Kamis, 29 Agustus 2019

Agar Website Menjadi Viral

Punya impian website kita jadi viral? Bisa. Apa sih yang nggak bisa di era serba digital ini, ya nggak? Hehehe. Tapi viral apa dulu nih? Tentu tulisan saya ini akan lebih fokus ke target marketing yang positif ya, misalkan memviralkan tentang fashion, kerajinan tangan, kisah hidup atau biografi, prestasi, pendidikan, dan lain sebagainya. Nah, salah satu cara supaya cepat viral itu ya meningkatkan traffic website.




Website yang gimana nih? Bebas. Ya website kan ada banyak nih, tinggal pilih aja apa yang dimau. Website tentang jual beli online, website tentang blog pribadi, website tentang kesehatan, atau lain-lain yang ingin kita tingkatkan trafficnya.

Tetapi perlu diingat, website yang kita pilih tentu butuh traffic supaya tetap bisa eksis dan website yang kita gunakan itu banyak dikunjungi orang alias viral.


Mengapa traffic penting?

Ya kali mau viral tapi nggak ada traffic alias pengunjungnya. Ya sama aja bohong dong, hahaha.
Maksudnya begini, traffic website itu penting karena ada alasan seperti “Traffic menjadi tolak ukur sukses tidaknya suatu website. Semakin banyak yang berkunjung, maka traffic yang dihasilkan pun akan jadi banyak, begitu pula sebaliknya.”

Lalu cara apa yang bisa dilakukan agar website pilihan kita itu cepat melejit?

💙 Menggunakan Teknik SEO

Optimalisasi SEO dalam sebuah website memang sangat diperlukan untuk membantu website jadi di halaman pertama mesin pencarian. Saya dulu pernah menjelaskan seluk beluk SEO ini di tulisan “ini” ya, silakan diklik. 

💙 Manfaatkan Social Media untuk Share Artikel dari Website

Share ke social media

Sebenarnya memainkan socmed itu bagaikan pisau bermata dua, ada untung dan ruginya. Tapi selama niatan baik agar pengunjung banyak yang klik atau baca website kita ya dengan share ke social media. Selain praktis, socmed ini juga gratis lho.

💙 Riset Keyword

Ini juga yang selalu saya terapkan, riset, riset, dan riset. Kira-kira keyword apa sih yang banyak dicari oleh orang-orang sekarang ini? Contohnya dengan kata kunci daycare, lalu saya cari turunannya sehingga apa yang saya riset ini bisa dicari oleh banyak orang. Hal tersebut otomatis bisa membuat pengunjung website melonjak.

💙 Ikutan Blogwalking

Bila website yang kita kelola berupa web pribadi, bisa banget nih ikutan list blogwalking dengan sesama blogger. Saya sendiri juga selalu mencobanya berharap traffic web tetap berada di posisi yang aman dan itu terbukti. Meski tidak menjamin 100% blogger bakal blogwalking ke website kita, tapi ini adalah salah satu cara yang bisa menaikkan traffic.

💙 Tulis Judul yang Heboh dan Menarik

Tapi ingat jangan asal click bait ya nanti kasihan yang baca website kita merasa tertipu, hahaha. Tapi bener sih, kalau bikin judul yang fenomenal pasti akan banyak pembaca yang klik website kita dan akhirnya baca-baca.

💙 Tambahkan Infografis, Gambar, atau Video

Tampilkan infografis biar menarik

Supaya tambah meyakinkan pembaca, kita juga bisa menambahkan berbagai jenis foto maupun infografis. Saya yakin orang akan lebih tertarik dengan website yang memiliki tampilan visual yang oke.

💙 Website yang Responsif

Sebelum menerbitkan sebuah tulisan dengan maksud viral, kita harus memperhatikan website kita tuh responsif nggak sih? Buka dibuka cepat via hape atau nggak ya, dan lain sebagainya. Website responsif begini memungkinkan orang untuk mengklik tulisan yang lainnya juga.

💙 Menggunakan Domain dan Hosting Terpercaya

Ya namanya mau viralin sebuah tulisan ya kudu modal dikitlah, hehehe. Caranya bikin websitenya dengan nama yang kredibel dan sudah TLD, bukan yang gratisan lagi. Pun juga hosting yang dipilih, hosting Indonesia yang sudah dipunyai oleh banyak blogger dan pelanggan wiraswasta yaitu Qwords.com. Mau tahu lebih lanjut tentang hosting murah ini, klik saja Qwords dot com yah. Ssssstttttttt saya juga pelanggan setia Qwords lho, silakan japri kalau mau nanya-nanya, hihihi.

💙 Aktif di Komunitas Blogging

Semakin banyak berinteraksi dengan influencer atau komunitas-komunitas blogging, otomatis membuat kita bisa saling kenal dan efeknya bisa lebih intens share link. Semakin banyak berbaur dengan komunitas, website yang kita branding juga bisa meningkat.

💙 Buat Tulisan Semenarik Mungkin

Kalau emang hobinya tentang masak, pilih niche masak dan kembangkan dengan tulisan yang menarik dan relevan. Atau kalau mau bahas tentang dunia fashion atau beauty, bisa dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga pembaca akan lebih leluasa main di website kita.

💙 Bikin Guest Blog

Maksud guest blog ini supaya kita bisa menulis di website teman ataupun sebaliknya. Jika sudah begitu maka akan ada pengunjung dari dua website sekaligus. Tentu hal ini akan membantu meningkatkan traffic.

Nah, kalau sudah menerapkan cara-cara di atas dan sudah mulai share link dengan berbagai caption menarik, besar kemungkinan website yang kita bangun akan semakin banyak dikunjungi. Tapi jangan lupa, viralnya sebuah website harus diikuti dengan kinerja blogging yang bagus.

Sayang aja sih kalau udah viral tapi kualitas atau konten tidak semakin ditingkatkan. Ini sih berkaca pada diri sendiri ya, hehehe. 

Jadi tinggal pilih, mau viral pakai cara yang mana? Monggo dicoba hehehe.

Salam,
@meifariwis

3 komentar :

  1. Selain konten yang dibuat itu menarik. Judul juga harus dibuat yang menarik juga nih ya

    BalasHapus
  2. Wah bagus banget nih Mbak informasinya. Terima kasih ya Mbak atas tipsnya

    BalasHapus
  3. Memang kalau memberikan judul itu sebisa mungkin harus menarik ya atau bahkan bikin penasaran gitu hihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top