Selasa, 04 Oktober 2016

Syarat-syarat Mengubah Nama Pada Buku Nikah

Assalamu’alaikum :)

Tahun lalu saya pernah bercerita mengenai ribetnya mengurus akta kelahiran anak. Banyak beberapa teman yang menanyakan sebab musababnya kenapa hal tersebut bisa terjadi. Saya pernah menuliskannya di blog supaya jika ada yang tanya tinggal saya sodori saja tulisan tersebut, beres.

Baca selengkapnya di cerita-cerita berikut ya:

Tapi kok malah banyak orang (yang tidak saya kenal sama sekali atau teman dunia maya) yang bernasib sama dengan saya menanyakan setiap detail surat-surat yang dibutuhkan untuk urusan tersebut. Bahkan sampai kirim email, lewat whatsapp, facebook, dan instagram hanya untuk tanya-tanya. Huuuu senang deh rasanya ternyata tulisan saya bermanfaat juga buat orang lain, hihihi. Yawes selang setahun ini saya akan menuliskan dokumen-dokumen lengkapnya di blog. Maaf ya buat teman-teman yang kemarin tanya dan belum sempat saya balas.

Tulisan ini nantinya akan ada sambungannya (karena memang dokumennya banyak banget). Gak mungkin kalau saya tulis dalam 1 blogspot, bisa-bisa jiper bacanya hahaha.

Baiklah, sebelum memulai dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mengubah nama di buku nikah. Saya akan tuliskan syarat-syaratnya terlebih dahulu (meskipun pernah saya tuliskan di post sebelumnya, tapi saya ulangi yang lebih detail ya xixixi).


Syarat-syarat Mengubah Nama Pada Buku Nikah

  • Membuat surat permohonan rangkap tujuh (7).

  • Pemohon adalah suami dan istri atau yang berkepentingan.
Pastikan suami istri hadir saat mengurus proses ini ya, karena waktu itu suami saya sedang di Jakarta tapi pihak Pengadilannya meminta suami harus hadir. Akhirnya demi bisa membuat akta kelahiran anak, suami saya pulang heuheuuuu. Nah daripada bolak-balik, mending benar-benar disiapin waktu yang tepat supaya suami dan istri bisa datang berdua.

  • KTP Asli dan fotocopy 1 lembar tanpa dipotong.
Maksudnya, bapak ibu yang mau mengurus harus bawa KTP ASLI (jangan sampai ketinggalan). KTPnya juga harus difotocopy dalam kertas HVS bagian depan dan belakang dalam 1 lembar, jadi kertas fotocopyannya harus 1 lembar bukan dipotong sebesar KTP, itu salah.

  • Buku nikah asli dan fotocopy 1 lembar tanpa dipotong.
Sama seperti halnya dengan KTP, bapak ibu harus membawa BUKU NIKAH ASLI dan difotocopy dalam selembar kertas HVS, kertasnya tidak boleh dipotong sesuai ukuran buku nikah. HARUS 1 LEMBAR UTUH, yang difotocopy adalah bagian depan buku nikah (yang ada foto suami istri) dan bagian kutipan akta nikah.

  • Surat keterangan dari KUA bahwa nama yang tertera di register pernikahan yang benar adalah ... (nama dibuat dalam kolom perbandingan).
    Next post ya.

  • Kartu Keluarga (KK) asli dan fotocopy 1 lembar tanpa dipotong.
KK yang harus dibawa saat pengurusan adalah KK asli yang sudah ditandatangani oleh kepala keluarga. Jangan lupa fotocopy KK tersebut sebanyak 1 lembar ya.

  • Asli surat keterangan meninggal dunia bagi yang sudah meninggal dan fotocopy 1 lembar tanpa dipotong.
Berhubung nama yang ingin saya ganti dalam buku nikah adalah nama papa mertua yang sudah meninggal, maka  dulu saya pergi ke kelurahan untuk meminta surat keterangan meninggal dunia. Caranya gampang kok, bapak ibu tinggal ke kelurahan dengan membawa bukti-bukti (dari RS atau lurah setempat, RT/RW) yang memang benar menyatakan salah satu anggota keluarga kita ada yang meninggal. Nanti pegawai kelurahan tersebut akan memberikan surat keterangan meninggal dunia yang bisa dipakai di Pengadilan Agama (PA).

Oh iya, bawa surat keterangan tersebut ke PA dalam bentuk surat ASLI ya, lalu fotocopyannya 1 lembar saja.

  • Silsilah keluarga bermaterai Rp 6.000,00.
     Next post ya

  • Bukti-bukti pendukung nama yang benar yang dikeluarkan sebelum saat nikah.
Kalau kemarin bukti yang saya bawa adalah ijazah SMA suami (karena di ijazah tersebut tertera nama asli almarhum papa mertua) dan buku nikahnya mama dan papa mertua. Bukti tersebut dibutuhkan karena digunakan sebagai pembuktian nama yang sebenarnya yang benar yang mana.

  • Membayar biaya panjar.
Artinya setelah berkas-berkas dikumpulkan kita wajib membayar biaya persidangan. Berhubung sidangnya kan belum ketahuan tuh habis berapa duit, makanya disuruh bayar dulu panjarnya.Saya dulu membayar sebesar 300ribuan lewat bank BRI.

***

Ternyata setelah saya mempublish curahan hati tentang tata cara mengurus perubahan nama banyak sekali respon yang masuk dari pembaca. Kebanyakan sih mereka tanya dokumen pendukungnya apa saja. Padahal blog saya dulu itu tulisannya lebih banyak curhat daripada memberikan solusi, hehehe. Tapi alhamdulillah berkat curhatan itulah saya kini punya teman-teman dunia maya baru yang memiliki nasib yang sama.

Kalau boleh jujur, mengurus perubahan nama di buku nikah memanglah mengurang tenaga, pikiran, biaya, dan waktu. Syukurlah semua terbayar sudah dan yang paling penting sekarang anakku (Kenzo) sudah punya akta kelahiran, yess!

Dulu saya berpikir bagaimana caranya anak mau sekolah kalau akta kelahiran saja tidak punya, bagaimana mau urus ini itu jika kartu keluarga saja tidak ada tanda tanggan kepala Dispencapil, huuuuu. Syukur alhamdulillah memang benar, hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha.

Hikmah yang dapat saya ambil adalah seandainya kalau dulu nama papa mertua di buku nikah tidak salah pasti saya tidak akan pernah tahu alur persidangan di pengadilan. Saya tidak akan tahu syarat apa saja untuk mengubah nama di buku nikah. Terpenting lagi saya bisa share pengalaman dan berbagi kisah dengan teman-teman semuanya  mmmuuuuuuaaaccch :) ;) :)

Semoga tulisan ini bermanfaat!

Bersambung.

Salam,
@meifariwis

15 komentar :

  1. Walaupun ribet asal kita cari tahu dulu apa saja dokumen yang perlu dipersiapkan jadi mudah ya mbak :) makasih infonya. Kebetulan sertifikat rumah atas nama suami tp juga namanya salah gak sama dengan nama di KTP kira2 apakah akan seribet itu ya ngurusnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, biasanya harus disamakan namanya. Tapi ga tau utk kasus mb Yenny ini, mungkin tiap pengadilan beda2 . Semangat mbak

      Hapus
  2. Kalo aku salah nama suamiku satu huruf mbak, harusnya Q pake K.. ribetnya itu aku nikah di lombok, sekarang tinggal di Sidoarjo, KTP Malang.. setelah 4tahun nikah, baru selesai diurus, haha, tinggal akte anak aja yg belum.. coba semua bisa serba online, fyuuhh

    BalasHapus
  3. Hihi bagi pasangan yang idah siap2 ke pelaminan silahkan disimak baik2 caranya. Mungkin tips ini berguna beberapq tahun pagi kalau bagi saya pribadi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cocok buat referensi orang yang mau nikah, tapi mudah2an jangan sampai namanya salah ya

      Hapus
  4. Salam kenal Mbak

    kebetulan saya mau memperbaiki data tanggal lahir di buku nikah saya. Karena tanggal lahir di buku nikah beda dg KTP KK.

    Apakah dokumen persyaratannya sama seperti perbaikan nama buku nikah (kasus yg dibahas di posting ini) ?

    Trm kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak, yang salah yang ada di buku nikah kah> ? kalau iya berarti memang harus sidang di pengadilan, dan syarat2nya seperti di atas

      Hapus
  5. Alhamdulillah nama2 di dokumen pentingku blm ada yg salah.. Jgn sampe, ribetnya bikin emosi jiwa mbak :D. Mana hrs kantoran dll... Tp berguna nih infonya, at least kalo nanti sampe ngalamin, udh tau hrs ngapain :)

    BalasHapus
  6. Birokrasinya masih agak jelimet ya Mba', sampai fotokopi yang dipotong dan nggak dipotong pun dipermasalahkan, huhu.
    Untungnya masalahnya selesai ya, hehe.

    BalasHapus
  7. Di buku nikahku ada yang salah juga, yakni mas kawin, harusnya 10 gr jadi 3 gr :))
    Ah tapi bukan hal penting jd gpp
    Kalau nama kan emang kudu bener TFS :D

    BalasHapus
  8. Yang namanya berhubungan dengan dokument penting bikin pusing ya urusannya ..banyak tetek bengeknya..Dulu pas mau nikah juga duuh segambreng mbak yang mesti disiapin..mana antar negara pulakan..

    BalasHapus
  9. Mbak,itu merubah nama di buku nikah dulu atau di kk dan ktp dulu? Mksh sebelumnya mbak

    BalasHapus
  10. Semoga gak lama lagi di balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah saya balas via email. Yang diganti di KK dl baru akta nikah

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top