Perjuangan CPNS Bagian 3

Assalamu'alaikum :)

Bicara soal cpns memang tidak mudah, karena untuk menjadi seorang pns harus melalui perjuangan yang tidak sedikit. Tapi ini bagi pns yang melamar lewat jalur resmi lho ya, bukan jalur abal-abal alias menyuap. Itu tuh sekarang kan lagi booming kasus korupsi, semua orang mudah saja disuap demi kepentingan pribadi Yah semoga kita bukan termasuk orang-orang yang seperti itu. Amin. Lain ceritanya dengan kejadian yang aku alami. Bulan lalu aku mengikuti tes cpns, belum diumumkan sih siapa saja yang lolos ke tahap berikutnya, tapi setidaknya aku sudah berusaha sebaik mungkin untuk dapat meraihnya. Mengikuti tes cpns memang tidaklah mudah, aku harus melewati perjuangan cpns bagian 1 dan perjuangan cpns bagian 2.

Ini cerita kelanjutan yang kemarin, bisa dibaca di sini. "-_-"
Dia adalah mas Zaki, penolong kisah perjalananku waktu itu. Mas Zaki adalah seorang penjaga travel di salah satu kota Serang Provinsi Banten. Mas Zakilah orang yang dengan hati tulus ikhlas menolongku dengan memberiku penginapan gratis. Ya gratis, tanpa meminta imbalan suatu apapun mas Zaki mempersilakanku untuk menginap di tempat kerja, karena dia tahu aku sudah berkeliling hotel tapi tidak berhasil mendapatkannya.

Pagi harinya setelah mandi dan dandan yang cantik, aku dan suamiku bersiap-siap untuk menuju tempat tes yaitu di kampus STIE Bina Bangsa Serang Banten. Sebelumnya kami mengucapkan banyak terima kasih kepada mas Zaki yang sudah bersedia memberikan kami tumpangan tempat untuk tidur. Alhamdulillah ya, orang baik di dunia ini memang masih ada. Kami sempat berfoto bersama mas Zaki sebagai kenang-kenangan. Semoga kebaikan mas Zaki dibalas oleh Allah SWT dan diberi limpahan rejeki serta umur panjang amin.

foto bareng mas Zaki (orangnya baik banget :))
Lalu kami berpamitan, berharap masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan mas Zaki lagi. Kami berjalan menyusuri kota Banten. Untuk mengabadikan momen di sana kami pun foto-foto, hehehe.

foto di depan Mall of Serang

foto dekat tulisan "Selamat Jalan Serang Banten"
Selesai foto-foto kami mampir sebentar ke warung bubur ayam untuk sarapan. Wuidiiiihhh buburnya enak banget serius. Kayaknya ini bubur ayam paling enak yang pernah aku makan *lebay. Harganya juga murah, cuma 7 ribu rupiah saja. Kenyang plus nikmat. hehehe Setelah makan dan kekenyangan akhirnya kami memutuskan untuk naik angkot menuju tempat tes, maklum udah tidak kuat lagi jalan kaki. 

Sesampai di kampus STIE Bina Bangsa kira-kira pukul 07.00 pagi, masih ada waktu buat istirahat sebentar karena ujian cpns dimulai pukul 07.30. Karena terlalu asik mengobrol dengan suami aku jadi terlambat masuk ke ruangan, sempat panik karena aku kebingungan mencari tempat duduk yang sesuai dengan nomor pendaftaranku. Suasana hatiku langsung kacau dan gugup bercampur menjadi satu. Akhirnya dengan bantuan petugas aku berhasil menemukan letak tempat dudukku, alhamdulillah.

Sebelum  Ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) dimulai, kami sempat diberi pengarahan oleh panitia pelaksana tes seputar cpns. Aku memang mendaftar sebagai Peneliti Bahasa dan Sastra. Nantinya akan ada 3 kandidat yang lolos untuk mengikuti tes selanjutnya, baru setelah itu akan dipilih satu peserta yang lolos tes untuk menjadi pns. Wow..... dari sekian banyak peserta hanya satu kandidat yang akan dipilih, hikssss sedih banget (semoga 1 peserta yang terpilih itu adalah aku, amin).

Ujian akhirnya dimulai pukul 08.00 waktu setempat. Saking banyaknya jumlah soal sampai aku lupa ada berapa jumlah yang tertera, sepertinya 200 soal, lupa akh. Waktu yang diberikan selama 2 jam. Aiiih susah bener soal-soal ujiannya, banyak yang tidak bisa aku kerjakan. Ada tiga kategori tes yang harus aku kerjakan, yaitu:
1. TKP (Tes Karakteristik Pribadi), semacam tes tentang pendalaman diri sendiri sih, lebih ke karakter kita bagaimana seandainya masuk dalam dunia kerja. 
2. TIU (Tes Intelegensi Umum), ini tes banyak hitung-hitunganya. Logika matematika harus dimainkan bila mengerjakan soal ini. Pusing pokoknya lihat banyak angka, hehehe
3. TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), nah ini soal kebanyakan tentang pelajaran PKn dan IPS. Kalau kita mau belajar dan membaca buku-buku  tentang wawasan umum sih insyaallah bisa mengerjakan. Tapi aku, boro-boro belajar, inget aja tidak hahahahaha.

Waktu yang ditentukan untuk mengerjakan soal sudah selesai, buru-buru ku isi lengkap jawaban yang masih kosong, berharap ada keajaiban yang datang menghampiriku sehingga aku bisa lolos dalam tes ini. Amin Minta doa buat semuanya yaaaa?? :). Selesai mengerjakan soal aku langsung keluar ruangan dan berbagi cerita dengan suamiku. Lalu kami membeli cemilan untuk bekal perjalanan pulang. Kami naik angkot menuju terminal lalu pulang deh.  Bye Serang Banten... See u next time :)

Doain yaaaaa semoga aku lolos :). Spesial thanks to Mas Zaki (yang udah banyak membantu di kota yang asing bagiku Serang, Banten). To be continue again . . . . :)

21 komentar

  1. bener 200 soal 2 jam, suadah cukup membuat otak saya terfosir. dan saya harus menyisihkan peserta 3000an lebih demi 9 kuota yang di butuhkan. ini berharap-harap cemas. tunggu cerita saya juga ya, cerita pengalaman daftar CPNS. baru cari idenya ni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahahaa berarti nasib kita sama, wowo banyak banget pesertanya sampe 3000an ckckckkc
      smg sama2 lolos ya amin
      oke ditunggu cerita km

      Hapus
  2. eh emangnya tesnya gak ada yg sesuai posisi yg dituju, kaya soal TI buat yg ngelamar ke posisi ini itu gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu nanti klo udah lolos ujian TKD baru ujian yg sesuai bidang yg dituju

      Hapus
  3. aku ikut mendoakan semoga lulus ya

    BalasHapus
  4. Kok banyak banget Mei 200 soal? Pake muatan lokal juga ya?
    Cuma 2 jam juga?

    Aku ikut Kemenlu dan KKP, ujian TKD pake sistem CAT, 100 soal waktunya 1,5 jam.
    Yang LJK juga 2 jam tapi gak sebanyak itu jumlah soalnya.
    Buset dah 200 soal cuma 2 jam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku lupa berapa jumlah soalnya, saking banyaknya kok
      tapi kalo waktu 2 jam itu benar
      ya ini semua perjuangan Lia :)

      Hapus
  5. gue juga sebenarnya pengen PNS tapi ribet ya . jadi males.


    mbak kok gaya posenya tetep ajah hahahhha

    gue doain ya mbka semoga keterima

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahaa ya namanya juga perjuangan
      iya nih baru sadar ternyata fotoku gayanya sama :p
      makasih ya doanya

      Hapus
  6. Semangat kaka'.... :D
    semoga diterima... :)

    http://ilhamsixx.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. Genbateeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee...
    Persaingan CPNS itu tak mudah, saling siut dengan kualitas dan kuantitas harta pula..
    jangan kalah sama yang kayak gitu ya.... semangat :)

    BalasHapus
  8. wuidih 200 soal men..
    pokoknya semangat kak mey :D
    enake talah wes rabi ._.

    BalasHapus
  9. wuihh...kayaknya seru ya kalo bareng suami terus...mesranya... *salahfokus
    sipp...200 soal ya...semacam bikin capek mikir..hahaha
    moga lolos mei... :D

    BalasHapus
  10. wih serem bacanya Mei, ahahahaa.... namanya juga perjuangan, semakin besar hasilnya, semakin besar pula perjuangannya. Semoga lolos yah! eh iya, ngomong2 udah ga ngajar lagi nih??

    BalasHapus
  11. semoga lolos tes CPNS nya ya, nnati kalo ke Serang lagi kontek aku ya :D

    BalasHapus
  12. waduhhh sekitar 200an soal banyak juga yah kak Mey.. pusingg dah kayak git mana waktunya cuma 2 jam,, memang perjalanan yang gak mudah tapi saya doain semoga kak Mei lulus, Hmm saya kira udah keluar pengumumannya. Jadi penasaran nih. semoga dapt hasil yg terbaik

    BalasHapus
  13. Akhirnya, bisa ke buka juga blognya kak Mei >.<
    Ehh kak semoga lolos ya tes CPNSnya ^^

    BalasHapus
  14. yeee...akhirnya foto mas zaki nampak juaaa..hihii.mukanya eang udah keliatan kalo baik ya bak Meiii, alhamdulillah bejo banget ketemu orng kek gitu...

    widiiih...boro boro belajarrr?? wadddduuuuh...piye mbak meiii..hehehe.

    bntar bntar, brarti suami cuman nganterin aja gitu mbak meii??

    BalasHapus
  15. wow mbak mey udah mau tes PNS yak ?? gue aja baru mau kuliah , haha
    btw good luck mbak, moga keterima. amin

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis