Kamis, 17 Mei 2018

Review Daycare Annafi Jababeka Cikarang

Review Daycare di Jababeka Cikarang. Kurang lebih 3 tahun lalu ketika memutuskan untuk tetap bekerja sebagai guru, saya memilih daycare sebagai solusi pengasuhan anak. Waktu itu, untuk pertama kalinya saya menitipkan Kenzo yang baru berusia sekitar 3 bulan di sebuah daycare di daerah Jababeka.


REVIEW DAYCARE DI JABABEKA CIKARANG


Bukan tanpa alasan kenapa akhirnya pilihan jatuh ke daycare. Banyak yang nanya sih, kok nggak pakai nanny atau asisten rumah tangga saja? Saya jawab enggak, karena emang lebih percaya daycare daripada pembantu. Saya ngeri kalau ditinggal sendirian di rumah ntar terjadi apa-apa, kan nggak ada yang ngawasi.

Apalagi waktu itu lagi santer pemberitaan penganiayaan bayi oleh ART. Ya Allah, langsung speechless deh. Lagipula cari asisten di sini susah banget, mana maunya mahal-mahal pula. Ya sudah, pilihan untuk ART langsung saya coret dari daftar list.

Btw, maaf ya saya nggak bermaksud menjelekkan profesi ART.  

Oke, kembali ke judul!

Berhubung sekarang kami pindah rumah, jadi udah nggak di daycare lagi. Makanya mau nulis review ini kali aja ada yang butuh info daycare sekitaran Jababeka. Tulisan ini murni pengalaman pribadi ya, bukan endorse apalagi dibayar wkwkwkw.

Baca juga: Pindah Rumah


Daycare ini terletak di Jalan Puma Raya, Jababeka, Cikarang Baru. Kami memilih tempat tersebut karena deket banget sama kontrakan yang kami tinggali. Tentunya diawali dengan survey dulu ya, nggak mungkinlah ujug-ujug nitipin anak ke tempat asing tanpa diketahui seluk beluknya.

Mulanya searching di google, eh kok nggak ada sih ulasan daycare-daycare gitu di Jababeka, kan sebenarnya website seperti itu pasti banyak yang cari. Apalagi di Cikarang emang banyak orang tua yang bekerja dan bingung mau nitipin anaknya kemana, jadi cocoklah buat bikin infonya lewat internet.

Gara-gara itu saya jadi kepikiran buat bikin daycare plus websitenya sekalian, hahaha. (Doain ya, sepertinya bisnis ini menjanjikan) Amin. 

Alamat

Seperti yang saya tuliskan tadi, daycare Annafi letaknya cukup strategis karena terletak di Jalan Raya Puma, Cikarang baru. Di sana memang banyak jalan bernama hewan, seperti Puma, Antilop, Kancil, Beruang, dll. Jadi kalau bingung, tanya orang dan langsung cari aja nama-nama jalan tersebut. Sekitaran belakang perumahan elit Tropicana Residence pokoknya,  deket sama Stadion Wibawa Mukti Cikarang.

Selain terletak di jalan utama, daycare ini deket banget sama Alfamart, kalau ada yang ketinggalan kan bisa langsung beli disitu wkwkwkwk (ini bukan endorse).

Pengasuh

Kenzo bersama Bu Elly dan Bu Sulis pengasuhnya

Jadi daycare ini sebenarnya usaha keluarga (kayaknya sih), karena yang punya itu kakak beradik gitulah. Di daycare ada 1 pengasuh utama (Bu Elly - orang yang punya daycare) dan 2 pengasuh ( 1 nanny dan 1 perawat). 

Terus nanny-nya keluar, diganti lagi sama nanny yang baru, terus saya lupa deh udah berapa kali ganti pengasuh. Yang jelas Bu Elly masih disitu kok (ya iyalah kan yang punya). Sekarang malah dibantu sama kakak kandungnya, jadi makin percaya deh karena dikelola oleh keluarga sendiri.

Jam Operasional

Buka dari jam 7 pagi sampai jam  5 sore. Sebelum jam 7, biasanya udah buka kok.

Over time (OT)

Kalau di depan sih nggak ada OT, misal jam 6.45 sudah sampai di daycare nggak bakal kena biaya tambahan. Tapi kalau jam pulang, akan dikenakan charge sebesar 15 ribu per 30 menit. Masih enaklah hehehe.

Usia Anak

Anak yang bisa dititipkan di sini mulai dari bayi kok, biasanya usia 3 bulan gitu sampai anak-anak. Bahkan anak SD aja ada yang dititip juga.

Ruangan dan Bangunan

Ruangannya luas banget

Daycare ini bentuknya rumah, tapi guedeeeeee banget asli deh. Bukan tipe rumah kecil yang banyak kamarnya itu bukan, jadi anak bisa leluasa tuh main-main di sana. Ada kamar tidur anak dan kamar tidur bayi, semua pakai spring bed kok tenang aja dan tentu terpisah.

Selain kamar tidur, terdapat juga kamar yang dipakai untuk diapers, bedak, alat mandi, dan lain-lain. Di dalam rumah, masih ada space kosong yang bisa dipakai ngapain aja, bahkan main bola juga bisa saking besarnya hahaha.

Kasur bayi

Halaman depan rumahnya juga gede banget, di depannya ada kolam ikannya dan tentu diberi pagar besi ya. Bangunannya tua tapi masih kokoh dan beberapa kali sudah diperbaiki.

Kegiatan harian

💢Jam 7 daycare udah dibuka
💢Anak-anak makan cemilan dan minum susu yang dibawa dari rumah
💢Bermain bersama teman-teman
💢Makan siang
💢Tidur siang
💢Mandi
💢Makan cemilan dari daycare dan minum susu
💢Anak-anak siap dijemput oleh orang tua

Jumlah Anak

Kenzo dan teman-temannya

Enaknya di daycare ini tuh anaknya nggak begitu banyak, jadi bisa tercover semua sama pengasuh-pengasuhnya. Sekitar 8 anak, maksimal 10 anak kayaknya. Hahaha maaf kebanyakan kayaknya, soalnya kemarin itu teman Kenzo juga cuma sedikit kok.

Tempat Bermain

Tempat mandi bola (prosotannya lupa difoto)

Lumayan komplit, karena ada prosotan anak, mainan mobil-mobilan, tempat mandi bola, kursi goyang, lego box, sepeda mini, dan lain-lain.

Baca juga: Sepeda Baru Kenzo

Makanan

Di daycare ini menyediakan 1 kali cemilan sehat dan 1 kali makan siang. Jadi buat orang tua yang anter anaknya mending sarapan dulu aja dari rumah, tapi misal nggak sempet tinggal bilang aja ke pengasuhnya. Nanti bakal dibantuin untuk makan paginya.

Harga

Uang pangkal per tahun Rp 600.000,00. Biaya ini dibayarkan per tahun.

Uang harian kira-kira 70-80 ribu gitu, saya lupa deh hahaha.

Uang bulanan 1 juta. (Bayi dan anak-anak beda lagi ya bayarnya, cuma ya itu saya lupa rinciannya).

Minusnya

💔 Nggak ada report harian secara tertulis. Adanya cuma lisan, tapi biasanya dijelasin sih kalau ada kejadian penting. Namun saya kurang puas, makanya setiap jemput Kenzo pasti nanya-nanya pengasuhnya “Hari ini makannya apa? Habis nggak? Ada kejadian apa? Rewel nggak, dll” hahaha (maaf saya cerewet).

💔 Nggak ada cctv

💔Nggak ada preschoolnya, jadi anak murni dititp aja. Padahal saya berharap ada sedikit pembelajaran gitu biar anak-bisa sekalian belajar.

Lain-lain

Saat datang ke daycare kondisi anak sudah mandi (meski ada yang belum mandi juga nggak apa-apa sih) cuma kalau saya pasti mandiin Kenzo dulu dari rumah.

Bawa cemilan yang disukai anak dari rumah

Bawa alat mandi dan susu (nanti akan ditinggal di daycare, kalau sudah habis akan diberitahu)

Bawa baju ganti dan diapers sendiri

Kalau anak sakit bagaimana? Ada dokternya nggak?

Di awal postingan ini saya bilang ini daycare milik keluarga. Jadi di samping daycare ada sebuah klinik ibu dan anak, dokternya adalah yang punya daycare tersebut. Misal ada apa-apa dengan si anak bisa langsung dibawa ke klinik (tentu atas persetujuan orang tua ya).

Pernah waktu Kenzo kena cacar air dia dititipin di klinik, jadi tetap tenang. Karena kan kalau di daycare takutnya nularin anak lain.


Apalagi ya? Hahaha mendadak lupa ikh, padahal kadang inget banget mau nulis apaan. Secara udah seperti rumah sendiri kan, hampir setengah hari waktu Kenzo habiskan di daycare bersama pengasuh dan teman-temannya.

Sekarang Kenzo udah pindah daycarenya, dia sudah sama teman-teman barunya. Tapi percayalah, daycare Annafi ini tak tergantikan dan akan selalu kami ingat. Ya iyalah dari bayi di sana kok ya.


Oh ya, saya juga sempat survey beberapa daycare, doain biar nggak malas nulis reviewnya hahaha.

Salam,

2 komentar :

  1. Nitipin anak di daycare itu emang ada plus minusnya yaa, aku juga kadang kepikiran pengen bisnis daycare, seru kayanya banyak anak2.

    BalasHapus
  2. Luar biasa mbq dititipin di daycare dari Kenzo 3 bulan. Aku gak beranu. Dilarang juga sama ortu. Makanya ortu yang rawat.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top