Tanda-tanda Hamil Muda


“Mei, kapan nih mau nambah momongan?”


“Kenzo nggak mau punya adik lagi?”


“Udah saatnya punya anak lagi lho, Sis”


Hahahaha.


Iya-iya.


Semakin hari kayaknya pertanyaan di atas sering banget deh saya dengar. Adakah yang sedang mengalaminya? 


Pernikahan saya dan suami sudah berjalan hampir 7 tahun dan Alhamdulillah kami sudah dikaruniai seorang anak laki-laki nan menggemaskan, Kenzo namanya. Berhubung Kenzo ini sekarang udah besar, otomatis pertanyaan-pertanyaan seputar nambah momongan jadi bahan obrolan sehari-hari. Saya sih memakluminya dan nggak begitu terlalu ambil pusing.


Kalau dipikir-pikir memang jarak usia kelahiran sudah sangat pas, mengingat Kenzo sudah berusia 5 tahun. Sepertinya kalau hamil lagi juga nggak terlalu ribet buat ngurusnya (kayaknya) hahaha. Apalagi ada suami yang jadi support system utama yang selalu sedia membantu saya. Insyaallah, doain semoga disegerakan ya, amin.


Ngomong-ngomong soal hamil, dulu pertama kali tahu hamil juga gara-gara udah telat datang bulan. Awalnya nggak kepikiran sama sekali kalau ternyata saya hamil, maklum waktu itu jarang ketemu suami karena LDRan. Suami di Surabaya dan saya di Cikarang, ketemu sekali pas suami mau interview di Jakarta eh malah tokcer hahaha.


Baca juga: LDR dengan suami


Kalau diingat-ingat nih momen pertama kehamilan tuh rasanya berkesan banget, karena baru pertama ngerasainnya dan Kenzo adalah cucu pertama buat ibu saya dan mertua. Jadi ya sebisa mungkin jaga banget kondisi kehamilan. Untungnya saya nggak gimana-gimana gitu hamilnya, Alhamdulillah lancar, bahkan saya masih aktif ngelatih dance anak-anak di sekolah dan ikut berbagai kegiatan. Emang mantap jiwa waktu itu 😀


Lalu apa sih tanda-tanda hamil muda?



👉 Terlambat datang bulan 


Ya, seperti yang saya bilang di awal, haid jadi nggak datang. Misal biasanya haid tanggal 25 tiap bulannya ini sampai mundur berminggu-minggu, bisa jadi kamu lagi hamil lho. Jadi daripada penasaran langsung testpack aja deh.


👉 Mual tanpa atau dengan muntah


Biasanya awal-awal hamil hormon di tubuh juga akan berubah yang menyebabkan rasa mual, kembung, bahkan terkadang sampai muntah-muntah. Dulu waktu saya hamil juga gitu, paginya mual dan makan apapun rasanya pengen dimuntahin hahaha.


👉 Payudara sakit dan melembut


Ada perubahan di sekitar payudara seperti kram, sakit, tapi menjadi sangat lembut. Biasanya area puting menjadi lebih gelap. Bahkan nih dulu waktu saya hamil Kenzo, area ketiak, leher, dan selangkangan menjadi lebih gelap hahaha, tapi setelah melahirkan warna gelapnya jadi hilang kok.


👉 Ngidam atau pengen sesuatu


Ngidam biasanya menjadi tanda awal kehamilan, yang biasanya nggak pengen makan A tiba-tiba pengen, yang biasanya ga suka B jadi suka. Yah ngindam macam-macamlah ya jenisnya. Saya dulu awal-awal hamil ngidamnya cilok, hampir tiap hari tuh makan cilok, untung harganya murah.


👉 Pusing dan jerawatan 


Sering merasa kelelahan dan tiba-tiba pusing disertai muncul jerawatan bisa jadi tanda awal kehamilan. Biasanya ibu hamil akan mudah lelah di masa kehamilan dan itu wajar kok, tapi pastikan nggak sampai yang benar-benar menyiksa ya, kalau sampai pusing berkepanjangan luar biasa ada baiknya konsultasi ke dokter.


👉 Penciuman jadi lebih sensitif


Iya ini bener lho, biasanya penciuman kita jadi lebih tajam dan sensitif. Saya sendiri jadi kesel kalau bau-bau yang kurang sedap maupun yang enak, contohnya bau uap nasi, bau parfum, dan bau suami hahaha. Duh sensi kalau bau beginian.


👉 Sering buang air kecil dan sembelit


Gejala hamil muda bisa dilihat dari seringnya buang air kecil juga tapi malah susah buang air besar alias sembelit. Biasanya para ibu jadi sering pipis meski air pipisnya cuma sedikit.


Hayooo yang sedang merasa memiliki tanda-tanda seperti di atas udah cek kehamilan belum nih? Hihihi siapa tahu hamil beneran lho 💚 Amin ya.


Tanda-tanda hamil muda di atas berdasarkan pengalaman saya pribadi ya. Saya juga pernah menuliskan cerita tentang awal mula saya hamil dulu, bisa dibaca di postingan ini (silakan diklik saja).


Kalau memang ternyata hamil beneran ada baiknya segera cek ke dokter deh. Kalau dulu sih saya harus datang langsung ke klinik atau rumah sakit, tapi sekarang bila mau konsultasi dengan dokter bisa via online juga lho. Sekarang ada yang namanya aplikasi Halodoc.


Sudah tahu dong Halodoc apa? Sebuah aplikasi digital sebagai solusi kesehatan yang lengkap di Indonesia. Dengan Halodoc kita bisa chat dan konsultasi langsung dengan dokter, mengunjungi rumah sakit rekomendasi, membeli obat, bahkan cek lab juga bisa. Tak ketinggalan info seputar kesehatan dan gaya hidup juga ada di Halodoc.


Apakah teman-teman sudah instal Halodoc di smartphone masing-masing? Cusss deh untuk kemudahan dalam memantau kesehatan. 



Oh ya, buat yang sedang hamil saya ucapkan selamat ya, semoga ibu dan anak senantiasa sehat selalu. Buat yang sedang memperjuangkan diri agar bisa hamil, semoga segera mendapatkan rezekinya, amin.


Semoga kita sehat-sehat terus dan jangan lupa share momen kebahagian kalian saat tahu sedang hamil. Thank you 😍


Salam,

@meifariwis

2 komentar

  1. Wah, Kenzo seumuran sama anak aku Rasyiid nih mbak, hehe..
    Duh, kalo aku memang siklus haid nya nggak lancar, dan gejala-gejala di atas nggak semua aku alami pas positif hamil. Paling cuma mual, ngidam juga nggak terlalu, penciuman juga sama aja, palingan sering pipis, haha.. Memang beda-beda ya perasaan bumil. Nggak tau deh nanti pas anak kedua, Insya Allah, kangen juga masa-masa itu, hihi..

    Makasih untuk infonya mbak Mei, salam kenal :D

    BalasHapus
  2. Wah, senangnya kalau hamil dan calon bayi bakal jadi cucu pertama ya Miss. Dulu istriku malah sempat keguguran sebelum anak pertama. Ya memang sangat berkesan, periksa ke dokter jadi agenda yang menyenangkan. Beli obat ini itu, multivitamin hehe. Pas anak kedua malah dah biasa. Udah hafal kali ya. Ayo Kenzo tambah adik hihi...
    Mumpung bisa konsultasi gampang lewat Halodoc kan. :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis