Sifat Guru yang Tidak Disukai Muridnya

Assalamu'alaikum :)

Beberapa hari yang lalu, selepas ujian tengah semester saya sempatkan untuk mengobrol dengan beberapa anak kelas 3, 4, 5, dan 6. Obrolannya ringan biasa seputaran ujian yang baru saja berlangsung. Eh kok tiba-tiba saya kepikiran untuk bertanya mengenai hal-hal apa saja yang tidak disukai siswa dari gurunya. Ya maklumlah ya, saya kan guru yang kepo hahaha.


Selama ini saya hanya terfokus pada cerita-cerita tentang guru, kegiatan belajar mengajar, peran orang tua murid, sampai dengan hal-hal yang terkait dengan kegiatan sekolah. Padahal ada sisi sentimentil dari seorang siswa yang patut untuk dijadikan bahan pembelajaran. Maafkan gurumu yang alay ini ya nak :)


Obrolan semakin seru karena ternyata anak-anak sangat antusias. Ada yang sampai mengulang-ulang perkataan mereka, hadew. Sedikit deg-degan juga sih, karena apa yang mereka sebutkan berimbas juga pada diri saya yang notabene guru mereka sendiri.

Oke, tak usah panjang lebar mari kita ulik apa saja hal-hal yang tidak disukai siswa dari gurunya *ngunyah kerupuk, kriuk*

Guru yang suka memberi banyak PR


Sumber: nyunyu.com

Akh... namanya juga sekolah pasti ada yang namanya PR, karena salah satu bentuk penilaian dan tidak lanjut dalam pembelajaran adalah dengan memberi anak PR. Cuma ternyata anak-anak paling kesel kalau ada PR, alasannya sudah ada PR yang menumpuk, capek belajar terus, waktu bermain kurang, tidak ada waktu (((tidak ada waktu, lol))) dan lain sebagainya.

Sebenarnya:
Seorang guru itu tahu porsi dalam memberi PR ke anak kok, tenang saja. Si anak hanya harus pandai bagi-bagi waktu antara belajar dan bermain. Gak mungkin guru memberi PR yang melebihi kemampuan si anak.

Guru yang galak


Sumber: http://s468.photobucket.com/user/mbahne/media/Kartun-Guru-Killer.gif.html

Murid paling takut kalau gurunya galak. Wajar sih, kalau guru galak nanti si anak malah ketakutan. Ada beberapa siswa yang memang santai menghadapi guru yang killer, tapi malah ada yang jadi makin rajin belajarnya berkat style guru yang galak tersebut. Tapi namanya juga anak-anak, mereka menginginkan guru yang ideal, gak galak, baik hati, dan selalu tersenyum (((itu saya hahaha))).

Sebenarnya:
Memang pada dasarnya setiap guru punya style mengajar masing-masing. Tidak semua guru itu galak kok. Ada guru yang lemah lembut, ada guru yang gokil, guru yang humoris, dan guru yang santai. Jadi siswa tidak perlu takut, cukup hormat, saling menghargai dan tahu hak serta kewajiban masing-masing.

Guru yang suka marah


Sumber: https://strawberrymelody.wordpress.com

Marah dan galak beda gak sih? Bedalah ya, kalau galak emang pembawaannya gitu, kalau marah pasti ada alasannya. Ya siapa sih yang suka kalau dimarahi, ya gak? Anak-anak pun juga begitu. Tapi harus benar-benar dikaji secara jeli kenapa guru bisa marah.

Sebenarnya:
Guru marah pasti ada sebab dan akibat, contohnya sudah beberapa kali anak tidak mengumpulkan PR. Sudah berkali-kali anak bikin masalah di kelas atau si anak berantem dengan alasan konyol dan tidak mau mendengarkan nasihat guru. Wajar jika guru marah, karena setiap manusia punya tingkat kesabaran yang terbatas. Kalau gak mau dimarahi guru yuk saling mengerti kondisi serta situasi :)

Guru yang suka menyuruh


Sumber: https://anchaanwar.wordpress.com

Waktu anak-anak ngomong seperti itu saya sempat mengernyitkan dahi. Emang ada guru yang nyuruh-nyuruh murid? Setelah saya tanya balik mereka menjelaskan, ternyata maksud kata “menyuruh” itu artinya anak tidak suka disuruh maju mengerjakan tugas, anak enggan kalau disuruh bersihin kelas, anak malu kalau disuruh show off. Dasar anak-anak, ya iyalah kalau konteksnya seperti itu pasti guru juga akan menyuruh si anak untuk beresin kelas kalau kotor dan berantakan.

Sebenarnya:
Saya yakin guru tidak akan menyuruh anak di luar batas kemampuan mereka, toh kata “menyuruh” di sini artinya menyuruh ke arah yang lebih baik tentunya. Guru ingin anak tampil ke depan supaya mereka berani dan percaya diri. Guru menyuruh membersihkan kelas agar bersih dan nyaman.

Guru yang suka membandingkan



Kalau yang ini mungkin spontan kali ya, contohnya gini “Si A, kok kamu beda sama adikmu? Tulisannya bagus” atau “Belajar yang rajin ya supaya pintar seperti si B”. Ternyata anak-anak tidak suka diperlakukan seperti itu, mereka memilih menjadi diri sendiri tanpa harus dibandingkan dengan saudaranya atau temannya. Ini bagus sih :)

Sebenarnya:
Tidak ada maksud untuk membanding-bandingkan antar siswa yang satu dengan yang lainnya. Guru menginginkan supaya muridnya bisa menjadi lebih baik lagi. Saya percaya guru tidak terus-terusan membandingkan, kadang konteksnya bisa juga “bercanda”.

