Samsung Galaxy J5 dan Galaxy J7, Memaksimalkan Aktivitas Blogger

Assalamu'alaikum :)

Sebagai seorang guru sekaligus blogger, hampir tiap hari pekerjaan saya berkutat dengan yang namanya laptop, internet, serta smartphone. Apalagi mobilitas yang tinggi mengharuskan saya untuk tetap update mengenai informasi terkini. Lebih-lebih sebagai seorang blogger, saya juga harus selalu berinteraksi dengan para pembaca blog, rekan kerja, serta beberapa komunitas. Kalau sudah begitu, smartphone-lah yang menjadi andalan saya.


Berbicara mengenai smartphone, saya juga selalu memaksimalkan fungsi smartphone guna menunjang aktivitas sebagai seorang blogger. Ada banyak hal yang bisa saya lakukan dengan smartphone ini, mulai dari buka email, posting blogspot, share tulisan ke beberapa media sosial, serta buka-buka website favorit.

Dari sekian banyak smartphone yang sedang ngetrend saat ini, salah satu yang paling cocok untuk kebutuhan para blogger adalah Samsung Galaxy J5 atau Samsung Galaxy J7 (2016).


Biasanya saya memakai smartphone ini untuk keperluan blogging, seperti foto beberapa aktivitas untuk postingan di blog atau merekam kegiatan sehari-hari. Bagi saya, memilih foto untuk blog memang tidak bisa sembarangan, harus dengan kualitas tinggi, serta hasil jepretannya tidak ngeblur atau buram.


Selain memiliki kualitas yang tinggi, Samsung J5 dan J7 ini juga dilengkapi dengan dua kamera super mumpuni. Bayangkan saja untuk kamera utama sebesar 13 MP sedangkan kamera depannya 5 MP berlensa F1.9. Hal ini sangat cocok buat saya yang memang hobi jepret sana jepret sini. Apalagi kalau wajah sedang tidak bersahabat, smartphone ini juga dilengkapi dengan Beauty Mode dan Wide Selfie untuk pencahayaan yang maksimal, Palm Selfie untuk memudahkan memotret, serta Front Flash. Cocok untuk blogger yang hobi narsis ini :)


Jika foto dan video untuk aktifitas blogging sudah, maka yang menjadi kebutuhan utama saya adalah kapasitas memori yang besar. Biasanya saya suka menyimpan kenangan berupa foto dan video di smartphone. Untungnya Samsung Galaxy J5 dan J7 ini juga memiliki kapasitas penyimpanan hingga 16 GB dengan memori eksternal mencapai 128 GB. Wow, benar-benar memiliki space yang cukup lega bukan? Urusan dapur pacu untuk J5 memakai prosesor QuadCore 1.2 GB, sedangkan J7 OctaCore 1.6 GB dengan RAM masing-masing sebesar 2 GB jadi tidak perlu diragukan lagi.


Demi menunjang kegiatan ngeblog, saya juga terkadang memakai smartphone untuk menulis postingan, lalu share ke media sosial favorit. Yang menjadi pertimbangan saya adalah smartphone ini tidak boleh lelet, tentunya harus sudah ditunjang dengan konektivitas yang cepat dan memiliki jaringan 4G LTE. Tidak mau dong postingan kita yang sudah siap dipublish terkendala hanya gara-gara jaringan lemot?


Kalau masalah layar bagaimana dong? Apakah ukuran dan kejernihan layar berpengaruh terhadap kinerja blogging? Menurut saya iya! Selain memang memudahkan dalam menulis postingan, layar yang lebar dan sudah SUPER AMOLED sangat dibutuhkan. Untuk Samsung J5 sendiri ukuran layarnya 5.2” sedangkan J7 5.5” dengan tampilan yang kokoh dan tahan lama.


Smartphone juga saya maksimalkan untuk membagikan postingan terbaru dari blog. Biasanya saya akan share di facebook, google+, twitter,  maupun instagram. Kalau sudah share-share begini biasanya baterai akan cepat habis. Tapi kita tidak perlu khawatir lagi karena Samsung Galaksi J5 dan J7 ini dilengkapi dengan fitur Smart Manager yang dapat memeriksa informasi baterai serta ada Ultra Power Saving mode yang secara otomatis mengurangi konsumsi baterai.


Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan blogging bisa tetap saya lakukan dengan lancar hanya dengan menggunakan smartphone. Berikut hal-hal yang sering saya lakukan demi memaksimalkan kegiatan blogging sehari-hari, siapa tahu tips ini bermanfaat buat yang lainnya:

  • Pastikan menggunakan smartphone untuk hal-hal positif
  • Gunakan waktu luang untuk menulis postingan yang bermanfaat
  • Cari referensi atau materi di situs-situs populer
  • Pilih foto atau video dengan kualitas tinggi
  • Selesai menulis segera share ke media sosial
  • Tetap berinteraksi dengan pembaca blog



Jadi memaksimalkan smartphone untuk kegiatan blogging itu penting sekali, apalagi sudah ada solusinya yaitu Samsung Galaxy J5 atau J7. Bagaimana dengan teman-teman, sudahkan memakai smartphone untuk menunjang kegiatan sehari-hari?

Salam,
@meifariwis



40 komentar

  1. Bener bener membuat daku tersentak membaca postingan ini. Ngeblog saja bisa kok pakai samsung galaxy J7, jadi, ga ada alasan lagi buat tak ngeblog. Padahal, udah vakun dari dunia perblogan hampir setahun. Biasa, warna warni kehidupan emang gitu kan kak? Hehe.

    Btw, buat yg kemarin menangin lomba, saya ucapkan selamat ya. Semoga sukses yg kemarin ujian nih.. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pakai smartphone bisa kok, jadi harus pandai2 memaksimalkan fitur2 di hp. Samsung J5 or J7 cocok.

      Amin makasih ya

      Hapus
  2. Mantaff banget mba mei.....tentunya teknologi smartphone terus berkembang dan mampu bersaing dengan merk yang lain......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makin berkembang jadi harus pilih yg sesuai kebutuhan, terutama blogger seperti saya hihi

      Hapus
    2. hhhihihihihi....iyahh mba mei..pokoke muanteb lahhh...seorang teacher/sensei yang bisa berbagi dengan yang lain via blog, tentunya senang sekali bisa berbagi smaa yang lain...sya juga kerja di bidang education tentunya bisa memaksimalkan kerjaan..kuliahh...sama blog :D

      semangat buat mba mei dehh....jngan lopa follback mba mei....hhhhihkhikhikhik.....

      Hapus
  3. lumayan gede ya kapasitas batrenya.. ini mah cocok buat multitasking :)

    BalasHapus
  4. Hapenya mantab. bikin ngiler nih. Ngeblog memang harus ditunjang dengan handphone berkamera super, karena ringan dan gak ribet

    BalasHapus
  5. Setuju banget nih, sebagai seorang blogger smartphone ini sangat penting. Walaupun jujur aku sendiri lebih suka nulis via laptop, karena layarnya yang lebih gede sehingga lebih mudah mengedit, biasanya aku nulis ide di smartphone. Dan juga fungsi utama dari smartphone bagi blogger menurutku adalah jepretan buat mengisi blog. Karena blog bakal sangat tidak menarik apalagi hanya dipenuhi tulisan tanpa ada gambar. Walaupun nantinya aku mengedit via laptop, tapi jepretannya didapat via smartphone. Sepertinya Samsung Galaxy J5 dan Galaxy J7 bisa jadi pilihan smartphoneku selanjutnya biar kegiatan bloggingku makin hatcep :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jepretan untuk blog harus benar2 yang bagus, makanya apa yg ada di smartphone dimanfaatkan semuanya.

      Yup yang J5 kameranya juga bagus, aku juga pakai

      Hapus
  6. Betul smartphone haru menunjang kualitas dan aktivitas kita sebagai blogger.

    Kalau saya endiri sih udah dengan Asus Zenfone. Sepertinya ibu mah orangnya netral ya karena selain samsung juga pengguna asus.

    BalasHapus
  7. wuiihh....samsung galak j5 dan galak j7 bentuknya elegan sekali dan kapasitasnya batrenya AMAZING!!

    ini spesifikasinya mirip hape andromax pureshot seperti punyaku. hanya saja layar dan kapasitas hape j5 lebih besar dari punyaku, ooiya hape diatas tidak ada pelindung anti gores????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling enak karena bisa ngeblog lewat smartphone ini.

      Samsung Galaxy terbuat dari logam jadi tidak mudah terkelupas kok

      Hapus
  8. Hpku j5....suka banget.....

