Rabu, 28 Agustus 2019

Mencari Informasi Tentang Susahnya Buang Air Besar di SehatQ.com

Teman-teman, adakah diantara kalian yang sering susah buang air besar alias BAB? Kalau iya, berarti kita samaan nih. Suka sebel kalau lama nggak BAB padahal perut rasanya udah penuh banget. Malah kadang kalaupun bisa BAB eh rasanya kok susah banget dikeluarin, hahaha. (Maaf ya bukan bermaksud jorok, tapi saya mau sharing mengenai susahnya buang air ini, haduuuuuw). 

Susah Buang Air Besar


Susah BAB atau bahasa populernya sembelit ini emang sangat menyiksa. Jujur biasanya saya BAB seminggu cuma 2 kali. Awalnya sih biasa aja karena kan dari dulu emang susah untuk BAB, tapi makin ke sini saya kok jadi khawatir ya? Langsung deh googling dan cari tahu kenapa saya jadi susah BAB gini. Akhirnya saya menemukan artikel bagus mengenai faktor susahnya BAB ini di website sehatQ.com

Website SehatQ.com


Di dalam artiket tersebut disebutkan ada beberapa hal yang mempengaruhi seseorang mengalami sembelit, diantaranya:

👉 Kurang mengonsumsi makanan berserat

Ya sih, saya emang jarang makan sayur atau buah, paling cuma beberapa kali dalam seminggu. Itupun nggak konsisten. Jadi ya wajar kalau bikin sembelit.

👉 Kurang cairan tubuh

Kalau untuk urusan minum air putih, saya bisa ikuti. Cuma emang kadang saya malas ambil air minum, efeknya cairan tubuh berkurang sehingga kotoran di tubuh susah dicerna.

👉 Kurang beraktivitas dan olahraga

Terhitung semenjak punya anak memang intensitas saya dalam berolahraga sangat berkurang. Ini adalah salah satu faktor terjadinya sembelit, karena olahraga bisa membantu pergerakan usus, dibandingkan hanya duduk diam saja.

👉 Stres

Stres emang jadi pemicu ampuh buat susah BAB ternyata, saya baru tahu malahan. Kalau stres kan efeknya jadi suka makan makanan sembarangan atau junkfood. 

👉 Sering menahan buang air

Kadang nih saya suka males ke kamar mandi kalau udah sibuk kerja. Ternyata menahan buang air dampaknya bisa menjadikan kotoran di dalam usus jadi banyak dan mengeras.

Bahkan dulu saya sempat berkonsultasi sama dokter di klinik dekat rumah dan diberikan suplemen agar lancar BABnya. Memang ya masalah sembelit ini nggak bisa disepelekan, kalau dibiarkan saja nanti bisa bahaya. Doain ya supaya saya lancar jaya saat BAB, hehe.

Oh iya, bicara tentang artikel yang saya baca di situs SehatQ.com, ternyata website ini nggak hanya menyediakan artikel lho tetapi ada juga fitur chat dengan dokter dan bisa tahu jadwal dokter yang kita inginkan. Jadi lebih mudah sih ya, pelayanan seolah dalam genggaman tangan dan tak perlu mengantre lama di klinik atau rumah sakit.

SehatQ.com menyediakan fitur chat dengan dokter

Nggak hanya nanya ke dokter, tapi fitur tanya jawab forum, jadi kita bisa dengan leluasa sharing di forum gitu. Sama seperti saya ini, ternyata nggak cuma saya aja yang susah BAB tapi ada temennya juga. Tentu tanya jawab seperti ini bisa nambah semangat untuk menjalani pola hidup sehat.

Bisa tanya jawab dengan forum nuga

Selain tanya jawab juga ada berbagai jenis helath tools, booking dokter, dan juga direktori rumah sakit. Pas saya buka websitenya nih, langsung muncul beberapa direktori rumah sakit dan klinik terdekat. Wah keren banget ya situs ini, hahaha. Saya sampai kaget kok bisa tahu ya rumah sakit terdekat dengan rumah saya. Wow, sungguh saya takjub luar biasa. Ternyata mengakses informasi kesehatan jadi semudah ini.

Direktori rumah sakit atau klinik terdekat

Dan yang makin bikin saya terharu, di situs sehatQ.com juga ada berbagai jenis macam obat dari A sampai Z. Ini saya yang awan tentang obat-obatan begini jadi sangat terbantu. Iseng-iseng saya klik jenis obatnya eh muncul deh keterangannya. Jadi misal saya mau beli obat seperti Dulcolax tablet seperti saat saya sembelit kemarin, pas saya klik langsung muncul gambar obat dan indikasinya lho.  

Keterangan mengenai obat-obatan

Beneran ya semakin berkembangnya zaman, teknologi ilmu kedokteran seperti inipun bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Tentu saja saya senang karena selain membantu mendapatkan informasi dari artikel-artikel yang kredibel, saya juga bisa chat dokter dan janjian untuk diskusi. Ah senangnya.

By the way, yang mau kenal lebih lanjut mengenai sehatQ ini, sila kunjungi akun socmednya ya.

FB: SehatQ Indonesia
Twitter: sehatq
Instagram: sehatq_id

Semoga artikel ini membantu :)

Salam,
@meifariwis

3 komentar :

  1. Wah memang memudahkan sekali nih ya Mbak kalau ada website kesehatan begini

    BalasHapus
  2. Sekarang memang serba memudahkan nih ya Mbak. Untuk masalah kesehatan ini bisa dilihat hanya dari smartphone atau laptop

    BalasHapus
  3. Sering menahan buang air itu juga memang bisa menjadi penyebab susahnya buang air nih ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top