Sabtu, 28 Oktober 2017

Cara Menjaga Kesehatan Ala Miss Mei

Cara Menjaga Kesehatan Ala Miss Mei. Bicara kesehatan kok rasanya saya kurang begitu menjiwai ya. Apalagi masalah tips-tips gitu. Ya iyalah, karena pola hidup saya mah biasa aja, nggak yang sampai jaga ini itu. Huaaaaaa Sungguh ku tak percaya diri.

Makanya pas mbak Firda bahas tema untuk #KEBBlogging dan akhirnya setuju masalah kesehatan, saya mau bahas dari sudut pandang pribadi saja. Nggak yang muluk-muluk kasih tips ini dan itu, karena memang nggak berani kasih hahaha.

Cara Menjaga Kesehatan Ala Miss Mei

Sebagai karyawan swasta, lebih tepatnya seorang guru, tentu banyak banget kegiatan yang saya lakukan. Mulai dari mengajar di kelas, urus administrasi, ketemu orang tua murid sampai nyiapin bahan ajar, pasti semua butuh tenaga yang nggak sedikit. Belum lagi kalau ada masalah di sekolah, aduh pusing deh kepala dan ujung-ujungnya bisa jadi sakit.

Loh emang jadi guru capek ya? Kan kerjanya cuma ngajar? Ya elah, sini-sini saya jelasin kerjaan saya ya biar nggak dinyinyirin dulu:

⌛ Jam kerja saya itu dari jam 07.20-16.00, hitung sendiri tuh berapa jam. 
⌛ Sebagai guru sekaligus wali kelas 1, tentu kerjanya nggak hanya ngajar tapi juga ngurusin anak-anak. 
⌛ Tiap Rabu meetng sampai sore hari. 
⌛ Kadang harus andil dalam kegiatan sekolah yang menguras waktu, tenaga, dan pikiran. 
⌛ Pokoknya kerjaannya banyak deh hahaha.

Kalau sudah begitu, menjaga kesehatan adalah hal wajib yang harus saya lakukan. Apalagi saya ini punya peran ganda, jadi guru sekaligus ibu rumah tangga. Kadang capek di sekolah, sampai di rumah masih harus ngurus anak dan beres-beres ini itu. Nggak ada ART pula, bisa bayangin kan betapa lelahnya diriku, huhuhu.

Baca juga: About me

Pernah deh kapan hari saya sakit, hampir semua kerjaan terbengkalai. Untungnya suami bantuin beres-beres rumah. Kalau masalah kerjaan di sekolah bagaimana? Ya Alhamdulillahnya banyak teman-teman guru yang menghandlenya.

Baca juga: Ketika saya sakit


Lalu biar nggak gampang sakit, gimana dong caranya Miss Mei? Nah ini, saya nggak bisa kasih tips jitu deh. Belum berani, lha wong saya aja kadang makan malam bisa di atas jam 20.00 kok, kan itu nggak sehat hehe. Tapi, ada sih beberapa cara yang saya lakukan biar tetap fit.

Tetap fit di sini maksudnya badan sehat bertenaga dan pikiran fresh tejaga. Caranya adalah sebagai berikut ya:

⌚ Tidur lebih awal

Jujur ya, saya kalau begadang pasti pagi harinya ngantuk. Masih mending deh ngantuk, biasanya saya langsung terkena flu. Sebisa mungkin sekarang ini kurangi begadang (kecuali kalau kejar deadline lomba atau sponsored post hahaha). Makin tidur cepat, makin seger aja gitu badannya, bawaannya jadi lebih semangat.

🍸 Minum air putih yang banyak

Kalau ini emang bener, saya suka banget sama air putih. Malahan jarang sekali minum teh atau kopi kecuali pas jajan di luar. Kalau di sekolah, saya biasanya siapin air mineral sampai 1 kardus lho. Tiap ngajar pasti selalu bawa botol minum, jadi kalau haus ya tinggal minum saja.

🍎 Konsumsi buah

Saya ini tipikal orang yang nggak suka makan sayur, hufch. Jadi sebagai gantinya ya makan buah dan alhamdulillah semua macam buah saya suka. Biasanya kalau stock buah habis, saya bisa tetap bisa makan karena katering di sekolah pasti selalu ada buahnya.

🎢 Me time

Nggak kalah pentingnya, me time bisa bikin saya tetap waras. Kalau pikiran sepaneng atau mumet ya mending me time saja. Kesehatan terjaga nggak hanya mengonsumsi makanan sehat saja sih menurutku, tapi dengan melakukakan hal-hal yang disukai, niscaya pikiran dan badan akan tetap sehat. Gitu kan ya?


πŸƒ Olahraga

Mungkin orang yang jarang sekali olahraga adalah saya orangnya, lol. Tapi untungnya tiap hari Rabu pagi ada kegiatan senam di sekolah. Jadi bisa ikutan olahraga gitu buat jaga kesehatan. Akh tapi kalau olahraganya cuma seminggu sekali ngaruh nggak sih? Ya ampun, coret deh coret.

Mungkin itu aja kali ya cara-cara yang biasanya saya lakukan untuk menjaga kesehatan. Tapi bisa ditambah beberapa kegiatan lainnya, seperti:

🎈 Nyuci baju manual, nggak pakai mesin cuci tapi kucek pakai tangan. 
🎈Nyuci panci, piring, gelas, wajan, dan segerombolannya. 
🎈Nyapu dan ngepel lantai sendirian. 
🎈Mandiin anak dan siapin sarapan keluarga. 
🎈Hahaha itu mah kerjaan ibu rumah tangga ya, tapi bener deh ibu-ibu rumah tangga biasanya strong maksimal dan nggak pernah sakit. Semoga begitu ya, amin.

Kalian punya tips apa untuk jaga kesehatan? Ceritain dong.

Salam,
@meifariwis

10 komentar :

  1. Semenjak kerja saya juga kurang sama yang namanya olahraga mba. Tapi sekarang pengen nyoba senam. Setidaknya tubuh gak kaku banget mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aYO mb senam lagi, biar makin fresh dan kaku. Saya juga cuma seminggu sekali senamnya hahaa

      Hapus
  2. Gak jauh berbeda lah dengan saya. Saya juga biasa tidur lebih awal, kalo pun harus begadang, biasanya pas hari libur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kalau begadang biasanya aku sakit huhuhuuu

      Hapus
  3. Wah strong woman πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ salut mak. Saya yg full irt aja masih ngeluh, apalagi yg juga bekerja di luar rumah.

    BalasHapus
  4. Semenjak rutin olahraga, badan gak bogrek lagi. Sebelum itu, haduuuuh, sebulan bisa tepar beberapa kali. :'D

    BalasHapus
  5. Aku pengen nyoba senam lagi. :'D Tubuhku makin hari makin gak enak soalnya.

    BalasHapus
  6. Aduh jadi bu guru capek juga ya ternyata. Me time itu memang penting banget biar ga stress.

    BalasHapus
  7. Tidur lebih awal yang syusyah...��

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top