    BalasHapus
  9. Keren nih,
    kumpulkan pundi-pundi dulu agar bisa beli :)
    thank

    BalasHapus
  10. yaa seperti biasa, kalau mengenai handphone selalu bikin ngiler dan pengen beli
    apalagi bisa mendukung kegiatan ngeblog nambah ngiler dah pastinya, untuk orang yang baru belajar konsisten dalam ngeblog kayak gue kayaknya mesti beli nih hape biar ngeblog gak cuman lewat pc aja tapi lewat smartphone juga

    ngumpulin dana ahhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat yaaaa

      Sebagai blogger emang harus bisa maksimain pemakaian smartphone hehe

      Hapus
  11. kece juga ya mbak itu spesifikasinya j5 dan j7. tapi aku lebih enggak bisa hidup tanpa letop dan koneksi internet sih daripada smartphone sebab aku sudah membuktikan saat hpku rusak. berbulan bulan nabung baru kebeli smartphone baru dan alhamdulilah enggak mati hehehe. awalnya akupikir akan mati tanpa main sosmed.

    tapi namanya merk hp baru itu emang selalu bikin ngiler, ya kembali ke kitanya. tinggal disesuaikan saja dengan kegunaan.

    BalasHapus
  12. Betul mba smartphone yg utama dan yang paling penting itu adalah daya tahan batere yg kuat dan tahan lama. Boleh jadi rekomendasi nech samsung. Terimakasih reviewnya ...

    BalasHapus
  13. Kameranyaaaa.... udah mumpuni banget, mbak!

    BalasHapus
  14. keren ay vitur2nya membuat kemudahan dalam banyak hal termasuk kita sbg bloggre

    BalasHapus
  15. Kalau chargernya output brp ya mbak?

    BalasHapus
  16. Berarti sama seperti aku, menjadikansmartphone sebagai teman setia blogger, dan SAMSUNG J5 / J7 emang keren,moga besok dapet, goodd luck Mbak Mei ^_^

    BalasHapus
  17. Kalau gue lebih suka ngeblogs lewat PC, karena nggak terlalu terbiasa ngeblogs lewat Smartphone. Mungkin dengan smartphone samsung ini, bakalan tak kalah nyaman ngeblogs lewat smartphone. Batrai dengan kapasitas yang gede dan serta vitur kamera yang jernih bakalan asik juga nih kelihatannya kalau di gunakan untuk buat vlogs untuk youtube, waaaah jadi pingin beli :D

    BalasHapus
  18. Wish us luck ya mbak, :D

    BalasHapus
  19. emang bener, kalau nyari handphone itu harus yang kameranya bagus, ngak lemot, dan penyimpanannya besar..
    wah, lumayan bagus yah spesifikasi dari samsung J5 dan J7 kak..
    mungkin nanti kalo ada temen yang nyari hp, saya rekomendasiin samsung j5 atau j7 aja kali ya.. hehehe

    BalasHapus
  20. hasil jepretanya keren nih. udah pernah nyoba punya kakak. Sering pinjem hanya buat ngrekam sama ngefoto yg hasilnya sangat memuaskan

    BalasHapus
  21. smartphone emang penting banget ya, sekarang ini apa aja mungkin dengan punya smartphone canggih kayak Samsung Galaxy J series ini. Good luck.

    BalasHapus
  22. Wahh Perlu Beli Nih Biar Aku konsisten Nulis Blognya...
    Karna Aku Suka Males Klo lagi Dirumah :3
    Kadang Blog juga Terbengkalai Karna kemalasan Aku..

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  25. Naksir bgt dengan yang J7, dengan ukuran layar 5.5" pasti bisa puas bgt buat baca-baca blog dan nulis blog. kamera nya keren bener 13mp, kamera depan nya 5mp... puas dh buat selfie2 :D

    Dari dulu belum kesampean buat beli produk samsung, semoga suatu saat bisa terbeli :(

    BalasHapus
  26. ini produk samsung yang baru rilis itu ya bu guru? Seperti menarik buat dibawa pulang. Oia, review nya mantap, lengkap dan bikin pengin beli hihi (Y)

    BalasHapus
  27. Aku mau hape samsung j7 2016 baru ini... huhu

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  29. samsung j7 emg bagus ya, byk yg nyari jg karna bagus. harganya ituloh haha.

    mampir" kesini jg ya Karya sastra siapa tau bisa sharing" . makasih

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis