Jumat, 03 Mei 2019

Tips Belajar Online Ala Miss Mei

Kalau bicara soal gaya belajar, masih ingatkah teman-teman dulu waktu di sekolah tipe murid yang bagaimana? Yang rajin belajar atau suka mengandalkan jawaban dari teman? Hayoooo.

Nggak perlu dijawab deh, cukup di batin saja hehehe.


Dulu saya suka sekali belajar. Hampir tiap pulang sekolah selalu on time, sampai di rumah kerjain PR, dan malamnya masih baca-baca buku lagi. Karena emang nggak banyak kegiatan juga sih, jadi waktu hanya dipakai untuk  sekolah, belajar, bermain, dan mengaji. 

Media belajarnya dulu juga beda sama yang sekarang. Dulu palingan saya hanya belajar dari buku pelajaran atau pinjam buku cerita dari perpustakaan sekolah. Kalau sekarang media belajar bisa lewat mana saja. Ada les privat, baca buku, berselancar di internet, bahkan secara online juga bisa.

Namanya juga perkembangan zaman ya kan? Otomatis semua perangkat pembelajaran juga semakin maju. Termasuk cara belajar ini yaitu bisa lewat online. Maksudnya lewat online gimana sih?

Belajar online itu artinya belajar dengan menggunakan teknologi berbasis komputer atau smartphone. Bisa dilakukan jarak jauh, kapan pun, dan dimanapun.  Materi pembelajarannya juga bisa diakses via internet sehingga lebih praktis.

Di Indonesia sendiri sistem pembelajaran online juga sudah mulai masuk ke daerah pelosok-pelosok negeri. Saya pribadi turut senang bisa menyaksikan bahwa pendidikan di Indonesia juga semakin berkembang. Meski masih harus terus belajar dari negera-negara maju, saya yakin Indonesia bisa.

Nah, untuk cara belajar online ini juga ada aturan mainnya supaya bisa berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Plus paling penting biar lebih efektif. Secara kalau mau belajar via online kan yang penting efektif tapi ilmunya masuk ke dalam otak semua, ya kan? Hahaha.

Sebagai seorang guru tentu saya punya banyak cara untuk mengajari anak belajar (ceileeeee). Termasuk pakai sistem belajar online ini. Yang mau belajar online bisalah intip-intip tips belajar dari  Miss Mei ini.

Tips Belajar Online

1. Susun Jadwal Terlebih Dahulu

Meskipun belajar online bisa dilakukan kapan aja, tapi lebih baik punya jadwal tertentu untuk memudahkan pembelajaran. Supaya apa sih? Ya biar terstruktur dan tahu tujuan akhirnya mau apa. Misal nih, hari Senin mau belajar Matematika jadi sehari itu difokusin untuk belajar berhitung. Hari Selasa belajar bahasa Inggris, ya berarti khusus bahasa Inggris saja, begitu seterusnya.

Jika punya jadwal, maka akan lebih teratur dan memudahkan si pembelajar mendapatkan materi yang diinginkan. 

2. Pilih Tempat Paling Nyaman

Namanya juga belajar online jadi bisa belajar dimana saja. Tapi ingat, pilihlah tempat belajar yang menurut kalian nyaman. Nyaman di sini tergantung masing-masing pembelajar ya. Misal nyamannya belajar di kamar, ya silakan. Di ruang tamu atau teras rumah ya nggak apa-apa. Bahkan kalau nyamannya sambil tiduran juga nggak masalah (tapi awas jangan sampai ketiduran hahaha).


Tempat yang nyaman di sini bisa membuat pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan si pembelajar. Biasanya kalau sudah nyaman, pasti materi yang disampaikan lewat gadget atau komputer akan lebih mudah dipahami.

3. Latihan Berulang

Belajar secara online dan konvensional sebenarnya sama-sama butuh pengulangan. Bedanya kalau materi secara online bisa diakses berkali-kali dan dikerjakan ulang. Supaya makin efektif belajarnya, latihan-latihan tersebut sangat dibutuhkan. 

4. Beri Jeda Belajar

Belajar memang harus terstruktur dengan jadwal yang sudah ditentukan. Tapi ingat, belajar juga nggak bisa terus-terusan tanpa jeda. Bisa kok diselingi istirahat atau makan dulu, mandi dulu, main dulu, dan lain-lain. Pokoknya buat aktivitas yang menyenangkan sehingga si pembelajar nggak akan bosan belajar terus-terusan.

Kalau bingung mau ngapain, bisa kok diselingi main games di smartphone atau buka-buka iPrice untuk cek promo dan diskonan dari berbagai ecommerce. Mayan kan bisa sekalian cuci mata, hehehe.

5. Tanya Jawab dengan Admin atau Mentor

Manfaatkanlah aplikasi tanya jawab dengan mentor. Niscaya kamu akan bayak terbantu, hahaha. Ya iyalah, sebagai pembelajar sudah seharusnya kita aktif untuk bertanya. Bila ada meteri yang belum dipahami atau dirasa sulit, bisa tanyakan langsung kepada gurunya.

Tanya jawab ini juga memudahkan kita untuk bisa memecahkan soal secara bersama-sama. Jadi nggak perlu sungkan lagi untuk tanya kalau nggak bisa jawab pertanyaan, ya nggak?

Kelima tips di atas saya rasa bisa kok dilakukan oleh siapa saja. Intinya adalah MAU MENCOBA dan KONSISTEN. Belajar online pun akan terasa menyenangkan.

Kalau kalian suka yang mana nih? Belajar online apa konvensional? Tenang, dua-duanya ada plus minusnya kok. Tapi kalau mau coba tips ala Miss Mei di atas silakan ya. Dengan senang hati boleh kok kalian coba dan share pengalaman kalian sendiri.

Salam,
@meifariwis

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top