Sabtu, 30 Maret 2019

Hati-hati Penipuan Kupon Berhadiah Mengatasnamakan Roma Malkist PT Mayora Indah Tbk

Minggu lalu seperti biasa saya telepon ibu yang ada di kampung. Kami membahas banyak hal dan saling bertukar kabar. Tiba-tiba ibu bilang kalau Putri (adik saya) mendapatkan kupon berhadiah mobil.

Hati-hati penipuan!

Hah kok bisa? Mana mungkin. Hoax paling. Itu sih yang langsung terbersit dalam benak saya. Hari gini masih ada kupon berhadiah? Rasanya kok nggak mungkin sekali. 

Ibu bilang kalau disuruh untuk menghubungi pihak penyelenggara kupon berhadiah tersebut. Saya langsung kaget dan buru-buru untuk stop komunikasi apapun dengan pihak terkait. Saya minta bukti kuponnya difotoin dan dikirim ke saya via WA secepatnya.

Kronologi Kejadian

Sebelumnya .... 

Kupon palsu penipuan atas nama Roma Malkist 

  • Pagi hari adik saya mendapati sebuah plastik di depan rumah. Setelah diamati dan dibuka ternyata isinya kupon berhadiah sepeda motor dan mobil HRV.
  • Kupon tersebut mengatasnamakan undian berhadiah dari Roma Malkist yang diproduksi oleh PT Mayora Indah Tbk.
  • Adik saya iseng gesek kuponnya dan ternyata mendapatkan hadiah mobil Honda HRV.


Kejadian janggal (1)


  • 1. Adik saya waktu itu nggak jajan Roma Malkist lho, kok tiba-tiba ada kupon di depan rumah? Aneh kan? Asumsi kami: Ada orang yang sengaja mengedarkan kupon palsu ke rumah-rumah.
  • 2. Isi kuponnya hanya dibungkus plastik bening biasa, bukan di dalam kemasan Roma Malkist.
  • 3. Nggak ada info apapun (iklan di tv maupun internet) yang menayangkan adanya promo kupon berhadiah dari Roma Malkist.

Setelah itu saya cermati kupon yang dikirim adik saya via WA.

Kejadian janggal (2)

Di dalam plastik yang diedarkan dari rumah ke rumah isinya ada 3 bagian yaitu kupon yang digosok, kertas pemberitahuan, dan kertas dari Kementerian Sosial RI.

Coba perhatikan gambar berikut (sudah jelas sekali kalau ini hoax kan?).

Surat dari Kemensos, kupon, dan S&K palsu

Oke, mari kita analisis kesotoyan yang buat promo kejutan Roma Malkist ini ya!

SURAT PEMBERITAHUAN

Hari gini kasih kabar undian berhadiah pakai surat pemberitahuan? Alamaaaak macam mau kirim surat lamaran aja :p 

Nomor surat palsu

Di dalam kupon tertera nomor surat 3572/BRK/GL/8M/VIII/2019

Itu nomor surat apa nomor tagihan hutang sih? Hahaha.

Jelas bohong banget, masa angka romawinya VIII (bulan delapan = Agustus) dan tahunnya 2019?

Itu berarti suratnya keluar bulan Agustus tahun 2019. Lah ini kan baru bulan Maret, masa nomor suratnya udah bulan Agustus? Agustus masih lama keleusss!

Syarat dan Ketentuan yang super kocak

S dan K yang palsu


  • 1. Bagi pemenang yang mendapatkan KUPON hadiah untuk melaporkan kode HOKY.
(Jiaaaaa kayak apa aja lapor, emang ditangkap polisi harus lapor segala?)


  • 2. Kode HOKI harus dirahasiakan kepada siapapun selain PT Mayora Indah Tbk.
(Ini lhooooo nulis hokinya aja beda, di ketentuan nomor 1  tulisannya HOKY, sedangkan di ketentuan nomor 2 tulisannya HOKI. Duh, macam mana pula ini, emang nggak ada yang cek dulu apa sebelum bikin S&K? Wkwkwkwk)


  • 3. Pemenang dilarang menghubungi nomor lain selain yang tertera dalam kupon.
(Masa perusahaan sekelas PT Mayora nomor konsumennya hanya nomor WA biasa? Hellooooooowwww. Yang ada nomor resmi kantor dan ada kode daerahnya kali akh)


  • 4. Pemenang bisa menghubungi pada hari Senin-Sabtu pukul 07.30 – 16.30 WIB kecuali hari libur.
(Ini kok dapat hadiah tapi ditentukan kapan harus hubunginnya, aneh banget. Ya suka-suka yang terima kuponlah, kalau dapat kuponnya hari Minggu malam masa ya ga boleh telepon. Padahal kan biasanya customer care itu bisa diakses 24 jam dan bebas pulsa.)


  • 5. Bagi pemenang yang mendapatkan hadiah kendaraan berupa sepeda motor atau mobil wajib menyelesaikan biaya balik nama STNK dan BPKB.
(Balik nama? Are u kidding me? Wkwkwk. Itu mobil bekas apa baru sih kok pakai balik nama segala? Biasanya kan hadiahnya itu baru dan nggak perlulah balik nama segala, kan yang nerima bakalan si pemenang otomatis STNK dan BPKB nantinya atas nama pemenang dong, nggak perlu balik nama segala :p)


  • 6. Penyelesaian biaya balik nama STNK dan BPKB melalui pihak bank atau kantor pos dan melaporkan nomor validasi atau resi yang terdapat di bukti transfer.
(Sungguh pemaksaan disuruh bayar biaya balik nama. Baru kali ini saya tahu ada undian disuruh balik nama sendiri, hahaha)


  • 7. Hadiah kendaraan berupa sepeda motor atau mobil akan diserahkan kepada pemenang setelah melaporkan bukti nomor validasi untuk penerbitan STNK dan BPKB.


  • 8. Keputusan ini mutlak tidak bisa diganggu guggat oleh instansi manapun maupun pihak pemenang.
(Yang ada Anda digugat karena menipu, dasar!)


Kejanggalan (3)


  • Tanda baca, huruf kapital, dan ejaan banyak yang salah. 
(Kadang ejaan pakai bahasa Indonesia kadang bahasa Inggris, titik koma juga salah, apalagi huruf kapital, hadewwww. Sepertinya pihak penipu ini nggak canggih dalam penggunaan EYD)


  • Terdapat foto dan tanda tangan oleh instansi terkait.
(Kayaknya cuma asal nyomot di google deh. Masa iya ada gambar Samsat terkini, logo ANTV, sama foto bapak direktur dan bendaharanya? Hahahaha Kacau parah)


  • Terdapat surat dari Kementerian Sosial RI yang lagi-lagi nomor suratnya salah.
(Dalam nomor surat, romawi bulannya ditulis IIV. Haloooooo mana ada angka romawi IIV? Yang ada VII kali, hahahaha.)

Sebenarnya dari bentuk undiannya aja udah mencurigakan, apalagi ditambah dengan kejanggalan-kejanggalan yang saya sebutkan di atas. Jadi harus tetap waspada ya.

Saya juga sempat googling untuk mencari informasi terkait penipuan yang mengatasnamakan PT Mayora ini dan ternyata hasilnya banyak banget yang ketipu. Ada yang udah sampai mengeluarkan uang puluhan juta untuk menebus mobil.

Sedih sih melihat fenomena undian berhadiah bodong ini beredar. Apalagi sasarannya orang-orang di kampung. Semoga aja pelakunya cepat ketemu ya, amin.

Lalu apa yang harus dilakukan supaya tidak tertipu oleh undian bodong?

👉 Cek keaslian kupon

Bisa langsung teliti kupon yang digunakan dan telepon custome care perusahaan yang bersangkutan.

👉 Bila disuruh menghubungi nomor telepon dalam kupon dan ternyata nomornya hanya nomor hp biasa (WA/sms) sudah pasti ini penipuan.

👉 Jika diminta untuk mentransfer sejumlah uang kepada penyelenggara, segera abaikan karena ini modus penipuan dengan cara transfer uang.

👉 Jangan mudah tergiur hadiah utama sepeda mobil/ mobil, karena akan ada ajakan transfer biaya tebus hadiah. Ini  termasuk penipuan.

👉 Selalu cari tahu informasi terkait undiah lewat internet.

👉 Segera laporkan kepada pihak kepolisian atau dinas sosial terdekat.

Buat teman-teman semua, selalu hati-hati ya karena modus penipuan begini memang sedang marak terjadi. Tidak hanya menyebar kupon ke rumah-rumah tetapi penipu juga membeli kemasan produk dalam jumlah banyak lalu dibuka dan dimasukanlah kupon palsu tersebut.

Yuk, bantu sebarkan informasi ini supaya tidak ada lagi korban-korban lainnya.

Thank you,

21 komentar :

  1. Waduh bener-bener nih ya penipuannya. Hmm semoga saja nggak ada yang tertipu lagi ya

    BalasHapus
  2. Wah wah wahh gawat banget nih. Penipuan mengatas namakan PT. Mayora

    BalasHapus
  3. Waduh Mbak nya detail banget kalau mengupas, tapi dengan begitu kita bisa mengetahui bahwa itu memang palsu

    BalasHapus
  4. Haha lucu banget ya tuh kuponnya :D. Bener banget Mbak banyak kejanggalannya

    BalasHapus
  5. Saya pernah nih Mbak dulu juga dapat kupon seperti itu, tapi mah saya nggak percaya. Pasti itu penipuan

    BalasHapus
  6. Modus inindulu sempat booming entah dutahun kapan saya lupa mbak,,, tapi memang keliatan banget boongannya... semoga jangan ada yg tertipu lagi deh,,,

    BalasHapus
  7. Waduh ada ada aja ini

    Kalau di Kotakota kayak Jakarta sini, temen temen ku aku yakin udah pinter pinter lah tau mana yang beneran mana yang boongan

    Tapi kalau yang kena itu keluarga dikampung.
    mereka selalu polos dan lugu beneran seneng lalu ganyadar kalau ketipu

    Sediiih..
    Emang harus di edukasi kalau yang begini begini gabole asal percaya harus kroscek duluu yaaa

    BalasHapus
  8. Baruu aja aku dapet kuponya.. truss ku cek di google ehh penipuan ternyata... Makasih banyak informasinya ini kak...

    BalasHapus
  9. Sungguh terlalu sang penipu....

    BalasHapus
  10. Baru dapet kuponya dan agak ragu,eh setelah dicari infonya ternyata penipuan.makasih infonya kak

    BalasHapus
  11. ibu saya baru aja dapat kupon yang sama persis bentuknya.. sempat kaget saat tahu isinya dapat mobil,tp saya telusuri dulu lewat internet dan setelah baca ini jadi tahu kalau kupon yg ibu saya dapat itu abal2.. masak kupon undian foto direktur dan nomor Telepon beda2...

    BalasHapus
  12. Bener banget mbk asli jelas banget klo itu penipuan , Ani aku baru dpt kuponnya kemaren, hari ini aku iseng telfon, car jelasinnya aj glagapan jelas bgd klo ngarang, laporin polisi aja biar kapok

    BalasHapus
  13. Waahh.. makasih mbak sangat membantu.. saya tadi pagi nyapu dan nemuin itu depan pintu.. trus saya baca dan tertarik juga tapi saya kok ngerasa aneh sama syaratnya makanya saya cari cari info dan ternya penipuan.. makasih banget mbak pokoknya sangat membantu

    BalasHapus
  14. Saya juga dapat kuponnya. Tapi beda sama mbaknya, punya saya ada SK resmi dari Polda Metro Jaya, ada tanda tangan advokatnya juga.
    Dan saya sudah menelpon pihak Mayora ternyata memang benar pin nya resmi dari Mayora
    (Menurut saya) untuk hal customer care di hari kerja bisa jadi karena memang bukan robot begitu ☺️
    Tapi sih lebih baiknya tidak usah percaya sama undian begitu 🤣

    BalasHapus
  15. Saya juga dapet persis kayak itu. Bagaimana ya.?

    BalasHapus
  16. Saya juga baru dapat sama persis kayak yg difoto mbk nya itu,cuma saya curiga sama itu kupon,trus saya cari tw di google dan ternyata emang benar penipuan

    BalasHapus
  17. Saya juga baru dapat sama persis kayak yg difoto mbk nya itu,cuma saya curiga sama itu kupon,trus saya cari tw di google dan ternyata emang benar penipuan

    BalasHapus
  18. Saya juga dapat nih kak.. Niat juga ya penipunya nyebar2 kupon

    BalasHapus
  19. Baruuuu aja dapet kuponnya didepan rumah suami yang nemu.yang buka si anak.saya yg gosok kaget dong baru kali ini gosok kupon dapet hadiah mobil pula wkwkwk... tapi langsung males pas disuruh bayar biaya ini itu dulu padahal belum pasti.hampir mau telp tapi takut ketipu kalo langsung telp. Jadi cari info dulu di internet dan speechless suami juga kaget.anak juga sedih gajadi dapat mobil hahaha

    BalasHapus
  20. Ini ibu saya juga nemu didepan rumah. Saya udah bilang penipuan, tp ibu saya gak percaya. Gimana dong kak.. 😩

    BalasHapus
  21. Kirain beneran ternyata penipuan wkwk

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top