Senin, 01 Juli 2019

5 Destinasi Menarik di Wonogiri yang Wajib Kamu Kunjungi!

Tahun ini sepertinya jadi tahun yang paaaaaling panjang liburannya. Yups, karena saya dapat 2 kali jatah libur. Seperti yang teman-teman ketahui, profesi saya adalah seorang guru SD yang mana liburnya ada pada saat kenaikan kelas. Nah pas banget tahun ini tuh kenaikan kelasnya bersamaan dengan libur lebaran, alhasil 1,5 bulan libur pun terpampang nyata.

Jadi liburan kemana dong?

Mana lagi kalau bukan di Wonogiri, kota kelahiran saya tercinta.



Di Wonogiri emangnya ada apa aja sih?

Ada banyak tempat menarik kok.

Bagi yang belum tahu, Wonogiri adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Secara geografis Wonogiri berlokasi di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah. Di bagian selatan berbatasan juga dengan bibir Pantai Selatan, makanya banyak pantai eksotik ada di Wonogiri.

Berhubung saya liburnya lama, jadi bisa main ke beberapa tempat wisata sekaligus kulineran langsung. Kemarin saya bersama keluarga piknik tipis-tipis untuk menikmati keindahan alam serta ciri khas utama Kabupaten Wonogiri.

Jika kalian pengin traveling juga ke Wonogiri, berikut beberapa tempat wisata atau tempat yang ngehits yang pernah saya kunjungi. Kali saja tertarik melakukan perjalanan wisata seperti saya kan? hehehe.

💗 Tujuan pertama yaitu Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri

Tulisan Alun-alun kebanggan orang Wonogiri

Kalau kalian traveling ke Wonogiri, kurang afdol kalau nggak menginjakkan kaki di alun-alun kabupaten. Alun-alun ini juga menjadi salah satu ikon kabupaten Wonogiri karena anak gaul Wonogiri ya nongkrongnya di alun-alun, hahaha.

Di alun-alun Giri Krida Bakti ini kalian bisa temukan mainan anak khas pasar malam, aneka wedangan, serta bisa berkeliling kota menggunakan kereta mini.

Wedangan tempat nongkrong di Alun-alun Giri Krida Bakti

Saya kemarin datang ke sana mengajak adik-adik, selain bisa mengingat masa muda dulu, saya juga bisa mengajak adik bermain sepuasnya di sana. Untuk harga setiap permainan atau makanannya tergolong murah kok, tenang aja masih ramah kantong.

💗 Tujuan berikutnya juga bisa ke Watu Cenik Wonogiri

Watu Cenik Wonogiri

Traveling kali ini saya cuma bertiga aja, saya, suami, dan anak. Untuk mencapai lokasi Watu Cenik ini, saya menggunakan sepeda motor mengingat jalanan berkelok menuju ke atas gunungnya, hehehe.

Watu Cenik ini berada di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri. Untuk ke sana nggak perlu bayar tiket masuk. Cukup bayar parkir motor atau mobil aja murah meriah.

Di atas gunung terdapat pula landasan pacu gantole. Sayangnya pas saya ke sana kondisi lagi sepi, jadi nggak ada orang yang bermain gantole. Padahal saya pengin banget nih lihat orang terbang pakai gantole terus terjun bebas ke bawah gitu. Kayaknya seru deh.

Pemandangan alam di Watu Cenik

Yang menarik dari wisata Watu Cenik ini, saya bisa melihat hamparan waduk Gajah Mungkur dari atas gunung. Saya juga bisa melihat pemandangan alam yang luar biasa bagusnya. Tempat ini cocok untuk dijadikan referensi traveling bila udah bosan dengan hiruk pikuk kota. Plus paling penting, saya bisa mendapatkan spot foto kece di sana dengan background pemandangan alam.

💗 Plasa Waduk Gajah Mungkur

Dulu setahu saya Plasa itu tempat nongkrong seperti mall, tapi ternyata salah. Plasa adalah plesetan dari plataran santai hahaha. Ya semacam tempat untuk bersantai gitu tapi bukan di mall melainkan di pinggiran Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Foto di pinggir Waduk Gajah Mungkuir

Ada apa di sana? Ada banyak pedagang kaki lima hahahaha. Kalau mau nyantai sambil lihat hamparan waduk serta angin sepoi-sepoi sih emang enak nongkrong di plasa. Sayangnya banyak orang pacaran di sana huh. Untungnya saya ke plasa sama keluarga, jadi bisalah menikmati indahnya waduk sambil naik perahu. Untuk sekali naik perahu juga murah cuma 10 ribu aja per orang. 

💗 Mural di Pasar Wonogiri

Traveling di Wonogiri serasa kurang kalau nggak ke pasar tradisionalnya. Cuma yang menarik perhatian saya waktu itu, ternyata di sepanjang jalan menuju pasar terdapat mural-mural keren karya anak bangsa lho.

Salah satu mural dekat pasar

Ya kali saya bakal diem gitu aja lihat itu mural indah di sana, saya langsung ambil kamera dan jepret-jepret foto bareng keluarga. Lumayan kan buat kenang-kenangan saat liburan di Wonogiri.

💗 Istana Parnaraya 

Foto di depan Istana Parnaraya

Berlokasi di Desa Kebonagung, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri, tempat ini mirip sekali dengan bangunan “Istana Negara”. Tiket masuk istana tersebut dibandrol 5 ribu rupiah saja. Sangat murah untuk bisa menjelajahi bangunan yang mirip istana presiden tersebut.

Selain bangunan utama, di sana juga terdapat beberapa bangunan untuk toko aksesoris maupun batik. Juga terdapat kendaraan antik seperti mobil jeep dan motor vespa. Tak ketinggalan saya pun eksis berfoto di depan istana tersebut.

Vespa salah satu spot foto di Istana Parnaraya

Oh iya, selain mengunjungi tempat-tempat tadi, sebenarnya masih banyak lho destinasi wisata di Wonogiri. Ada Pantai Nampu, Pantai Sembukan, Museum Karst, Waduk Gajah Mungkur, Telaga Claket, Air Terjun Girimanik, Museum Wayang Indonesia, dan masih banyak yang lainnya. Jadi sayang deh kalau dilewatkan.

💗 Naik Kereta Batara Kresna 

Selain tempat wisata, ada satu lagi nih kereta api wisata yang layak untuk dicoba yaitu kereta api Batara Kresna. Kereta api ini adalah kereta wisata jurusan Wonogiri-Solo. Nanti bakal berhenti di Stasuiun Purwosari, Solo. Yang pengin banget menikmati liburan sambil melihat pemandangan Wonogiri, Sukoharjo, dan Solo, wajib banget naik kereta ini.

Kereta wisata Batara Kresna Wonogiri

Bicara soal kereta, kalian tahu nggak sih kalau lebaran kemarin itu banyak banget yang pesan tiket kereta api? Bahkan tiket kereta api lebaran 2019 langsung ludes diserbu oleh para calon penumpang. Karena kan sekarang pesan tiket kereta api nggak harus datang langsung ke stasiun melainkan bisa pesan tiket kereta api online. Ya iyalah, zaman udah canggih begini ya kan?

Salah satu cara membeli tiket kereta api bisa melalui situs PegiPegi. Saya juga sering menggunakan aplikasi ini, terakhir kemarin juga pesan hotel di Solo menggunakan PegiPegi. Selain karena mudah, di sana kita juga bisa memesan tiket lainnya seperti pesawat terbang dan booking hotel secara online. 

Memang ya kalau mau mudik sekaligus traveling benar-benar harus dipikirkan tiketnya. Nggak mau kan traveling gagal hanya karena nggak dapat tiket kereta api? Tahun ini saya memang nggak mudik pakai kereta api karena dapat fasilitas dari kantor suami. Tapi biasanya emang pakai kereta karena cepat sampai tujuan, hehehe. 

Liburan saya di Wonogiri memang telah usai, tapi mudah-mudahan nanti saat mudik lagi bisa menjelajah destinasi menarik yang ada di Wonogiri lainnya. Sekarang siap-siap balik Cikarang untuk persiapan masuk ke sekolah lagi.

Bagaimana dengan liburan teman-teman semua? Ada yang tertarik mengunjungi Wonogiri juga? 

Salam,
@meifariwis 

20 komentar :

  1. liburan saya nggak ke mana2 mbak :) soalnya suami dan saya termasuk yang males liburan di waktu libur panjang, karena pasti serba rame dan ngantri :)

    BalasHapus
  2. pas libur lebaran aku ke Bandung aja mba tapi hanya di rumah mertua sih hehehe, trus pas libur sekolah anak pun gak sempet kemana-mana karena akunya kerja hahahah

    BalasHapus
  3. wah mbak mei asal wonogiri ya. trnyta bnyk jg ya wisata yg bisa dikunjungi. ak baru pernah ke waterboom waduk gajah mungkurnya.hehe

    BalasHapus
  4. Wah muralnya keren ya mba, bisa jadi tempat foto juga hehr aku belum pernah ke Wonogiri nih, jadi ngebantu banget list destinasinya kalau misal aku kesana

    BalasHapus
  5. Calon suamiku orang Wonogiri juga, Mbak. Tepatnya di Manyaran.
    Waaaaa, ternyata Wonogiri banyak juga yaaa destinasi wisatanya.
    ❤❤❤❤❤

    BalasHapus
  6. Liburan aku tahun ini rasanya seperti bukan liburan, aku nggak bisa menikmati liburan tahun ini. Hu hu
    Ternyata di Wonogiri banyak tempat liburan yang seru ya, asik banget bisa liburan di sana.

    BalasHapus
  7. Belum pernah ke Wonogiri. Ternyata ramai juga ya. Saya tertarik ke watu cenik. Bagus ya pemandangannya

    BalasHapus
  8. Plasa yaa...duh, pinter banget yang bikin singkatan.
    Aku suka wisata yang bisa ajak keluarga, tapi kalau banyak pemandangan mengganggu, jadi susah juga jelasin ke anak-anak.

    BalasHapus
  9. Aku belum pernah ke Wonogiri nih ternyata disana banyak juga yaa tempat-tempat wisata keluarga yang bagus apalagi Watu Cenik duh pemandangannya subhanallah

    BalasHapus
  10. Adikku dulu KKN di Sukoharjo jadi suka main ke Waduk Gajah Mungkur hehehe. Anw aku suka bakso dari Wonogiri hihihi. :D Enaaak.

    BalasHapus
  11. Aku belum pernah jalan jalan ke jawa ni sampe ke wonogiri, watu ceniknya menarik untuk dikunjungi mbak pastinya seru ya

    BalasHapus
  12. Aku belum pernah ke Wonogiri rekomendasi dari tulisan Mbak akan jadi pertimbangan nih kalau nanti jalan-jalan ke Wonogiri juga

    BalasHapus
  13. Batu Cenik nya bikin aku ingin ke Wonogiri juga. Ternyata Wonogiri menyimpan banyak destinasi kece-kece dan ada dupe dari istana Presiden juga ya.

    BalasHapus
  14. Wah ternyata Wonogiri punya banyak destinasi wisata yang menarik yaa. Aku kepingin banget deh lihat mural yang di Pasar Wonogiri... Kayanya bagus tuh buat stok foto instagram.

    BalasHapus
  15. Jadi pengen ajak suami ke Wonogiri, lokasinya kece2 banget mbak. Kaau kesana berdua pasti lebih romantis ��

    BalasHapus
  16. Selalu suka makan lesehan dan selalu mau coba hihi, by the way muralnya keren juga :D

    BalasHapus
  17. Aku ke Jawa pas liburan mudik kemarin, dan udah langsung pengen mengulang liburan lagi hihi

    BalasHapus
  18. Jadi ingin liburan ke Jawa, insya allah agustus ini mau ke Jawa for holiday, pasti bakalan asik deh. makan lesehan gitu, aaaah ga sabar.

    BalasHapus
  19. menarik banget nih ternyaa destinasi wisata yang ada di wonogiri , kalo aku sih paling pengen ke watu ceniknya

    BalasHapus
  20. Thanks for sharing, sukses terus..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top