Senin, 15 Juli 2019

Cara Mengoptimalkan Website dengan SEO


Teman-teman, kalian kalau mau cari tahu sesuatu di internet lewat mana sih? Apakah google? Yahoo atau Bing? Kalau carinya lewat google berarti kita sama dong.



Di zaman yang serba digital begini pasti apa-apa mengandalkan google, ya nggak? Hehehe. Jujur saja sih dengan mencari tahu apa yang saya mau lewat google, sedikit banyak terbantu dengan jawaban-jawaban dari google tersebut. Ini kalau dari sisi penggunanya ya. Kalau dari sisi si pemilik website atau penyedia informasinya bagaimana?

Yuk akh kita bahas sama-sama.

Siapa sih yang nggak kepingin punya blog atau website yang selalu muncul di page pertama google? Pasti semua orang mau ya, saya sendiri misalnya. Saya mau kalau blog saya ini juga muncul di mesin pencarian google. 

Misalnya gini, saya sedang mencari artikel mengenai “Tips Memilih Sekolah”, lalu muncullah beberapa artikel tentang tulisan tersebut. Nah kalau tulisan kita itu sesuai dengan bidikan yang kita cari, maka akan muncul di 10 daftar pertama. Tapi gimana ya caranya biar tulisan kita itu bisa nangkring di halaman pertama google?

Pernah mendengar istilah SEO? Iya, salah satu cara supaya tulisan kita tepat sasaran dan berada di posisi teratas adalah dengan menggunakan teknik SEO.

Saya kutip dari laman Wikipedia, SEO (Search Engine Optimization) atau optimasi mesin pencari yang merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut. 

Nah, makanya kalau punya website bisnis atau apapun itu pasti akan terbantu dengan adanya teknik SEO ini. Logikanya sih gini, kalau kata pencarian yang kita ketik muncul pertama di halaman google, ya sudah pasti tentu halaman tersebut akan banyak dikunjungi. Semakin banyak dikunjungi akan semakin banyak pula pembaca, bahkan yang tertarik mungkin akan kembali lagi ke website kita.

Dengan adanya tulisan teratas inilah maka akan berpeluang meningkatkan keuntungan baru bagi sebuah website. Bisa jadi omset penjualan naik, nama website jadi semakin terkenal, atau malah sebagai rujukan tiap kali mencari sesuatu. Makanya banyak website yang menerapkan teknik SEO untuk membantu memasarkan produk atau jasanya.

Bayangin kalau tidak ada mesin pencari ini, apa yang kita cari pasti tidak akan sesuai dengan yang kita harapkan. SEO inilah yang pada akhirnya membantu kita untuk mengindeks dokumen yang ada di google, maklum jumlah artikel di google itu banyak banget. Lalu selain itu juga berfungsi untuk menyediakan jawaban berdasarkan kata kunci yang kita ketik sebelumnya.

Mesin pencari ini memunculkan sejumlah artikel yang sesuai dengan kata kunci yang kita cari, tapi terkadang isinya kurang relean dengan apa yang kita minati. Bahkan malah kadang kualitas informasinya juga kurang jelas.

Peran SEO ini sangat penting karena membantu pengguna website untuk mendapatkan jawaban terbaik dari apa yang kita harapkan. Jawaban yang terbaik ini juga dilihat dari beberapa aspek seperti konten yang disajikan relevan, popularitas website, serta kepuasan setiap pengguna. Yah namanya orang cari informasi di google ya pasti pengin dapat penjelasan yang paling maksimal.

Makanya penting banget mengoptimalkan teknik SEO ini untuk perkembangan website. Apalagi sekarang sudah banyak penyedia jasa pengoptimalan SEO untuk website sendiri. Tentu bila ingin lebih optimal bisa juga membeli hosting Indonesia terlebih dahulu di Qwords misalnya. Bila performa website sudah oke, maka selanjutnya tinggal memanfaatkan teknik SEO ini. Selama ini saya juga percayakan urusan domain dan hal-hal beginian di Qwords.com.

Dengan menggunakan SEO, maka akan ada beberapa manfaat yang dirasakan untuk menunjang website kita, seperti:

• Mendatangkan banyak pengunjung.

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal, semakin bagus posisi ranking tulisan di google, makan semakin banyak pula pengunjung yang didapatkan.

• Menjadikan website dikenal banyak orang.

Semakin tinggi rangking di mesin pencarian, orang makin mengingat nama website kita lalu kemudian hari langsung mengetikkan nama website tanpa harus mencari kata kunci yang relevan.

• Mengurangi pemakaian biaya iklan yang berlebihan.

Tentu kalau sudah bisa bertahan di page one google, kita tidak perlu lagi menyewa jasa pengiklanan karena kan alamat website kita sudah tertera di awal halaman.

Lalu bagaimana caranya menggunakan SEO untuk menunjang performa website kita?

• Riset Kata Kunci

Pasti yang namanya pencarian sesuatu ya butuh riset. Caranya mudah kok hanya dengan mengamati cara orang-orang mengetikkan kata kunci di mesin pencarian. Kira-kira apa saja kata kunci yang populer, yang banyak dicari, yang relevan, dan sebagainya. Cara risetnya juga bisa pakai google keyword tools yang ada di google.

• Gunakan Platform yang Sesuai

Mau menggunakan platform apapun sebenarnya bisa, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan. Kalau blog saya ini masih menggunakan bawaan google yaitu blogspot, bisa juga memakai wordpress. Lalu bisa membeli juga domain dan cloud hosting di Qwords yang tepat supaya performa blog makin bagus. Selain domain dan cloud hosting, di Qwords.com ini juga menyediakan berbagai layanan blogging lainnya seperti SSL sertifikat dan lain-lain. Jadi apapun platformnya, bisa coba beli pelayanan dari Qwords juga seperti saya.

• Mengembangkan Backlinks

Dengan membuat tulisan yang mengandung backlinks utama ke website yang relevan, maka juga akan membantu tulisan kita terindeks google dengan baik. Meski nanti alogaritma SEO berubah pun, penggunaan backlink ini tetap membantu mengotimalkan web yang kita punyai.

• Membuat Konten Berkualitas

Konten yang baik dan berkualitas maka akan membantu mesin pecari untuk menyediakan artikel untuk ditampilkan di rangking pertama. Makanya membuat tulisan pun tidak boleh ngasal. Pastikan juga tulisan atau konten yang kita buat tidak hanya sekadar copy paste dan tidak sesuai dengan kaidah. 

Tugas yang berat memang sih untuk selalu membuat tulisan original. Apalagi kalau tulisannya asyik dan mengalir maka pengunjungpun akan balik lagi ke website kita. Makanya pepatah “Konten adalah Raja” saya rasa memang benar adanya.

Saya memang bukan ahli SEO, bukan. Tapi memang alangkah baiknya sama-sama mempelajari SEO ini supaya website yang kita bangun menjadi lebih optimal dan selalu dicari di mesin pencari.

Bukankah kita senang bila artikel yang kita tulis muncul di halaman pertama google? Bukankah kita senang juga jika apa yang kita cari di mesi pencarian sesuai dengan yang kita harapkan?

Kalau teman-teman punya tips lain untuk mengoptimalkan website dengan teknik SEO bisa dishare juga ya. 


6 komentar :

  1. Jadi blogger itu memang kudu melek SEO ya, supaya tulisan kita berada di oage one google.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mbak harus melek SEO karena ya biar tulisan tetep terindeks google dan one page kalau bisa

      Hapus
  2. Salam kenal Mbak. Meski tidak terlalu produktif, tapi kalau menulis di blog saya selalu memperhatikan masalahnya SEO ini sebisa saya, he.

    BalasHapus
  3. Tips-tipsnya bagus mba, berguna bagi yang memang ingin belajar SEO. Saya sendiri blog-nya bukan tipikal yang akan dicari orang karena jarang kasih tips :D jadi nggak pernah ada di page pertama~

    BalasHapus
  4. dan faktanya, aku sampai sekarang g paham SEO dan nerapin di blog, hahahaa... padahal kalau dilihat ini penting banget buat pelaku kayak kita. akunya emang males kalau ini :p

    BalasHapus
  5. Makasih tips nya.

    mampir juga ke my blog ya kak www.aseprohimat.com

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top