Di Balik Kekalahan Selalu Ada Hikmah

Assalamu'alaikum :)

(Mau tanya) apa isi blog kalian? curhatan, tips-tips jitu, puisi, dagangan, kuliner atau fashion? Kalau blogku isinya macam-macam, maklum personal blog jadi isinya semau-maunya aku, hehehe. Berbicara soal blog, aku adalah tipe orang yang suka sekali mengikuti lomba atau giveaway. Sudah terbukti berbagai macam kontes aku ikuti. Awal mulanya tidak begitu tertarik, tapi setelah mencoba dan ada beberapa diantaranya menang akhirnya aku tergiur untuk terus mengikuti berbagai macam kuis, giveaway, kontes, maupun lomba blog.

Dulu, aku pernah mengikuti salah satu giveaway dan itu baru kali pertamanya aku mengikuti kontes begituan. Menjelang pegumuman ternyata tulisanku tidak lolos. Lalu aku menulis komentar, kira-kira seperti ini:

"Yah, aku gagal, padahal aku sudah berusaha semaksimal mungkin, sudah capek-capek bikin tulisan, tapi nyatanya aku gak menang, yasudahlah."

Tak lama kemudian, ada seorang teman yang menulis status di facebook. Intinya dia mengeluhkan sifatku yang mudah menyerah dan tidak bisa meghargai karya orang lain. Dari situlah aku tersadar betapa tulisanku jauh dari kata sempurna. Jangankan sempurna, tulisanku memang belum layak diikutsertakan dalam sebuah kompetisi. Aku mulai mencari referensi, mulai asyik blogwalking, dan membaca-baca tulisan yang sering menang giveaway atau kontes.

Ya, aku merasa belum apa-apa, aku harus banyak belajar dan jangan cepat merasa puas. Semua orang juga bersusah payah membuat tulisan supaya tulisannya menang, tapi kenyataannya walau mereka kalah, mereka tidak mengeluh bahkan berbesar hati untuk memberi ucapan selamat pada para pemenang. Sedangkan aku? Aku malah menggerutu menyesali nasib dan menyalahkan diri sendiri. Aku kalah dalam lomba itu artinya ada tulisan yang lebih baik daripada tulisanku. Atau memang tulisanku tidak layak menang atau kurang maksimal. Apalagi aku jarang sekali mengikuti kompetisi, baru sekali mengikutinya dan gagal rasanya sudah kebakaran jenggot. Childish banget aku yaaaa? :(

Pengalaman tersebut tidak akan pernah aku lupakan. Mulai saat itu aku berpikir positif bahwa setiap kompetisi pasti selalu ada yang menang dan ada yang kalah. Kalaupun kalah berarti memang belum rejekiku. Itu artinya aku harus memperbaiki diri bukannya malah mengeluh. Lambat laut aku mulai memperbaiki tulisanku, mulai mengikuti banyak giveaway dan kontes. Terserah orang mau bilang apa karena aku memang suka mengikuti yang begituan, hehehe. Mau tahu alasannya apa? Cekidot:

1. Mengasah jiwa kompetisi.
2. Membantu memperbaiki gaya dan isi tulisan.
3. Kalau menang mendapat hadiah.
4. Kalau kalah berarti aku harus terus berusaha dan mencari solusi.
5. Menambah wawasan dan pengetahuan dari tulisan-tulisan teman.
6. Mengasah kemampuan menulis.
7. Menambah pertemanan.

Gimana, banyak kan manfaatnya mengikuti berbagai jenis kompetisi? Apalagi kalau menang, ada kepuasan tersendiri, dapat hadiah pula, asiiiiiiik. Tapi kalau kalah jangan sedih ya, harus semangat dan terus berkarya dan perbaiki tulisan kalian. Di tahun ini aku banyak mengikuti lomba, banyak pula gagalnya tapi bagiku sekarang tidaklah masalah yang penting sudah mencoba. Kalau tidak pernah mencoba bagaimana kita bisa berkembang, ya gak? hehehe. Alhamdulillah ada juga beberapa tulisanku yang lolos. Berikut diantaranya:

1. Mendapat juara 1 dengan hadiah Pulsa Rp 50.000,00, sebuah kaos khas Makassar, dan sebuah buku yang diadakan oleh myjavalamp.blogspot.com . Ini link tulisanku klik DI SINI.

2. Juara favorit dari galaksipungky.blogspot.com dan mendapat hadiah sebuah buku berjudul "Peri-peri Bersayap Pelangi". Link tulisanku klik DI SINI. 

3. Juara harapan mendapat hadiah satu set Tupperware berisi Jug dan dua gelas cantik dari mbak Myra dan Mas Adhi (kekenaima.com). Link tulisanku DI SINI.

4. Mendapat hadiah tempat makan unyu dari rodamemn.wordpress.com.  Link tulisanku DI SINI.

5. Mendapat hadiah buku dari mak Ida (ida-nurlaila.blogspot.com). Yang mau baca tulisanku DI SINI ya.

6. Hadiah bross cantik dari garammanis.com. Tulisanku DI SINI

Berbagai macam hadiah lomba dan giveaway :)
Alhamdulillah, kalau rejeki tidak akan kemana kok. Bagi yang berminat silakan ikuti berbagai giveaway dan kontes ya, semoga kita sama-sama berhasil. Bukannya bermaksud sombong, aku hanya ingin mengajak teman-teman untuk mengasah kemampuan menulisnya dengan mengikuti berbagai kompetisi. Tertarik?

Salam,
@meifariwis

19 komentar

  1. smangat terus mei.
    Saya malah jarang loh ikutan lomba-lomba sederhana kayak gitu. Setelah ini, bolehlah kita bersaing. heheee.
    Btw sering dapat info darimana lomba2 kayak gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa harus terus semangat dong :)
      ayo makanya ikutan, kan bisa menambah wawasan dan mengasah kemampuan menulis :)

      ayo bersaing hahahaha
      dari mbah google, aku sering cari disitu

      Hapus
  2. Waaahhhhh kak Mei keren.. blog kita sama *tosss... saya juga stelah sempat ikut giveaway dan ada beberapa yang menang jdi ketagihan ikut... yahh alasannya jg gak beda2 jauh dengan alsan kak mey... selain ngarep dpt hadiah... sy sekedar ingin berbagi... dn setidaknya melatih diri untuk ikut dlm kompetensi.. masalah kalah menang yah soal belakanganlah ... yang penting manfaatkan peluang yang ada... sy berpikir sprti ini... kalau ada GA/lomba blog trus saya gak ikut berarti sy sama sekali gak punya peluang baik menang atau kalau.. sebaliknya... kalau ikut tentu peluang itu ada...meski gak selamanya menang sih tp psti klu trus berusaha adalah saatnya kita jg bs menang...

    So...selamat yah kak Mei... hdiahnya bikin saya ngiler deh heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. okey tossss hhehee
      iya seneng ya kalau menang
      iih padahal kalau belum dicoba belum tau hasilnya lho Zhie, jadi menurutku kamu juga punya peluang yg sama, yg penting mencoba dlu dan berusaha yayayayaya

      makasih ya Zhie, ayo kita saingan

      Hapus
  3. wah banyak juga pengalaman ikutan lombanya ya,,kayaknya berpengalaman banget nih kk Mei dalam hal lomba2 didunia maya,,,langganan juara dan kalah juga hihi. sama kita kak gue juga gitu pas kalah dongkol banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga juga kok Lia, :) kalau lagi semngat ya ikutan kalo ga ya gak hehee

      Hapus
  4. blog aku isinya gak karuan mey..hihihi...
    banyak menang ya mey... jadi menambah koleksi buku2..
    aku juga kadang pengen banget ikut2 give away, tapi gak sempet2 mey..
    bisa ngeblog itu ya pas lagi bener2 gak ada kerjaan dan pas lagi gak ada bos dikantor..
    soalnya dirumah gak ada koneksi internet selain hp...

    sudah berjiwa kompetisi ya mey??dari dulu kamu sering ikutan GA..
    menang gak menang itu belakangan... tapi sepertinya ada kepuasan tersendiri kalau sudah ikutan kontes begitu, meskipun gak menang... tetep semangat mey nulisnya...

    oh iya.. aku udah baca cerita mu diAsem Manis Cinta... hehehe... angka 13 ni yee... gue jadi ingat sesuatu tentang angka 13.. :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahaa malah ak karuan :)
      alhamdulillah iya nambah2 koleksian buku nich. Semoga kamu bisa ikutan lomba atau giveaway ya Rita :)

      iyaa aku sering ikutan kontes, kalau menang kan lumayan hahaha

      wadu ada apa dengan angka 13 versimu?

      Hapus
  5. Saya jarang banget ikut lomba krn faktor media. Sukses terus yaaa kak^^

    BalasHapus
  6. Waw, udah sering ya mba ikut lomba. pengalaman menang juga udah banyak tuh.. jadi merasa pengen ikut gituan deh, hahaha semangat ya

    BalasHapus
  7. aku malah belum pernah sama sekali menangiin kompetisi blog atau lomba nulis. tapi yah namanya juga penulis amatiran haha

    terakhir menangin lomba best article- Blogger Energy alhamdulilah, menang juga. dapet award dan pulsa 10 ribu. udah itu ajah kak mei, nggak ada lagi. emang bener sih ada kepuasan tersendiri kalo dapetin hadian atau jadi pemenang..

    BalasHapus
  8. Awal mula ikut GA gak PD ya, Mei. Kalau saya, menang kadang dan kalah sering. Hahahaha


    Tetap usahaaa, Mei. Siapa tau dapat rumah. :D

    BalasHapus
  9. Blog personal itu emang enak, ngapain aja juga bebas, kaya punya rumah sendiri haha..
    bisa jadi inspirasi nih pengalamannya, Sukses terus kak :))

    BalasHapus
  10. senengnya yang sering ikutan lomba, jd punya banyak pengalaman ya sob :)

    BalasHapus
  11. wa alaikum salam.

    Selalu ada hikmah dari setiap kejadian, ya :)

    BalasHapus
  12. kadang aku ikut lomba trus lupakan hehehe

    BalasHapus
  13. Yg namanya kompetisi itu emang selalu ada yg 'kalah' dan yg 'menang'. Kalau kalah yaa harus terima kekalahan, dan berusaha memperbaiki diri agar lebih baik lagi :D

    Hmm, aku sih belum pernah ikutan GA atau lomba gitu @@

    Kapan-kapan aku mau coba juga deh :3

    BalasHapus
  14. sip dan bermakna sekali

    BalasHapus
  15. terima kasih atas info yang sangat unik dan beda ini

    Obat Kuat Tahan Lama Tanpa Efek Samping

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis