Rabu, 28 Agustus 2019

Daftar Tempat Wisata Solo yang Sangat Populer

Berbicara mengenai Jawa Tengah, pasti tak asing lagi dengan nama Kota Solo. Apalagi saya pernah tinggal di Solo selama 4 tahun saat menimba ilmu kuliah dulu. Kota Solo ini merupakan kota di Jawa Tengah yang memiliki nama resmi Surakarta. Kota ini juga sangat terkenal di kalangan masyarakat dan wisatawan. Selain latar belakang sejarah yang sangat kental, Solo memiliki pemandangan alam yang keren. Maka dari itu, tempat ini layak dikunjungi untuk melihat langsung wisata dari segi religi, sejarah, budaya, alam, hingga modern. 



Berikut adalah daftar tempat wisata Solo yang wajib teman-teman kunjungi. Seru lho, karena saya pernah menjejakkan kaki di beberapa tempat wisata-wisata berikut: 

👍 Geopark Batu Seribu

Geopark Batu Seribu, sc ig @sukoharjo_makmur

Geopark Batu Seribu termasuk tempat wisata baru di daerah Sukoharjo. Belakangan ini Geopark Batu Seribu sangat diperbincangkan di media sosial, salah satunya terdapat Bukit Sepikul karena memiliki spot alam yang cukup indah. Suasana dengan udara yang segar khas pegunungan masih asri dengan panorama hamparan sawah hijau, berpadu dengan deretan bukit berbatu menjadi sebuah alasan untuk wisatawan pergi ke daerah sini.

Tidak hanya itu, Geopark Batu Seribu sudah terdapat berbagai fasilitas yang menarik seperti gardu pandang, area bermain, camping ground, hingga tersedianya kolam renang. Lokasinya di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Untuk tikrt masuknya hanya berupa parkir kendaraan saja. 

👍 Keraton Surakarta

Keraton Surakarta, sc Traveloka Blog 

Keraton Surakarta merupakan tempat sejarah kota Solo yang didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwono II dengan tujuan untuk menggantikan Keraton Kartasura yang sudah hancur dari peristiwa Geger Pecinan tahun 1743. Saat ini bangunan tersebut digunakan sebagai tempat tinggal Sri Sultan, dan sudah dijadikan sebagai tempat wisata yang sering kali dikunjungi oleh banyak orang.

👍 Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso

Untuk kamu yang menyukai binatang dan ingin menjauh dari kebisingan perkotaan, coba berkunjung ke Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso yang berlokasi di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten  Karanganyar. Kamu bisa bersantai sambil menikmati alam sekitar yang cantik, di sini kamu bisa secara langsung memberi makan ke rusa. Di Taman tersebut juga memiliki banyak atraksi, mulai dari outbound, panahan, dan berkuda. 

👍 Museum Manusia Purba Sangiran

Museum ini persis terletak di Kota Solo, museum ini termasuk museum yang rugi jika kamu lewatkan. Museum Manusia Purba Sangiran berupa museum arkeologi yang ada di Desa Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah. Museum ini sudah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO dengan luas 56 km persegi. Selain dijadikan sebagai tempat wisata, tempat ini juga dijadikan sebagai pusat penelitian arkeolog baik dalam negeri maupun luar yang ingin meneliti kehidupan manusia di zaman prasejarah.

👍 Taman Balekambang

Bagi kamu pecinta tempat wisata dengan suasana alami yang dikelilingi oleh pepohonan hijau dengan udara sejuk, berkunjunglah ke Taman Balekambang yang ada di Jl. Ahmad Yani, Solo. Taman Balekambang didirikan oleh KGPAA Mangkunegara VII untuk kedua putrinya pada tahun 1921 silam, dengan luas 10 hektar.

Taman Balekambang terbagi menjadi dua kompleks, yang pertama kompleks Partinah Bosch yang berupa sebuah rumah dilengkapi dengan beberapa jenis tanaman langka, seperti beringin putih, kenari, apel coklat, dan beringin. Sedangkan kompleks yang kedua, kompleks Partini Tuin (Taman Air Partini). Kompleks ini dihiasi dengan perahu-perahu yang dapat dinaiki oleh pengunjung. Taman ini dijadikan sebagai taman budaya dan seni, edukasi, obyek wisata, taman botani, hingga rekreasi.

👍 Galabo Solo

Kota Solo terkenal dengan bermacam-macam jenis kuliner yang lezat. Wisatawan di sini sangat mudah menemukan berbagai makanan yang sedap untuk disantap sampai tengah malam. Galabo Solo merupakan salah satu jenis kuliner yang harus disantap saat kamu berada di Solo. Lokasinya berada di Jl. Mayor Sunaryo pas di depan Pusat Grosir Solo, Galabo menawarkan berbagai kuliner khas Solo yang murah meriah dan nikmat.

👍 Pandawa Water World Solo Baru


Pandawa Water World Solo Baru sangat berbeda dengan objek wisata Solo yang lainya, karena destinasi ini termasuk destinasi pelesiran modern terletak di tengah Kota Solo. Tempat ini memberikan sensasi wisata seru seperti permainan air atau wahana yang cocok  untuk seluruh anggota keluarga. 

1 komentar :

  1. Baca blogpost mu ini, aku sambil mbayangi berada di lokasi wisata solo yg mbk mei sebutin di atas. Semoga yak

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top