Senin, 03 Oktober 2016

5 Fakta Menarik Tentang Batik

Assalamu’alaikum :)

Siapa yang suka pakai batik? Hayooo ngaku.

Saya.. saya.. saya!

Batik adalah salah satu pakaian favorit saya lho. Banyak modelnya dengan sentuhan warna-warni yang bervariasi sehingga bisa menambah mood saya juga. Nah tanggal 02 Oktober kemarin dinobatkan sebagai hari Batik Nasional.


Siapa sih yang tak kenal batik? Hampir seluruh orang di Indonesia punya baju yang satu ini, ya kan? Dari anak kecil sampai orang dewasa pasti pernah mengenakannya. Batik juga merupakan warisan leluhur yang wajib kita lestarikan, pasalnya dulu pernah banget ini batik mau diklaim negara tetangga, duh jangan sampai terjadi lagi.

Bicara soal batik, saya punya beberapa fakta unik versi saya sendiri (tentunya). Batik ini tidak hanya semata-mata baju formal saja melainkan bisa dijadikan baju kasual yang cocok untuk hangout. Akh yang bener Mei, ya ampun coba scroll lagi ke bawah deh tuisan ini.

  • Batik adalah baju kerja.

Tau gak saya pakai batik berapa kali dalam seminggu? Yah gak tau ya? Baiklah hahaha. Dua kali dalam seminggu saya memakai batik lho sodara-sodara. Ya iyalah karena kewajiban dari kantor gitu hehehe. Dulu saya bekerja memakai batik hanya setiap hari Jumat saja, tapi sekarang ada kebijakan baru bahwa seragam mengajar untuk hari Rabu adalah memakai batik. Alasannya memang sekolah kami ingin tetap menjunjung tinggi nilai-nilai historis dan warisan budaya gitu deh.

Kalau dipikir-pikir banyak juga kantor-kantor yang mewajibkan karyawannya untuk mengenakan batik sebagai salah satu seragamnya. Guru pakai batik, dokter pakai batik, tukang pajak pakai batik, pegawai bank batikan juga kan? Siapa nih yang juga pakai batik saat ngantor?
   
  • Batik adalah baju wajib kondangan.

Yaelah ngaku aja deh sist pasti situ pernah atau punya baju batik yang dipakai khusus kondangan kan? Iya kan ya kan? :P. Hampir setiap kali saya pergi ke nikahan orang, hajatan teman, atau acara-acara formal lainnya sudah bisa dipastikan ada salah satu pengunjung yang pakai baju batik. Ada yang couple-an malahan, tapi kalau batik sih istilahnya sarimbitan.

  • Batik adalah pakaian kebangsaan ibu-ibu.

Namanya DASTER BATIK, mungkin bukan hanya ibu-ibu saja, gadis muda juga punya. Batik memang punya banyak model dan jenis, nah salah satunya adalah daster. Duh kalau boleh jujur daster adalah pakaian nomor 1 bagi saya, adem, semriwing, mau dipakai gerak apa saja juga tetap asik. Batik ini juga biasa mendominasi baju kebangsaan ibu-ibu ini. Coba sekarang cek lemari ada gak baju batik model daster? Ada kan? Saya aja punya 3 muahahaha.

  • Batik adalah pakaian hangout juga.

Pernah lihat anak muda jalan-jalan pakai batik? Saya sih sering dan mereka terlihat ganteng maupun cantik lho, beneran deh. Di zaman yang modern seperti sekarang ini mah banyak dijumpai anak-anak muda yang pakai batik, bahkan terlihat lebih fashionable dan gak kaku. Kalau kamu pede pakai batik saat jalan-jalan berarti kamu termasuk anak kekinian hihihi. Bukan hal yang tabu lagi sih kalau pakai batik dalam keseharian, banyak yang sudah mulai mendesain batik menjadi pakaian yang sedemikian rupa dengan berbagai macam karakter di dalamnya. Ada blazer, outwear, syal, tas, sepatu, dress, kemeja, kaos, bahkan sampai model baju tidur juga ada.

  • Batik adalah trend mode.

Batik bukan hanya telah menyentuh pasar modern di Indonesia bahkan juga dunia. Dengan banyaknya artis dalam negeri maupun pejabat negara yang mengenakannya, secara tidak langsung mereka juga telah mengenalkannya pada dunia luar. Tak jarang sekarang banyak desainer-desainer Indonesia yang Go Internasional dengan karya batiknya. Bahkan sering juga saya lihat di televisi artis luar negeri memakai batik Indonesia, wuiiiiih saya bangga!

Sumber gambar 1

Batik dan kehidupan memang tidak bisa dilepaskan begitu saja. Setiap kegiatan, setiap kantor, setiap jajaran pemerintah, bahkan grup entertain pun juga bangga memakai batik. Sebagai simbol dari salah satu pakain di Indonesia sudah selayaknya kalau kita tetap terus melestarikan batik ini dengan baik.

Saya cinta batik, kalau kamu?

Sumber gambar 1
http://malesbanget.com/2012/10/4-artis-luar-negeri-yang-mbdc-pengen-liat-pake-batik/

Salam,
@meifariwis


6 komentar :

  1. Batik adalah Baju Zaskia Gotik. Kalau mba nonton bintang pantura psti mba ngerti maksud saya :-D

    BalasHapus
  2. Dan saru lagi mba, batik adalah baju kesukaan Nelson Mandela, pejuang diskriminasi itu. Presiden pertama Afrika Selatan hehe

    BalasHapus
  3. aku selalu pakai batikkkk...dasteran maksute

    BalasHapus
  4. saya juga suka batik mba, apalgi sekarang sudah ada banyak kreator yang memadukan batik dengan jenis kain lain seperti jeans.. batik keren

    BalasHapus
  5. Batik is the fashion on my country, my country oh my country ~

    Bener, dulu batik dipake buat acara kegiatan seni, kegiatan sehari-hari, dll.
    Sekarang udah merambah ke fashion, jadi makin bangga dengan batik~

    BalasHapus
  6. Kalau di tempatku, batik itu seragam pemuda pemudi karang taruna, yang juga sebagai simbol kekompakan kami sebagai pemuda karang taruna

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top