Indahnya Pantai Nampu Wonogiri

Assalamu'alaikum :)

Wonogiri? Apa itu? Dimana itu? Kok baru dengar ya kata Wonogiri? 

Pernah mendengar kata Wonogiri? Atau justru masih bertanya-tanya seperti kalimat di atas? Tenang, saya akan sedikit bercerita mengenai Wonogiri.

Wonogiri adalah sebuah kabupaten kecil di selatan Jawa Tengah. Meskipun kecil tapi kabupaten Wonogiri memiliki potensi wisata yang luar biasa indahnya. Letaknya memang sedikit terpencil, bahkan banyak yang tidak tahu dimana letak kabupaten ini. Tapi percayalah, jika kita pernah mengunjungi Wonogiri atau hanya sekedar mampir, saya yakin kalian akan semakin jatuh cinta dengan kabupaten ini.

Sejak kecil saya dilahirkan dan dibesarkan di Wonogiri, sehingga tak heran jika saya banyak tahu mengenai keindahan wisata, budaya, maupun kulinernya. Wonogiri terkenal dengan sebutan "Kutha Gaplek", karena daerah Wonogiri adalah penghasil singkong terbesar di daerah karesidenan Surakarta. Banyak sekali makanan khas yang enak seperti nasi tiwul, bakso, mie ayam, jamu, tengkleng, nasi rawon, dan soto seger. Duh, jadi laper :). Selain terkenal dengan kulinernya, kabupaten Wonogiri juga merupakan tempat yang banyak memiliki obyek wisata. Banyak potensi tempat rekreasi yang sangat saya rekomendasikan, seperti: 
  • Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
  • Pantai Nampu
  • Pantai Sembukan
  • Arena papan luncur gantole
  • Museum wayang Indonesia
  • Alas Kethu
  • Goa Putri Kencono
  • Museum Karst Dunia
  • Obyek wisata Kahyangan
  • Dll

Nah karena begitu banyaknya obyek wisata yang ditawarkan, saya akan sedikit mengulas mengenai objek wisata Pantai Nampu. 

Sumber (1)

Pantai Nampu adalah salah satu pantai yang paling cantik di kabupaten Wonogiri. Letaknya berada di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri Jawa Tengah. Pantai ini merupakan pantai berpasir putih yang masih sangat asri. Selain air dan deburan ombak yang menakjubkan, di pantai Nampu kita juga bisa menjumpai karang-karang atau tebing yang sangat besar sehingga menambah pesona pantai ini. 

Sumber (2)

Pantai Nampu ini tergolong cukup unik, karena merupakan pantai populer di Wonogiri. Keunikan lainnya karena di tepi pantai terhampar batu karang yang sangat indah, banyak wisatawan yang menjadikan batu karang ini sebagai objek untuk berfoto. Selain berfoto di bibir pantai, ada beberapa aktivitas yang dapat kita lakukan di sana seperti, duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati pesona alam yang luar biasa. Kita juga bisa bermain pasir putih yang masih bersih di sana. Pengunjung bisa mandi,  bisa main air di tepian pantai atau bermain volly pantai bersama teman atau orang tersayang.

Sumber (3)


Sumber (4)

Berbicara mengenai akses menuju ke sana, pengunjung tidak perlu khawatir karena banyak alternatif yang bisa ditempuh. Pertama, jika perjalanan dimulai dari kabupaten Wonogiri, pengunjung bisa menempuh jarak sekitar 2 jam. Perjalanan bisa dilakukan menggunakan sepeda motor maupun mobil. Kedua, jika perjalanan dimulai dari Solo maupun luar daerah, misalnya dari Bandara Adi Soemarmo Solo, pengunjung bisa naik motor, taxi, minibus maupun travel sekitar 3,5 jam perjalanan darat. Untuk transportasi udara ke kota Solo sendiri, wisatawan bisa memilih maskapai penerbangan favorit kemudian membeli tiket pesawat seperti Air Asia, Lion Air, maupun Garuda Indonesia.



Lalu apa saja yang ditawarkan oleh pantai Nampu ini selain keindahan alamnya? Ada banyak sekali fasilitas yang dapat dinikmati oleh wisatawan di antaranya yaitu:
  • Tiket masuk sangat murah hanya Rp 5.000,00 (tahun 2015)
  • Parkir motor Rp 2.000,00 dan parkir mobil atau bus Rp 5.000,00
  • Ada sarana MCK
  • Terdapat jalan setapak menuju pantai yang eksotik
  • Jalan menuju pantai sudah halus dan mudah dilalui
  • Terbentang sepanjang bibir pantai berupa pasir putih yang mempesona
  • Akomodasi murah, mulai dari harga makanan, penginapan (rumah penduduk) sampai perjalanan menuju pantai 
  • Penduduk lokalnya sangat ramah, jadi pengunjung tidak perlu khawatir tersesat karena bisa bertanya pada masyarakat.

Bagaimana tertarik untuk datang ke Wonogiri? Jangan lupa mampir ke pantai Nampu yang paling terkenal di kabupaten tersebut. Meskipun harus menempuh perjalanan jauh tapi dijamin tidak akan menyesal setelah melihat langsung keindahan pantainya.

Berhubung tahun 2016 ini banyak sekali hari libur, saya ingin sekali pergi melancong dan jalan-jalan. Tempat yang sangat ingin saya kunjungi adalah Bali. Kenapa harus Bali? Karena saya belum pernah sekalipun menginjakkan kaki di sana. Saya ingin menjelajahi pesona Kintamani sambil melihat-lihat kerajinan masyarakat Bali, lalu mengunjungi obyek wisata Goa Gajah dan Pura Tirta Empul di sana dilanjutkan makan siang romantis dengan pasangan. Hari berikutnya saya ingin melakukan rafting di Telaga Waja. Seru sekali bukan?

Untuk melakukan liburan di Bali seperti keinginan di atas, kita bisa menggunakan jasa dari situs Vokamo.com. Vokamo.com ini adalah anak usaha dari PT. Karang Bali Asli Tur yang bergerak di bidang Online Travel Agent yang terintegrasi dengan system "Booking Engine". (5). Di situs ini kita bakal dimanjakan dengan berbagai kemudahan liburan hemat. Ada berbagai macam pilihan mulai dari tiket pesawat, hotel, tempat rekreasi, sewa mobil, bahkan restoran juga ada.


Kenapa harus memilih Vokamo.com? Berikut 5 alasannya:


Demikian sedikit ulasan mengenai pantai Nampu di Wonogiri dan kemudahan akses liburan dengan Vokamo.com. Semoga segala rencana untuk keliling menikmati pesona alam Indonesia segera terealisasikan ya :)

Sumber:
(1) http://tempatwisatadaerah.blogspot.co.id/2015/03/keindahan-alam-pantai-nampu-di-wonogiri.html
(2) http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011907501/pantai-yang-elok-di-pesisir-wonogiri--nampu-beach/
(3) http://www.pasirpantai.com/jawa/jawa-tengah/pantai-nampu-di-wonogiri/attachment/tebing-karang-di-pantai-nampu/
(4) http://satusatuen.com/2015/07/21/jalan-pantai-nampu-wonogiri/
(5) http://www.vokamo.com/id/about

Salam,
@meifariwis

21 komentar

  1. boleh juga dijadiin list liburan nanti nih pantai Nampu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bagus banget kok tempatnya hehehe

      Hapus
  2. Pasirnya putih... Asli tuh mbak? Jarang2 pantai di jawa pasirnya putih gini. Sayangnya kalau liat ombaknya nakutin buat renang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pasir putih lho ini beneran hehe
      mainnya di tepi pantai saja

      Hapus
  3. Wonogiri!
    Saya udah pernah dengar namanya.
    Tapi ngga tau tempat wisatanya.
    Bagus dan rekomended ternyata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang banyak tempat wisatanya
      kapan2 ke wonogiri aja

      Hapus
  4. Ooohhh ini tohh Vokamo dot kom. Yayaya.. aku pernah tahu ini. :D by the way.. kalau Ku ngidam ke pntai Ancol dab Anyer. Iya, aku belum ke saaaanaaa

    BalasHapus
  5. Ooohhh ini tohh Vokamo dot kom. Yayaya.. aku pernah tahu ini. :D by the way.. kalau Ku ngidam ke pntai Ancol dab Anyer. Iya, aku belum ke saaaanaaa

    BalasHapus
  6. Kalo udah ke Wonogiri, sempetin ke Pacitan. Pantainya gak kalah keren sama Nampu & Sembukan. Pacitan punya Pantai Pidakan, kalo di Pantai biasanya diisi pasir, kalo Pidakan isinya batu semua.
    Baru tau ada aplikasi vokamo. Kapan-kapan kalo pengen ke Bali juga pake vokamo ah. Walaupun udah pernah kesana pas Study tour, tapi kurang puas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya deket sama Pacitan, aku juga sudah pernah ke sana
      yup pakai vokamo insyaallah lengkap

      Hapus
  7. wehh pantainya keren langsung berhadapan dengan bukit-bukit gitu, hmm ombaknya lumaya ekstrem sih ngeliatnya, tapi pasir pantainya muantep warna putih. Tapi ada 2 nih yang mengganjal mb, tuh meseum wayang Indonesianya ama Museum Karst Dunia. saya penasaran mb, di riview juga dong tempatnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang keren karena pasirnya putih hehehe
      datang aja ke wonogiri supaya ga penasaran hehehe

      Hapus
  8. Wwuuuuuaaaannnjjjjeeeerrr....... ini pantai bagus banget!!!!
    Tapi banyak gubuk-gubuk yak -_-
    dari atas sih keliatan okelah...
    belum pernah ke sini sih, tapi mudah2an nggak jorok yak..
    abisnya banyak gubuk gitu...
    biasanya kan pada suka buang sampah sembarangan.
    Yah mudah2an aja penduduk sekitar dan wisatawan yang dateng bisa menjaga kebersihan. Supaya pantainya tetep bersih..

    BalasHapus
  9. Wonogiri saya tahu kok Mbak, ada di peta Indonesia, cuma belum ada kesempatan kesana hehehe

    Indah ya, ternyata. Coba deh ntr kucoba nyari2 info lg dgn vokamonya :)

    BalasHapus
  10. nice review about wonogiri mbak!
    saya tau wonogiri, tapi cuma sekedar tau. jawa tengah-timur itu emang terkenal dengan pantai-pantainya yang jadi primadona.. dan setelah dilihat-lihat, harga masuk dan parkir kendaraannya bersahabat. friendly banget lah :)

    BalasHapus
  11. Sudah lama banget rasanya saya sudah main-main ke pantai. Setelelah melihat review diatas, makin rindu rasanya pengen main ke pantai. Suasananya Indonesia banget ya, Kak.

    Semoga, harapan kakak pengen ke bali bisa segera terwujud. Kalau udah di Bali, jangan lupa kirim salam sama bule yang suka jemur-jemuran di Pantai ya, Kak. Hahahahaha.

    BalasHapus
  12. jaman masih pacaran pernah ke Nampu.. kira2 6-7th yang lalu.
    dulu masuk belom bayar, belum ada yang jualan juga, apalagi tempat mandinya, sayangnya sebagai pantai yg virgin justru dulu kotor banget, mungkin karna blm ada yang ngerawat tapi udah banyak pengunjungnya.. denger2 sekarang jadi oke dan terawat ya... kesana lagi ah..

    BalasHapus
  13. Itu wonogiri pantainya indah banget gitu, minta disamperin banget

    Salam,
    Roza.

    BalasHapus
  14. bakso asli sana enak banget kali ya

    salam
    riby

    BalasHapus
  15. denger2 katanya bagus nih pantai nampu, sayangnya belum ada kesempatan kesana

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis