktu itu lagi jajan lalu dibayarin jajannya sama guru mtk...

    BalasHapus
  12. iya Mbak Mei, I experience it as well.. jadi guru itu emang menarik sekali. haha..anak anaknya itu m,acam macam bentuk dan tingkah polahnya..ada yang keponya mashaAlloh, ada yang pipis mulu kerjaannya, tapi ada juga yang rajin, ramah dan cuteeee abis. Cuman dari semua yang gue nggak suka adalah murid yang demen ngadu sama orang tuanya. Dikit dikit ngadu, yang harusnya cuman masalah sepele sama temennya juga ngadu. GEMESHHH!!

    BalasHapus
  13. Selamat hari guru mbak Mei. Walau udah lewat sih.

    Kalo aku sih siswa yang suka berkreasi. SD karena masih dekat sama rumah jadi siswa jahil, masuk SMP yang jauh dari orang tua, aku jadi lebih pendiam. Teman sih punya, tapi 2-4 orang aja yang dekat, lainnya cuma kenal gitu aja.

    Jadinya, kalo jam istrhat palingan ngegambar, kalo ada yang ngajak makan baru pergi.

    BalasHapus
  14. Dulu aku termasuk siswa yang nomor limaaaa! Kalau mata pelajaran lain aku kurang bisa diandalkan, tapi kalau mapel kesenian, wohooo, berasa hidupku berguna Kak mei hahaha..

    BalasHapus
  15. yang penting dari jaman ke jaman, siswa yang suka jahil tetep ada. Kalau gak ada, bakalan garing suasana kelasnya haha (pengalaman jagi tersangka siswa jahil)

    BalasHapus
  16. Kalo widya sih kategori siswa yang dulu suka banyak tanya alias kepo hihihi jadi nostalgia lagi karena baca postingan ini. Jadi rindu masa - masa di sekolah dulu, mbak hehehe :D

    BalasHapus
  17. Siswa gaib, kadang ada kadang gaada :v

    BalasHapus
  18. wkwkwkwk
    jadi guru itu banyak banget yang harus dihadapi ya kak..
    ngak bisa ngebayangin gemana rasanya kak mei yang ngajar anak SD..
    saya aja yg ngajar anak SMK aja rasanya ngak bisa disebutin deh pokoknya..
    kelakuan mereka ada2 aja.. hehehe

    BalasHapus
  19. Kayaknya zaman gue sd dulu, temen" gue ga terlalu kepo gtu deh, nanya" sama guru, hahah.
    Mngkij yg sering i, in ke toilet itu yg suka curi" pandang sama org yg ditaksirnya. Mungkin.
    Gue tipe yg suka makan gtu sih. Ada ga? Hahah

    BalasHapus
  20. Pas sekolah pengen cepet lulus, pas udah lulus pengen balik ke masa sekolah, apalagi masa SMA. Hahahahaha. Kenangan emang selalu bisa bikin kangen.

    Salam,
    Syanu.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  22. Nomor 7 itu seperti gue banget . Demen sama jajan kalo disekolah . Kalo masa SMP katanya sih gue terkenal culun , masa SMP gue lebih senang sama berkreasi dan masa sekarang SMA , gue lebih senang berorganisasi sih .

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top