Sabtu, 03 Agustus 2019

TIPS MERAWAT SABLON KAOS DENGAN BAIK

Ada beberapa jenis sablon kaos yang kini banyak dijumpai dan dimiliki dengan mudah oleh masyarakat. Biasanya beberapa jenis sablon disesuaikan dengan selera pelanggan baik dari jenis dan harga yang ada. Tentunya beberapa jenis sablon kaos memiliki kualitas dan ciri yang berbeda. 



Setiap produk sablon kaos tentu memiliki ciri khasnya tersendiri sehingga memiliki tata cara perawatan yang berbeda-beda pada tiap produknya. Hal ini dimaksudkan agar produk tersebut tetap dalam kondisi terbaik meski sudah dipakai lama. Melalui artikel ini saya akan menjelaskan beberapa tips agar teman-teman bisa merawat sablon kaos karet dengan baik.

Beberapa Poin Dalam Merawat Sablon Kaos Berbahan Karet

Ada beberapa hal penting yang bisa anda perhatikan untuk merawat priduk sablon kaos karet dengan baik. Diantaranya ada pada poin berikut: 

👉 Penyimpanan Sablon Kaos Karet

Produk kaos sablon bahan karet memiliki cara penyimpanan yang tidak jauh berbeda dengan pakaian lainnya. Tentunya produk kaos sablon karet disimpan dengan rapi pada tempat penyimpanan seperti almari pakaian atau tempat lain. 

Teman-teman bisa melipat dan memposisikan kaos dengan hati-hati, misalnya saja sisi luar kaos dibuat masuk ke dalam. Setelah melakukan hal tersebut, kita bisa menyimpannya pada tempat yang tersedia dengan ditumpuk dengan pakaian lainnya.

Selain disimpan dengan ditumpuk, kaos sablon karet bsia digantung dengan menggunakan hanger. Teman-teman bisa menggantung kaos dengan mengubah posisi sablon bagian luar ke dalam agar cetakan sablon tidak bersinggungan dengan pakaian lainnya. Setelah itu bisa menyusun pakaian lainnya dengan rapi pada almari yang tersedia.

👉 Pencucian Sablon Kaos Karet

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencuci sablon kaos berbahan karet. Yang pertama adalah hindari mencuci dalam waktu yang lama apalagi bila mencucinya menggunakan detergen karena dapat merusak cetakan sablon. Poin kedua adalah jangan menyikat kaos saat mencuci, apalagi menggosoknya dengan keras menggunakan alat cuci lainnya. 

Ada baiknya kita mencuci dengan merendamnya selama 15 menit. Kalau mengucek kaos harus dengan perlahan dan hati - hati ya. Bisa juga menggunakan mesin cuci lalu atur kecepatan mesin cukup sedang dan dalam kecepatan sedang, waktu singkat, serta kurangi detergen agar pakaian tetap dalam kondisi baik. 

👉 Pengeringan Sablon Kaos Karet

Selain mencuci dengan hati-hati, kita juga perlu tahu bagaimana mengeringkan kaos sablon berbahan karet dengan baik.  Seharusnya kita menghindari menjemur kaos dengan sinar matahari langsung dan jemur pada ruangan yang sejuk. Hal ini karena panas matahari bisa merusak cetakan sablon kaos. Biasanya cetakan akan menjadi pecah sehingga tampilannya tidak bagus seperti semula.

Selain itu kita juga perlu memperhatikan waktu penjemurann kaos, usahakan menjemur kaos tidak lebih dari 30 menit agar tidak merusak sablon yang ada. Kita juga harus menggunakan hanger apabila ingin menjemur pakaian yang ada. Bila terpaksa menjemur di bawah sinar matahari langsung, maka kita bisa membalik sablon kaos di posisi dalam agar tidak terkena panas langsung matahari. 

👉 Menyetrika Sablon Kaos Karet

Teman-teman bisa kok menyetrika kaos sablon berbahan karet dengan beberapa perlakuan khusus. Kita bisa melapisi sablon kaos dengan bahan lain seperti kain lain sebelum disetrika. Hal ini agar panas setrika tidak langsung menyentuh bagian sablon kaos karet yang cukup lengket.

Selain melapisi kaos, anda harus menghindari tumpang tindih kain kaos saat setrika agar cetakan sablon tidak menempel di bagian lain. Kita juga bisa menggunakan pewangi atau pelicin pakaian pada sablon kaos karet anda agar kaos anda tidak lengket saat disetrika. 

Produk terbaik tentu harus dirawat dengan cara yang tepat, termasuk pada sablon kaos karet yang teman-teman miliki. Dengan melakukan beberapa hal di atas, saya yakin pakaian teman-teman akan awet dan terasa selalu seperti baru setiap harinya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membacanya ya.

Salam,
@meifariwis


1 komentar :

  1. Terimakasih tipsnya mba. memang sulit merawat kaos sablon. mungkin setelah mambaca tips ini paling tidak bisa menjadi acuan untuk perawatan. Dan mungkin bisa mencari jasa sablon kaos yang kredibel.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top