Minggu, 26 Mei 2019

Mengenal WordPress dari Kacamata Pribadi

Teman-teman yang sudah jadi pembaca setia blog ini pasti tahu kalau saya ngeblog sejak tahun 2012. Wah sudah berjalan 6 tahun ya rupanya, hahaha. Tak terasa saya bisa melewati masa-masa rajin nulis, malas, hiatus, lalu rajin ngeblog lagi. Sampai akhirnya bertahan menulis cerita di blog ini.

Saya sendiri menulis masih menggunakan media bawaan dari google yaitu blogspot. Makin ke sini saya jadi tahu ternyata platform buat bikin blog itu nggak hanya blogspot tapi juga ada WordPress.



Apa itu WordPress? Ada yang tahu nggak? Pasti banyaklah ya yang tahu. Tapi karena tidak semua pembaca blog saya adalah blogger, maka saya akan jelaskan sedikit mengenai apa itu wordpress serta kelebihan dan kekurangannya.  Tentu dengan opini dan sudut pandang pribadi ya. Maklum belum mater-master amat di dunia blogging, hehehe.

Kalau kata wikipedia sih WordPress itu sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Sumber (1).

Bahasa sederhana yang saya tangkap, WordPress itu bisa dijadikan sarana atau tempat untuk ngeblog dan melakukan aktivitas yang disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Misalkan untuk membuat website perusahaan, toko online,  atau untuk sarana marketing.

Saya sendiri sangat tertarik dengan fitur-fitur wordpress ini. Mengingat banyak sekali plugin-plugin yang bisa menjadikan tampilan blog jadi keren. Bahkan dulu saya sempat berdecak kagum sama salah satu pemenang lomba blog yang memakai fitur plugin dari wordPress ini.

Lalu apa saja kelebihan WordPress ini? Kenapa banyak orang yang pakai bahkan tiap tahun penggunanya meningkat? Saya rasa pasti ada sisi uniknya. Ya kalau tidak, mana mungkin pengguna WordPress banyak, ya kan? Terlebih sekarang sudah ada penyedia WordPress Hosting seperti Qwords dot com.

Beberapa kelebihan WordPress yang saya tahu adalah sebagai berikut:

Plugin Banyak

Yup betul! Seperti yang saya tulis di awal, saya suka sama WordPress ini karena banyak sekali fitur plugin yang disediakan. Makanya bisa memanjakan mata para pembaca sehingga betah belama-lama di blog kita. 

Apalagi plugin di WordPress juga banyak yang gratis, jadi aman di kantong deh. Kalau mau yang berbayar juga ada, banyak juga. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan pemilik blog atau website.

Template Gratis dan Keren



Siapa sih yang nggak mau websitenya terlihat cantik dan menawan? Ya pasti semua blogger mau seperti itu. Nah, salah satu kelebihan WordPress ini juga menawarkan banyak tempalte keren-keren dan tentu saja banyak yang gratsis.

Pengelolaannya Mudah

WordPress juga terkenal dengan cara pengelolaan yang mudah. Belajar pemrograman boleh, tapi jika belum ada waktu juga nggak apa-apa karena di WordPress banyak tutorial untuk mengelola penggunaan WordPress itu sendiri.

Terlihat Profesional

Jika menggunakan WordPress dot com atau dot org, situs yang kita tampilkan pun terlihat lebih professional. Pasalnya, website yang sudah menggunakan ekstensi biasanya jadi lebih kredibel di mata pembaca.

Mudah Terindeks oleh Google

Jujur nih tiap buka google emang banyak muncul situs dari WordPress ini. Duh, saya jadi pengin blognya juga mudah terideks hehehe. Salah satu istimewa dari WordPress juga bagus untuk SEO. Jadi saya sih nggak heran kalau mau cari sesuatu di google banyak situs WordPress yang keluar.

Kalau ada kelebihan pasti ada kelemahan dong. So far, saya nggak begitu banyak memperhatikan alias hanya tahu beberapa kelemahan WordPress berdasarkan pengalaman pribadi.

Loadingnya Lama

Ya ini opini saya lho ya. Saya suka sama website dari WordPress ini tapi kebanyakan blog yang saya sukai eh malah lemot banget alias loadingnya lama. Saya awalnya mikir apa mungkin karena provider saya, tapi ternyata nggak juga.

Bukan Milik Sendiri

Jika hosting masih gratisan ya. Karena kan ya sama aja istilahnya kita hanya numpang nulis di WordPress saja. Beda lagi kalau kita beli hosting sendiri, jadi seluruh konten ya pasti bisa dikuasai dan jadi hak milik pribadi. Untuk Hosting Indonesia sendiri memang sudah banyak kok. Jadi misal mau menjadikan WordPress dengan hosting sendiri ya tinggal beli saja.

Nah, biar cepat memiliki website dengan WordPress ini, ya mending segera pilih nama domain yang cocok lalu beli hosting sekalian. Biar semua bisa diakses penuh sama kita. Pun dengan modifikasi templatenya, kita bisa pilih sesuka hati. Mau yang gratis bisa, yang premium juga bisa.

Sama sih halnya pakai media blog apa aja yang penting konsisten merawat blog, nulis yang rajin, serta share hal-hal yang bermanfaat. Plus terpenting jangan lupa perpanjang domain atupun hostingnya.

Seperti yang saya bilang, sudah banyak penyedia layanan hosting di Indonesia. Mau pakai WordPress untuk menunjang website, saya rasa sih oke-oke aja. Lagian kelebihannya juga banyak kan ya. Tapi semua kembali ke tujuan awal.

Apapun pilihan media blognya, pasti ada plus minusnya. Oke sip!

Salam,
@meifariwis

Sumber (1) https://id.wikipedia.org/wiki/WordPress

2 komentar :

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top