Rabu, 09 Desember 2015

Suka dan Duka Pengalaman Berbelanja Secara Online

Assalamu'alaikum :)

Sebagai seorang wanita jika mendengar kata belanja pasti saya langsung heboh sendiri. Pasalnya berbelanja merupakan ritual untuk menyegarkan pikiran, menghilangkan stres, dan ampuh mengobati rasa lelah. Tapi hal tersebut harus diimbangi dengan isi dompet yang lumayan tebal lho ya, jangan sampai uang untuk keperluan makan sehari-hari terpakai gara-gara asik belanja. Dulu saya pernah khilaf belanja sampai memakai uang untuk keperluan makan, akhirnya saya dan suami harus irit seirit-iritnya, hohoho.

Berbicara soal belanja, saya memang menyukai belanja secara langsung atau pergi ke mall lalu lihat barang jika cocok langsung bayar ke kasir. Selain bisa melihat kualitas belanjaan, saya juga bisa sekalian cuci mata di mall bareng suami. Namun seiring berjalannya waktu, perkembangan dunia per-belanja-an semakin maju. Sekarang sudah zamannya online shop alias belanja online. Belanja menjadi semakin mudah karena berbagai kenyamanan yang ditawarkan. Kita hanya perlu duduk manis, pencet sana pencet sini, lihat barang di handphone, jika suka tinggal klik lalu transfer, besoknya atau dua hari setelahnya barang sudah sampai di rumah. Enak kan?

Berawal dari munculnya online shop itu tadi akhirnya saya keranjingan belanja secara online. Apalagi sekarang saya sudah mempunyai anak yang masih kecil, belum bisa jalan, dan masih harus nenenin. Ribet kalau pergi ke mall naik motor, kasihan Kenzo kalau kehujanan atau kepanasan di jalan. Ya udah, berbekal smartphone di tangan, saya tinggal klik situs-situs OS, jika tertarik saya langsung minta izin suami dan membeli barang tersebut.


Berbelanja secara online ternyata memberikan kesan tersendiri buat saya, dulu ada pengalaman kurang menyenangkan saat belanja online. Ceritanya saya pernah ketipu, huaaaaa kalau diingat-ingat sedih juga. Waktu itu sedang booming-boomingnya K-Pop, sebagai makhluk sosial yang ngakunya kekinian saya memutuskan untuk membeli blazer ala artis Korea. Saya membeli blazer tersebut di salah satu akun OS yang terdapat di facebook. Dari segi gambar sih oke punya, bahan yang disebutkan juga sangat bagus, nilai plusnya si ownernya melayani pembelian dengan cepat. Pesanan saya langsung ditanggapi, saya bayar dan dua hari kemudian blazer itu pun sampai. Drama pun dimulai, saat saya membuka bungkusan ternyata..... jreng-jreng-jreng.... blazernya kekecilan dan tidak seperti yang ada digambar. Ya ampun... saya kesal sekesal-kesalnya, saya langsung menghubungi OSnya dan hasilnya nihil, saya tidak direspon sama sekali. Sampai sekarang blazer itu tidak pernah saya pakai :(.

Pengalaman kedua saya saat ingin membeli hp second alias bekas. Harga yang dibandrol waktu itu sekitar Rp 300.000,00-an, maklum hp jadul yang hanya bisa digunakan untuk sms dan telepon saja. Di nomer rekening OS tersebut tertera salah satu bank ternama di Indonesia, saat akan saya transfer eh kok nomor rekening tidak terdaftar. Saya menghubungi pemilik OS lagi, dia bilang nomornya salah. Saya segera transfer ulang ke nomor rekening yang baru tetapi atas nama berbeda. Saya percaya saja waktu itu, selang beberapa hari hp tak kunjung datang. Saya pasrah ditipu owner OS lagi :(

Pengalaman terakhir saya membeli sepatu kerja, janjinya 2-3 hari barang sampai. Lha kok ini sampai 2 minggu, hahaha. Untung barang dan kualitasnya bagus jadi saya tidak jadi marah-marah. Dari ketiga pengalaman duka di atas tetap tidak menyurutkan hobi saya berbelanja online lho. Namanya juga wanita, ada saja godaannya untuk berbelanja meskipun pernah kena getahnya, hihihi.


Sebenarnya ada banyak manfaat yang dapat saya rasakan dari kehadiran OS tersebut, pertama saya tidak harus capek-capek pergi ke mall, kedua saya tinggal melakukan transaksi lewat hp, ketiga pembayarannya mudah via transfer, keempat saya tinggal duduk cantik menunggu pesanan datang, kelima saya bisa bebas memilih barang kapanpun tanpa ada yang ganggu (kecuali kuota internet habis), ya karena banyak OS yang menjual bermacam-macam kebutuhan, mulai dari fashion, elektronik, gadget, perlengkapan ibu dan anak, properti, dan masih banyak lagi, semuanya super lengkap hanya dalam satu genggaman. Bener-bener deh zaman sudah maju banget :).

Setelah punya pengalaman yang kurang mengenakkan dan sukanya belanja online, saya menyarankan kepada seluruh wanita hebat nan mempesona di dunia ini untuk berhati-hati dalam berbelanja. Salah satunya perhatikan situs onlinenya dulu, jangan langsung tergiur oleh tampilan gambar yang bagus. Sekarang saya lebih teliti memilih situs belanja yang terpercaya. Oh ya saya punya rekomendasi salah satu situs onlineshop yang patut untuk disambangi lalu dibeli barang-barangnya, hihihi. Tak lain tak bukan adalah HijUP. Situs online yang sangat terpercaya, lengkap, banyak brand ternama, dan pastinya aman.


Di HijUp kita bakal dimanjakan oleh tampilan web yang elegan. Di OS tersebut juga banyak menawarkan promo diskon. Kualitas dari barang-barangnya pun tak perlu diragukan lagi karena di HijUp juga dilengkapi jenis-jenis bahan dan petunjuk perawatannya. Senangnya produk-produk tersebut bukan bohongan alias asli antara gambar dan kenyataan karena diperankan oleh model asli. Selain fashion kita juga bisa berbelanja aksesoris, sepatu, dan tas juga lho. Cara berbelanjanya pun juga mudah.


Nah sekarang kita tak perlu khawatir lagi terhadap OS abal-abal, karena ada HijUp yang memudahkan kita untuk berbelanja. Happy shopping ya girls :)

Salam,
@meifariwis

“Tulisan ini disertakan untuk giveaway #FAMILYTALK Annisa Steviani dan Istiana Sutanti bersama Hijup.com”


9 komentar :

  1. semoga pengalaman kena tipu sama olshop membuat kita lebih hari hati ya.

    BalasHapus
  2. semoga pengalaman kena tipu sama olshop membuat kita lebih hari hati ya.

    BalasHapus
  3. akh mba Mei, sama, gw juga pernah dua kali kesel sama OLS, yang pertama barang nggak sesuai gambar, yang kedua, barang yang dikirim kurang satu, pas gw komplen katanya mau dikirim belakangan, eh sampe sekarang nggak dikirim2, udah males aja nanyain, biar aja yang dosa dia, hehehe..

    Tapi banyakan sukanya sih, sama seperti yang ditulis di artikel atas ...

    BalasHapus
  4. mbak mei reality banget ya ceritanya..... kalo aku mah masih gak PD aja kalo blanja via online mbak... banyak takutnya... soalnya suka gak awas kalo baca detail takut kena tepoo... he he

    BalasHapus
  5. Semoga menang, ya? Lupa kalo DL-nya kemarin. :D

    BalasHapus
  6. Saya belum punya pengalaman belanja online Mbak, dan tentunya pengalaman Mbak di atas jadi masukan nih ya, hohoho, jangan sampai deh ya duit sehari-hari dipake shopping ya girls, hehehehe, jangan sampai khilaf kayak Mbak Mei, wkwkwkw, okey happy shopping juga buat boys.. :) mau beli baju bola secara online... :)

    BalasHapus
  7. No 1 di duka, BENER banget. Di gambar keliatan bagus, kenapa aslinya enggak. Kain tipis nerawang, beda banget pokoknya :(((

    BalasHapus
  8. terima kasih atas info yang sangat unik dan beda ini

    Obat Kuat Tahan Lama Tanpa Efek Samping

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top