Jumat, 16 Agustus 2019

5 Tips Agar Pengunjung WordPress Semakin Banyak


Beberapa waktu yang lalu, saya pernah menulis mengenai apa itu WordPress dan apa saja kelebihannya. Teman-teman bisa baca dulu di postingannya di sini ya :) Rasanya kalau menulis tentang blogging ini saya jadi makin bertambah ilmunya. Maklum sebelumnya hanya otodidak dan sekarang berusaha baca-baca serta cari ilmu baru.

Cara agar pengunjung WordPress banyak


Ngomong-ngomong soal WordPress, adakah teman-teman pengunjung blog ini yang menggunakan WordPress untuk membuat website? Selain membeli nama domain dan WordPress hosting pasti teman-teman punya pertimbangan tersendiri ya untuk memilih platform website ini. Memang sih WordPress banyak kelebihannya sehingga banyak perusahaan maupun online shop yang menggunakan platform WordPress ini untuk menunjang kredibilitas websitenya. 

Kalau sudah memilih platform tentu banyak sekali blogger yang ingin memaksimalkan pengunjung atau pembaca untuk berlama-lama di website atau blog kita. Saya juga gitu, maunya ada banyak pengunjung blog biar performa makin bagus dan tentu saja tulisan saya nangkring di halaman pertama google.

Nah, kabar gembira buat pengguna WordPress, saya akan sharing beberapa tips untuk meningkatkan pengunjung WordPress. Sebenarnya saya juga sudah pernah menuliskan tips SEO agar trafik naik. Tapi kali ini untuk pengguna WordPress, karena saya yakin makin banyak blogger yang mempercayakan websitenya pada WordPress. 

Jadi apa saja cara agar pengunjung WordPress semakin banyak? Berikut saya jabarkan satu per satu.

Hapus Broken Link

Duh, ini ya broken link emang kadang bikin saya pusing tujuh keliling wkwkwkw. Ya maklum karena broken link itu berpengaruh besar pada trafik blog. Jadi sebenarnya google itu kan sukanya sama blog yang memilki performa yang bagus, nah salah satu syarat blog bagus tuh ya yang jauh dari broken link.

Belum lagi kalau kita mencari informasi atau sesuatu hal ke dalam website, eh bukannya mendapatkan info malah ketemu halaman 404 eror yang nggak bisa dibuka. Kan kesel ya? Hahaha. Kalau saya sih pakai aplikasi Google Webmaster Tools untuk menghapus broken link. Kenapa harus dihapus karena biar gak makin banyak.  Semakin banyak halaman 404 yang eror, makan website atau blog kita akan terindeks oleh google sebagai blog dengan performa yang jelek.

Memanfaatkan Gambar dengan Deskripsi dan Resolusi yang Bagus

Jadi selain tulisan yang bagus, gambar atau foto di WordPress juga wajib bagus. Mengapa begitu? Ya coba deh bayangin kalau kita buka website terus gambarnya acak-acakan atau pecah, ya pasti orang akan malas berlama-lama. Padahal kan bila mau mendapatkan pengunjung yang banyak, tentu harus bisa memanjakan mata para pembaca.

Salah satu cara mempercantik tampilan blog adalah menggunakan gambar dengan resolusi yang berkualitas. Tapi ingat, harus diresize terlebih dahulu karena kalau ukuran gambar terlalu besar juga berakibat menyebabkan website jadi lama. 

Untuk mengoptimalkan gambar dalam WordPress, teman-teman bisa menggunakan plugin WP Optimizer, SEO Friendly, dan Responsive Image. 

Memasukkan Internal dan Eksternal Link

Punya blog atau website yang mau dikunjungi banyak pengunjung tentu harus menggunakan cara tepat. Eksternal link ini juga bisa membantu, caranya dengan memasukkan link dari website lain yang sesuai dengan informasi yang kita tulis.

Selain eksternal, juga ada internal link. Biasanya dulu saya pakai sistem sharing dengan teman, jadi teman nulis informasi yang satu tema dengan saya maka link website saya akan masuk ke dalam blog teman saya tersebut. Begitu juga sebaliknya. 

SSL Untuk Keamanan Website

Ternyata google lebih menyukai website yang mempunyai sertifikat keamanan lho. Jadi yang blog atau webnya belum bersertifikat SSL atau https, ada baiknya diganti segera. Dulu saya juga sudah menjelaskan juga manfaat SSL ini.


Nah, karena WordPress yang sudah berubah jadi https inilah nanti bisa dideteksi dengan mudah oleh google. Semakin sering dievaluasi maka website kita bisa jadi sering muncul juga di halaman depan google. Hal seperti inilah yang menyebabkan pengunjung akan cepat membuka website kita dan berselancar di sana.

 Memasang Plugin Social Media

Plugin Social Media

Ini adalah salah satu cara yang saya gunakan juga untuk meningkatan trafik. Untuk WordPress sendiri, teman-teman juga bisa menambahkan plugin social media seperti facebook, twitter, atau socmed lainnya. Sehingga setelah pengunjung selesai membaca, maka dia bisa sekaligus sharing ke platform lainnya.

Kelebihan plugin ini juga bisa membuat trafik naik, karena semakin banyak yang share maka semakin banyak pula yang buka website kita atau bahkan malah betah berlama-lama di website.

Untuk kelima tips di atas bisa juga diterapkan tidak hanya di WordPress, tetai juga blogspot. Mengingat sekarang WordPress sedang booming, maka dperlukannya hosting untuk menampung berbagai macam konten, gambar, maupun video dengan kapasitas yang jauh lebih besar. Lagi-lagi jika ditanya tentang hosting Indonesia ya yang saya tahu adalah Qwords dot com hehehe. Maklum udah jadi pelanggan lama sejak tahun 2015 :P


Oh ya, tetap ya “Content is the King”! Sebaik apapun plugin WordPress, jurus jitu pasang SEO sana sini, tetap konten harus jadi nomor wahid dan tentu saja no copy paste tulisan orang lain, itu namanya pelanggaran, hahaha.

Oke deh, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat buat teman-teman semua ya, amin. See you on my next post!

Salam,
@meifariwis

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top