***

Dari percakapan-percakapan ringan dengan murid-murid saya ternyata menjadikan sebuah tulisan yang bisa saya jadikan sebagai bahan renungan. Saya hanyalah guru biasa yang mungkin punya banyak salah di mata anak-anak. Bisa jadi saya adalah guru yang dimaksud (tapi gak mungkin, saya kan gak galak hahaha). Bisa jadi saya guru yang suka khilaf membandingkan siswa ini dengan yang itu. Bisa juga saya adalah guru yang suka memberi banyak PR.

Terima kasih anak-anakku, penyemangat dalam mengajar sekaligus teman dalam berkarya. Tanpa kalian apalah arti tulisan-tulisan berlabel “School” di blog ini. Tararengkyu yaaaa :)

Kalau teman-teman blogger dulu waktu sekolah gak suka sama guru yang seperti apa? Boleh lho cerita-cerita di sini :)

Salam,

@meifariwis

20 komentar

  1. Wkwkwk.. aku tuh masuk
    Guru yang galak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan galak-galak bu, ntar muridnya takut hehehe

      Hapus
  2. haha.. ada ada aja ya obrolannya, tapi bisa juga anak anak terbuka sama gurunya yang kepo ini. :) jangan jangan disogok pake krupuk :D

    eh tapi mba kalo anak anak SMA kira kira sama gak ya keluhannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kalau SMA udah beda lagi hehehe :)

      Hapus
  3. Aku termasuk yang nggak pemarah tapi waktu murid ditanya ada PR nggak mereka jawab serempak nggak. Hahahaha.. Padahal jelas2 Minggu sebelumnya aku ngasih PR. Kesel sih, tapi ya tetep namanya juga anak2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nAMANYA JUGA ANAK-ANAK MBAK, KADANG MEREKA NGESELIN, KWKWKWWW

      Hapus
  4. Hahaha dulu aku paling sebel sama guru yg ngga jelas & ngga bisa ngejelasin pelajaran XD diatas ngga ada mba hihihi. Aku dari smp - sma dapet matematik 5 gegara ngga ngerti si guru ngejelasin apa, kelas 3 sma ganti guru, baru deh tercerahkan & matematiknya bisa dapet 8 haha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aNAK2KU GAK NGELUHIN ITU SIH MBAK, BERARTI MEREKA UDAH PAHAM SAMA PENJELASAN GURU, BERARTI GURUNYA KEREN2,,, APASIH HAHAA

      Hapus
  5. Aku paling ga suka sama guru yg ngejelasin textbook banget. Bener2 persis dr isi buku. Lah kalo cuma gitu sih kita bisa baca sendiri ya mbak.. guru yg begini biasanya bosenin bgt cara ngajarnya dan itu bikin aku ngantuk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAhaha karena guru punya style sendiri2 mba. Tapi emang bikin ngantuk sih. Eh tapi aku juga pernah gitu plek ketiplek sama textbook wkwkkw

      Hapus
  6. Hahaha poin-poinnya aku banget. Apalagi yang suka ngasih PR. Padahal mah kalau dipikir-pikir buat diri sendiri juga biar latihan di rumah. Tapi jangan keseringan ya pak, bu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang, bapak ibu guru tau porsi memberikan PR kok hehehe

      Hapus
  7. paling ga suka sama guru yang pilih kasih kalau ngasi nilai yang deket sama dy digedein yang pinter tp ga deket dikasi jelek aseeemmm banget hahaha

    BalasHapus
  8. Hahahaha....
    Aku guru galak. Lah kalau nggak galak pada kurang ajar. Wkwkwkwkwk
    Pertanyaan semacam ini jawabannya akan beragam ya mbak sesuai dengan gaya hidup juga, atau tempat mereka tinggal. Misalnya, mereka yang tinggal di desa atau di kota.

    BalasHapus
  9. Beberapa sifat kayaknya saya banget deh. Terutama yang galak itu, karena sesekali (gak sering lho) saya akan menjadi guru yang galak.Tapi ya galaknya juga ada batas kok. Kalo gak gitu anak-anak bakalan gak peduli. Apalagi murid saya notabene santri dengan segala kesibukan dan kegiatannya, galak salah satu cara yang pas. :D

    BalasHapus
  10. Aku gak suka sama guru yang merendahkan muridnya, dari segi fisik. Dulu ada guruku SD yang seperti itu. Dan ada yg suka kasar, Mbak, ngata-ngatain muridnya goblok, gak punya otak. Duh...

    BalasHapus
  11. Sebetulnya saya paling malas kalau lihat guru galak. Tapi seringkali yang terus diingat justru guru yang galak :D

    BalasHapus
  12. Saya sendiri jadi guru SMK jujur aja ga berani galak lagi soalnya anak jadi tegang pembelajarannya. Tapi disaat saya jadi pembina Osis jadi lebih tegas untuk beberapa hal tertentu. Karena remaja itu umumnya suka melanggar kalau ga diarahkan.

    Makasih ulasannya mencerahkan.

    BalasHapus
  13. Saya lebih tidak suka kepada guru yang tidak tau caranya menjelaskan mba. Kadang saya suka bertanya 4 sampai 5 kali kepada guru yang seperti ini. Itu waktu SMA dulu hehe

    BalasHapus
  14. HHhahahah....justruu itu banyak yang di ungkapkan siswa terutama SD yang masih polos dan cerita yang apa aadanya atau nyata...hehheh

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis