Tentang Rejeki Blog

Assalamu’alaikum :)

#NgobrolAsik kali ini akan membahas tentang rejeki-rejeki yang saya dapatkan dari ngeblog. Tapi sebelumnya saya akan bercerita sedikit mengenai asal mula kapan serius dengan dunia ini.



Sebenarnya sudah 4 tahun saya ngeblog, lumayan lama juga ya? Hihihi. Tapi baru tahun 2015 kemarin saya benar-benar menggelutinya. Terus 2 tahun awal-awal ngapain? Kebanyakan sih memposting tulisan-tulisan alay dan tidak penting, hehehe.

Pertengahan tahun 2015 setelah Kenzo lahir saya mulai menemukan celah yang ternyata jika ditekuni bisa menghasilkan tambahan uang  jajan. Saya sih mikirnya waktu itu mungkin gara-gara saya punya anak, makanya ada saja rejeki yang mengalir. Saya mulai mengikuti berbagai jenis lomba dan alhamdulillah ada yang nyangkut. Waktu itu jadi juara ke 2 dan mendapatkan uang tunai sebesar 3 juta rupiah.

Baca juga: Achievements

Dari situlah pikiran saya mulai terbuka, dengan mengikuti berbagai kompetisilah saya bisa mendapat kesempatan baru, teman-teman baru, dan tentunya pengetahuan yang sebelumnya tidak saya ketahui. Ya tentang lomba blog.

Rejeki dari blog terus saja mengalir, entah dari review, job placement, sampai sponsored post yang saya dapatkan. Jika dihitung-hitung lumayan juga hasilnya. Bisa dipakai buat beli susunya Kenzo lho, hehehe.

Cuma yang paling membuat saya terus-terusan bersyukur adalah saat saya mengikuti berbagai lomba blog, ada salah satu atau beberapa yang berhasil saya raih kemenangannya. Meski banyak kalahnya daripada menangnya, tapi kan namanya kompetisi ya begitu, kalau gak kalah ya menang.

Saya memang mulai memberanikan diri keluar dari zona nyaman, yang dulunya hanya berani ikutan giveaway, sekarang mencoba peruntungan di dunia lomba blog yang cakupannya lebih luas. Awalnya memang sulit, tapi lama-lama bikin nagih.


Sebenarnya kalau dibandingkan dengan blogger lain, saya mungkin belum ada apa-apanya. Tapi saya selalu mengapresiasi kerja keras saya ini. Gak mungkinlah saya marah-marah pada diri sendiri kalau kalah lomba, gak mungkin juga saya melabrak si pemenang lomba padahal memang karyanya jauh lebih bagus, ya kan? Yang harus saya lakukan adalah intropeksi diri.

Lalu bagaimana supaya tetap mendapatkan rejeki-rejeki ngeblog itu?

Saya tidak bisa menjanjikan, lha wong saya bukan Tuhan kok. Tapi kalau sudah serius mending blognya dimonetize aja. Pasang google adsense (meski sampai saat ini saya belum pasang-pasang hahaha).

Buat blog semenarik mungkin


http://differentbetterbook.com/blog/

Menarik atau tidak sebenarnya itu hanya masalah selera. Saya bisa bilang blog ini sudah bagus dan menarik, tapi mungkin tidak bagi orang lain kan? Nah, yang saya lakukan adalah terus upgrade kemampuan diri, tulisan dibuat mengalir tapi tetap memperhatikan EYD dan tanda baca. Saya juga menghindari widget-widget yang menurut saya tidak terlalu penting dan justru malah akan memperberat loading blog. Contohnya, pasang lagu-lagu, krusor blog diganti kupu-kuu terbang, template acak-acakan, atau ada semut lari-larian di blog, lol.

Personal branding


https://yourstory.com/2016/05/building-personal-brand/

Ini sih saya sok-sokan membranding diri sendiri hahaha. Gak ding! Maksudnya gini, berhubung berprofesi sebagai guru jadinya orang banyak mengenal saya sebagai “guru yang ngeblog”. Eh benar gak sih? Atau jangan-jangan saya cuma GR hahaha. Coba tulis apa yang pertama kalian ketahui dari diri saya atau blog saya ini? Pliiissss let me know yaaah. Salah satu keuntungan ini (punya ciri khas) ya bisa dilirik brand untuk diajak kerjasama gitu.

Baca juga: About me

Ikut berbagai kompetisi

http://www.remaxextreme.com.au/?/content/monthly_competition

Kompetisi di sini ya termasuk giveaway atau lomba blog. Kalau memang ingin mencari tambahan dari blog, coba deh ikutan lomba-lomba yang memang hadiahnya menggiurkan. Selain karena hadiahnya bisa menyambung hidup (halah), mengikuti lomba blog bisa mengupgrade kemampuan menulis kita.

Gabung dengan komunitas blogger



Rejeki bisa datang dari mana saja, termasuk lewat jalan dari komunitas-komunitas. Biasanya ada banyak job atau event yang dikhususkan untuk blogger. Selain bisa mendapat ilmu dan teman, komunitas blogger juga menawarkan berbagai kerjasama dengan beberapa brand. Contohnya komunitas “Job untuk blogger”, komunitas itu memang membuka celah untuk mendapat job menulis.

Gunakan media sosial dengan bijak


http://www.itworldcanada.com/blogger-opportunities

Brand / komunitas / personal yang suka memberi job untuk blogger biasanya memantau medsos kita lho. Jadi jangan sampai deh medsos kita hanya berisi sumpah serapah gak jelas dan memaki-maki. Mending dipakai untuk share artikel yang bermanfaat atau untuk menulis status yang ada faedahnya. Atau kalau bingung mau share apaan, mending share blogku saja www.meiwulandari.com hahaha.

Perbanyak followers


https://blog.shareaholic.com/introducing-follow-buttons/

Sekarang kalau mau dapat job banyak syarat, salah satunya jumlah followers medsos kita di atas rata-rata. Contohnya IG +1000 followers, twitter +1000 followers, youtube + 500 subscribers, fanspage facebook + 1000 likes, pageview blog + 1 juta viewers dll. Berat sih emang, lha wong followers saya juga belum mencapai segitu, huuuuu sedih.
Makanya yuk saling follow lah hahaha
Twitter : @meifariwis

Baca juga: Contact

Kalau teman-teman dapat rejeki blog dari segi apa? Yuk cerita di sini :)

47 komentar

  1. Kalau Mei mah jago bikin infografis dan gambar2 cantik. Sering menang lomba blog deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum jago mbak, heuheuuu tapi makasih ya yang sudah mengapresiasi hehehe
      Amin moga menang lagi hehehe

      Hapus
  2. Hehe 'Guru yang Ngeblog' iya juga, tapi gapapa, itu branding yang bagus. Dan masalah followers. Huhu.. Iya banget. Sekarang cari yang aunya follower bejibun. Jadi susyah yaa... :(

    Nice share!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku GURU YANG NGEBLOG hahaha itu brandingku
      udah hak paten, halah
      Iya skg syarat dapat job harus banyak follower e

      Hapus
  3. Hai mba Mei, kalau aku selalu percaya bahwa setiap tulisan ada rejekinya masing-masing ya. Walau pernah juga baper pas kalah. Hihii
    Makasih tulisannya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setiap tulisan emang ada rejekinya masing-masing mbak
      Aku juga suka baper wkwkwkw

      Hapus
  4. Halo mei Wulandari

    Saya kritik dari sudut pribadi

    1. Fontnya belum nyaman. Kalo bisa jangam times new roman

    Kalo bisa seperti mba vindy lebih enak dipandang.

    Itu saja. Saya juga akan baca kok walaupun mata njlimet kalo baca paling tidak ya di bookmark..

    Jangan emosi kalo diikritik. Jadilah blogger lebih baik dari hari ini.

    Salam
    Mukhofas

    BalasHapus
  5. ASyik ya dari hobi bisa menghasilkan uang :)

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah ya. Mdh2an segera kebeli mesin cucinya ya. Amin :)

    BalasHapus
  7. salam kenal mbak...hadiah dari nulis masih kecil-kecil nih paling marchendise atau barang-barang rumah tangga gitu, tapi lumayanlah habisnya belum fokus juga buat nulis apalagi kalau kerjaan kantor lagi numpuk, sharingnya bikin semangat nulis n ikut lomba nih...tengkyu ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak
      ayo semangaaaat ya

      Hapus
  8. Banyak semut yg berlari larian di bawah cursor.. hahaha... untung bukan "gerombolan gajah" dan "mamah jerapah" yg berlarian di blog . Bisa ilang tuh tulisannya nunggu mereka selesai migrasi ke tempat lain.. haha..

    Btw, kalau aku lebih percaya kalau kak mei rejekinya mulai lancar sejak punya anak. .dan itu membuat kak mei lebih semngat...

    Oh iya kak, gimana caranya mempertahankan mood ngeblog kak?

    BalasHapus
  9. Salam kenal Mbak. Bulan depan saya genap 5 tahun nge-blog, tapi berasa masih pemula, karena nulisnya angot-angotan. Bahkan kadang nulis kalau ada ide dari "giveaway" atau "lomba blog". He ..
    Salut dan jempol untuk teman-teman yang pinter menulis, eh dapat rejeki pula.
    Saling follow ? Done.

    BalasHapus
  10. Tahun 2014 jadi tahun produktif ngeblog, dua tahun belakang lesu gitu ngeblog. Bookmark lomba blog tapi gak nulis sampai periodenya habis. Begitu terus sampe sekarang.

    Walaupun gak menang, sebenarnya ikutan lomba blog ada untungnya juga, bisa nambah postingan, yang tadinya gak ada ide, ketika da tema yang ditentukan dari lomba blog, jadilah ide menulis.

    BalasHapus
  11. Memang yang namanya kesuksesan dan keberhasilan butuh waktu ya mbk, udah ngeblog 4 tahun tapi baru tahun 2015 mulai kelihatan hasil.

    Aku baru mulai 3 bulan awalnya aku mikir akan cepat berhasil, ternyata semua butuh proses, ibarat bayi butuh proses ketika mau berjalan, jangan ibarat bayi baru lahir udah pengen bisa mengendarai sepeda kan mustahil.

    BalasHapus
  12. Saya baru aktif bulan Oktober kemaren mbak..selama ini nggak sempat karena kejar tayang sama sfit kerja, dan kebanyakan malasnya sih ..hi hi hi..pengaruh cuaca kali ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah mbak dewi, kamu baru oktober kemarin aja udah cetar membahana begitu blog dan followersnya, gimana kalo mulainya dari 4 tahun lalu? sungkeeemm....

      Hapus
  13. Selalu salut sama Kak Mei dengan semangat ngeblognya .

    Dan ya dari pengalaman yang ditulis Kak Mei ini inspiratif banget.

    Semoga bisa kayak Kak Mei dan juga kak Vindy yang bisa mendapatkan pendapatan dari blog. Ya meski masih harus belajar banyak lagi dan masih harus memperbaiki diri dan blog lebih banyak lagi.

    Terima kasih share-nya Kak Mei.. :)

    BalasHapus
  14. Pasang lagu-lagu, kursor diganti jadi gambar aneh-aneh emang bikin loading blog lelet minta ampun..

    Kadang mah aku malas lama-lama di blog tetangga yg kayak gitu, bukan cuma loadingnya yg lama, tapi laptop aku ikutan error..

    Dari dulu sih pengen ikutan lomba blog, pengen mengasah kemampuan menulis, tapi sayang belum berani nyoba, takut kalah. Apalagi blogku masih sepi pembaca.. :D

    BalasHapus
  15. Awalnya saya ngeblog untuk sekedar hobi, tapi setelah tahu kalau ngeblog bisa datangkan uang juga, jadi saya belajar banyak hal tentang dunia blog. Alhamdulillah sudah sering dapat job juga

    BalasHapus
  16. Waalaikumsalam wr. wb. Artikel mba lumayan menginspirasi saya buat ngeblog (lagi). Entah kenapa akhir2 ini saya sudah agak malas buat ngeblog, padahal ide mah bejibun. Deh... Eh kalo ada lomba blog lg mau dong kecipratan infonya mba :D

    BalasHapus
  17. Hhehe saya terjun kedunia blogging karna saya mau membuktikan dan mencoba kualitas tulisan saya.
    pertama kali sih ngga mikir tentang materi.. Ternyata aku baru sadar semua hal didunia ini butuh materi.. Contohnya buat beli quota hehhe

    BalasHapus
  18. Dari hobi jadi profesi hihihi
    Kalo dibayar untuk melakuka hal yang kita suka pasti beda ya mbak :D

    BalasHapus
  19. hobi yang paling baik adalah hobi yang 'menghasilkan' heheh. aku seneng sih ngeblog meskipun penghasilannya belum nyampe 6 digit tapi lumayan bisa ngemotivasi buat bikin konten yang lebih menarik dan gak alay :p

    makasih tipsnya mbakmei

    salam
    http://www.fujichan.net/

    BalasHapus
  20. Saya suka bacanya. Begitu menginspirasi

    BalasHapus
  21. Sebenernya hobi apapun kalo ditekuni bisa menghasilkan rejeki kok, termasuk ngeblog. Makanya saya mulai belajar ngeblog, sekaligus menyalurkan hobi-hobi saya dengan menulis

    BalasHapus
  22. salah satu inspirasi saya, blog ini mbak :).

    BalasHapus
  23. Suka sama tulisan ini, bermanfaat banget buat blogger newbie kayak aku. Beberapa tips diatas udah aku terapin, semoga suatu saat bisa menghasilkan kayak blog Mbak Mey dan Vindy yaaa. Menginspirasi. Hehe :D

    BalasHapus
  24. Keren, menginspirasi sekali mba Mei :)

    Memang rezeki dari blog itu bisa dari mana saja ya :)
    yang penting niat baik untuk ngeblog :)

    Aku follow ahh blog ini, biar bisa mengikuti tulisan2 yang lainnya :)
    Yang bisa memberikan semangat ngeblog trus :)
    follback jg ya mba .. hehe

    Pekerjaan yang paling asik memang hobi yang dibayar :)
    Semoga kita semua selalu dimudahkan dalam urusan apapun termasuk rezeki ... aamiin

    BalasHapus
  25. Wah seneng juga ya mbak...dapat duit dari blog. Saya dulu juga dapat duit dari blog, lewat adsense. sempat hiatus (vacum), kemudian ini lagi semangat lagi. Salam dari Ambulu

    BalasHapus
  26. yang kusukai dari kompetisi blog itu bukan soal menang kalahnya tapi ttg perasaan berkompetisi itu sendiri lho :D

    BalasHapus
  27. Mbak mei mah udah expert di bidang lomba lomba blog. Ya walaupun sekarang youtuber ini lagi in banget tapi dunia blogging tetep gak kalah sih menurutku. Secara orang kan kalo cari reftrensi pesti ngerujuknya ke blog, bukan youtube. Bedanya emang youtube monetizenya lebih gede sih hehe
    Tapi yang namanya rejeki vbesar atau kecilnya harus tetap disyukuri. Tak terkecuali rejeki dari ngeblog :)

    BalasHapus
  28. Blogmu cantiik mbak, suka deeeh penampilannya kece...

    BalasHapus
  29. Blogmu cantiik mbak, suka deeeh penampilannya kece...

    BalasHapus
  30. Alhamdulilah, dapat rejeki dari blog yaa, aku suka tampilan blogmu, cantiiiik..

    BalasHapus
  31. Aaah keren, ma kasih masukkannya, bu guru

    BalasHapus
  32. Aku masih sebatas penggembira giveaway aja, sekali-sekali ikut lomba, tapi tiap liat tulisan yang lain pada bagus, langsung keder, haha.
    Sukses terus ya Mba'.. :)

    BalasHapus
  33. Jangan lupa ya berkunjung ke deddyhuang.com

    Dan follow IG @deddyhuang
    Twitter @_deddyhuang



    Eh aku jsdi numpang promo disini hihi... *salim mbak mei

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  35. kalau saya sih baru sekedar hobi saja ngeblog.. jadi belum bisa menghasilkan apa ap.
    tapi kali ini sudah dapat pencerahan dari mba mei,insya allah mau di tekunilah blognya. hehe

    BalasHapus
  36. Konsistensi mbak Mei memang luar biasa :D Salut dengan semangatnya untuk selalu berkarya. Selalu suka dengan orang - orang yang menginspirasi tanpa henti. Membaca tulisannya mbak Mei jadi merasa kalau widya harus bisa lebih produktif. Ngomong - ngomong infografisnya lucu mbak hehehe

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  38. Waaah inspiratif banget, terimakasih mbak pencerahannya :D

    BalasHapus
  39. silent reader here..

    baru kali ini berani komen heheeh

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis