Senin, 03 Februari 2014

Ketika Duri Ikan Nyangkut di Tenggorokan

Assalamu'alaikum :)

Jam menunjukkan pukul 12 siang waktu setempat, itu artinya saatnya jam makan siang. Setelah pelajaran selesai buru-buru anak-anak berhamburan keluar kelas untuk makan bersama. Sebagai guru yang baik aku selalu menemani makan anak didikku. Ku pilih tempat duduk dekat dengan murid-muridku setelah mengambil makanan yang memang sudah disediakan dari pihak sekolah. "Hmmmm...menu kali ini ikan, enak nih" gumamku.


Saat asik mengunyah makanan tiba-tiba duri ikan nyangkut di tenggorokanku. Awalnya biasa saja sih soalnya dulu juga pernah ada duri ikan nyangkut di tenggorokan, tapi setelah minum yang banyak atau makan yang banyak durinya akan hilang dengan sendirinya. But, berbeda dengan ceritaku kali ini.

Hari pertama,
Duri ikan masih nyangkut di tenggorokan dan aku tetap membiarkannya. Toh nanti bakalan hilang sendiri.

Hari Kedua,
Masih terasa sakit. Hati rasanya gelisah tapi tetap tak mau bercerita dengan orang lain. Masa iya cuma duri nyangkut saja harus koar-koar ke semua orang.

Hari ke tiga,
Saat jam pelajaran dan memberi penjelasaan kepada anak didikku, duri yang nyangkut di tenggorokanku semakin tidak bersahabat. Setiap aku berbicara pasti ada rasa sedikit "nyengkring" dan itu sakit banget. Akhirnya aku cerita dengan murid-muridku, bukannya memberi solusi mereka semua malah menertawaiku, hadew :).

Hari ke empat,
Karena tak kuasa menahan sakit, akhirnya aku cerita dengan beberapa rekan kerjaku. Mereka menyarankan agar aku makan nasi yang telah dibentuk menjadi bola-bola besar lalu ditelan bulat-bulat. Lalu aku mencoba saran mereka dan hasilnya NIHIL. Duri ikan tetap nyangkut sempurna di tenggorokanku. Hiks-hiks.

Hari ke lima,
Baru di hari kelima ini aku bercerita dengan suamiku perihal duri ikan. Suamiku tertawa dan tidak percaya padaku, alasannya duri ikan kok nyangkut di tenggorokan lama banget. Lah? Terus aku harus gimana coba? Bukannya dibantu ini suami malah gak percaya. Aku kudu piye? Setelah merengek-rengek karena kesakitan akhirnya suamiku berinisiatif untuk mencari cara menyembuhkan sakit tenggorokan akibat duri ikan nyangkut. Lalu apakah yang harus aku lakukan saat ada duri nyangkut di tenggorokan? (menurut internet, ada beberapa cara untuk menyembuhkannya) kemudian aku rangkum menjadi seperti berikut ini:

1. Makan dan minum yang banyak.
Seperti penjelasan teman-temanku, maksud makan banyak disini aku disuruh makan dengan nasi yang dibuat bola-bola lalu ditelan. Setelah itu minum yang banyak. Insyaallah duri yang nyangkut tersebut bakal lenyap seketika.

Setelah membaca tips-tips dari internet aku langsung mengajak suamiku untuk bergegas ke MC'D untuk membeli nasi. Kan enak tuh makan di MC'D sambil ngobatin tenggorokan? hihihi.

2. Oleskan minyak telon / minyak sayur ke bagian tulang ekor.
Baru membayangkan saja aku sudah ilfeel. Hahahaha. Namun karena sakit di tenggorokan tak kunjung sembuh akhirnya tips kedua ini aku coba juga. Katanya sih setelah dua hari sakitnya akan sembuh, tapi yang aku rasakan sama saja. TENGGOROKANKU TETAP SAKIT MEEEEEEN!!!

3. Berdoa pada Tuhan.
Ya elah nie tips mengena banget. Bener juga sih kalau kita sakit itu minta pertolongan sama Tuhan semoga sakit yang kita derita segera hilang. Tapi ya namanya doa tanpa usaha itu sama juga bohong. Alhasil duri ikan itu semakin menjadi-jadi sakitnya :(.

4. Pergi ke THT.
Ini nih yang paling aku takutkan, gegara duri nyangkut aku harus ke THT. Tapi setelah berunding dengan suami ku putuskan untuk tidak pergi ke dokter. Aku takut nanti bayarnya mahal hahaha.

Hari ke tujuh,
Setelah beberapa tips dari internet aku coba dan tidak membuahkan hasil, aku hanya bisa pasrah pada Tuhan. Sungguh menderita bila ada duri ikan di tenggorokan. Selain sakitnya tak tertahankan, ternyata lama kelamaan bisa menyebabkan panas dalam dan akhirnya sakit. So, bagi kalian yang tenggorokannya tersangkut duri segeralah lakukan pertolongan pertama ya. Takutnya nanti infeksi.

Akhirnya di hari ke delapan, sembilan dan seterusnya sakit di tenggorokan berangsur membaik. Aku tak tahu persis bagaimana ceritanya si duri bisa hilang dari tenggorokanku, mungkin mukjizat kali ya? hahaha. Pesanku jangan sesekali menyepelekan duri nyangkut di tenggorokan ya :). Gimana apakah kalian pernah mengalami kejadian yang sama sepertiku? terus solusi apa yang kalian gunakan untuk menghilangkan duri tersebut? share ya . . . . :p :p :p


Salam,
@meifariwis

66 komentar :

  1. saya waktu kecil sering kesangkut duri ikan di tengorokan, sakit banget, tapi berlangsung hanya sebentar karena pas nyangkut langsung dicekokin air banyak2 sama ibu. gak pernah sampai berhari2.
    kalau pas udah gede dan kesangkut duri terus lama sembuhnya, paling saya nelan2 ludah banyak2 sambil gerak2in jakun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ternyata pernah mengalami juga yaaa
      walau udah dikasih makan banyak tapi tetep gak sembuh2 hehehee

      Hapus
  2. sering juga mbak, tp biasanya durinya tuh bakal langsung ke perut krn gerakan peristaltik dari esofagus,, yg bikin sakit itu karena durinya sempet buat luka kecil di daerah tenggorokan.. kan ada asam dari lambung yg biasanya naik pas makan atau terkena air liur, sehingga rasanya seperti rasa perih..

    tp bagus deh udah sembuh hehe

    yok mampir balik yaa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih, tapi kalau lama di tenggorokan ya sakit juga
      yup alhamdulillah skg udah sembuh :)

      oke

      Hapus
    2. saya tertelan sisik ikan mujair di tenggorokan saya, saya bingung harus bagaimana

      Hapus
  3. Biasanya malah menjadi rdang tenggorokkan ya, Mei.
    Saya pernah tuh kek gitu. Terus, setelah bangun tidur (masih diatas tempat tidur), saya langsung minum air putih yang sebelumnya say ataruh dibawah tempat tidur. Cukup dua gelas saja. Setelahnya, legaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa Idah bener banget, kemarin aku terkena radang gegara duri ikan ntu hahahaha
      wah enak bgt kamu langsung hilang, aku lama bgt

      Hapus
  4. Jadi inget pas kecil pernah gitu, duri ikan mas. Sampe sekarang masih trauma kalo makan ikan. :v

    BalasHapus
  5. lumayan lama juga duri ikannya nempel ditenggorokan. Saya biasanya cuma beberapa menit aja udah hilang, ini smapai beberapa hari, jangan-jangan emang durinya yang kamu makan mei, gak ada dagingnya :)

    tapi emang bener, kalo duri ikan nyangkut paling banyakin makan aja, biar duri ikannya kebawa sama makannya. Kalo udah smapai ke THT itu parah bener kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini lama banget Bay, susah ngilanginnya untung skg udah sembuh hehehe
      aiih masa iya aku makan duri?? hmmmm
      iya gak sampai ke THT alhamdulillah

      Hapus
  6. aduh kamu tergolong penderita duri ikan tersangkut level 'waspada' donk???
    kok ampe berhari2..wah ngeri.,
    palagi jd guru..otomatis butuh suara banget nget ngeet.
    tapi syukurlah dah sembuh.

    aku pernah ada duri ikan (untung bukan hiu) nyangkut di tenggorokan.
    semleman gak ilang.
    untung bsoknya udah gak lg
    -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya level siaga malah hahaha
      wah kalo duri ikan hiu bahaya donk

      Hapus
  7. owalah mbak Meii aku jadi inget yg status BBM mu kala itu..hahaha ternyata ada duri nyangkut toooh...tapi emang bener yak lama banget tuh duri ga bisa move on..alhamdulillah ilang dengan sendirinyaaak..aku jga baru tau kalo persoalan duri bisa ke THT segala..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu kemarin yang ada di status bbmku Meyk hehee

      Hapus
  8. paling serem kalo ada yang nyangkut ditenggorokan gitu, sakitnyaaa... ya namanya juga anak2 kak kalo kaya gitu pasti yang pertama mereka lakukan ya ketawa :D alhamdulillah aku belum pernah (dan jangan sampai) soalnya aku kalo makan ikan nyari yang ga ada tulangnya sih hihi

    BalasHapus
  9. nah, aku biasanya ya makan nasi itu kak..terus minum yang banyak..kalo ga bisa ya *maaf* dimuntahin..heheheheee

    BalasHapus
  10. aku pernah kak.. kalo ga salah 3 hari deh baru bener2 ilang tulangnya.. nyiksa banget pas nelen.. minum ajah susah apalagi makan.. tapi gatau juga waktu itu tulangnya ilang gegara apa.. mungkin kayak kak mei bilang, mukjizat :)

    BalasHapus
  11. yang kedua itu loh kak mei, kok aku nggak ngerti yaa, apa hubungan tenggorokan sakit sama ngolesin minyak telon ke tulang ekor :D
    untungnya aku nggak doyan ikan, jadi nggak akan kejadian kayak gitulah :p hahahah

    BalasHapus
  12. iya kak mei..harusnya jangan diremehin dari awal...jadi susah sendiri kan akhirnya...hihihi
    yang biasanya paling mempan itu yang pake bola2 nasi...kalo yang pake minyak sayur itu aku baru denger... --"

    BalasHapus
  13. kadang yang kecil itu malah mengesalkan yaa...
    tapi lama banget tuh, semoga ga keulang lagi yaaa ~~ ^^

    BalasHapus
  14. Pernah mengalami yang seperti itu kemarin.:)

    Dari orang dulu ngasih solusinya kita ambil nasi sedikit, kemudian dikepal kepal terus ditelan tanpa dikunyah. Katanya ntar durinya ngikut. Saya udah coba cara itu dan enggak berhasil.

    Sama kaya Mei. Saya akhrinya pasrah setelah 3 hari enggak sembuh. Dan saya, enggak mau makan ikan yang banyak durinya lagi, kecuali ikan tuna :D

    BalasHapus
  15. aku juga pernah kok Mei,kayaknya duri nya memang udah bablas deh. Mungkin karena lukanya yg agak gede jadinya sakitnya ga ilang-ilang.. tips nya, jangan sangkutkan duri ikan di tenggorokan! yo males Mei, hahahaha

    BalasHapus
  16. Eh duri ikan nyangkut di tenggorokan gaboleh di sepelein kak.
    Itu aku yakin gak bisa ilang-ilang lantaran nyangkutnya posisi melintang di tenggorokan. Test aja masukin tusuk gigi ke dalem botol minum yang diameter nya sama dengan tusuk gigi itu, nyangkut dengan sempurna.
    Nah bayangin itu duri nyangkut di tenggorokan, aiiih ngeri kali baaah.

    Pernah sih aku mengalami kejadian yang sama, cuma mungkin lantaran duri nya nyangkut gak terlalu melintang, tinggal minum, wuuuuz ilang seketika.

    BalasHapus
  17. bener2 tuh mba si duri ikan kalau ga diatasi bener2 menyiksa..sakittt bangettt

    BalasHapus
  18. Aku udh dua hari ga ilang, rencana mau aku biarin aj, buat makan msh bisa, tp sakit.. nnti ilang sendiri kan ya kak?

    BalasHapus
  19. jadi apa yang akhirnya mba lakukan setelah nyoba semua tips di internet yang ternyata ngga membuahkan hasil? di diemin 8 hari? ;(

    BalasHapus
  20. Aku jg lagi ngalamin hal ini duri nyangkut di tenggorokan :-( g taubmusti gmn udh 4 hari dN sakit bgt kalian ada solusi

    BalasHapus
  21. Ane baru aja ketulangan gan.. Krn makan lele.. Tu duri nancep dalem bgt di dalem tenggorokan ane.. Ane ke dokter THT mau di pinset eh ane malah mau muntah.. Wkwk.. Akhirnya cuma dikasih antibiotik deh dan ane kesiksa bgt selama terjadinya si ketulagan.. Ane sabar2in akhirnya hari ke 5 tulang itu pun ilang dan lapuk sendiri.. Ane uda takut bgt mau di oprasi di sodok2 pake alat dokter... -,- ogah bgt gan.. Walau sgala cara makan nasi kepal, minum, dll sudah saya lakukan.. Ttp aja tuh gan.. Saran ane sih ya ente ttp harus beli antibiotik untuk mencegah terjadinya radang dan infeksi.. Tp dont worry, tulang ikan itu gakan bertahan lama di tenggorokan kita kok, dia akan hancur dgn sendirinya dgn berjalannya waktu :)

    BalasHapus
  22. Haha duri yg nyangkut di tenggorokan saya itu melintang panjang sekali.. Hari ke 3 tulang itu putus setengah.. Kemudian hari ke 5 ilang sendiri.. Walau tiap hari harus menahan rasa sakit :( tp akhirnya.. Alhamdulillah ilang :) tp menurut islam, jika seorang muslim terkena musibah ketulangan.. Hal itu juga bs menghilangkan dosa kecil kita

    BalasHapus
  23. Emng bis ilng sndri y...solny udh dmnumin bnyk mkn pun byk tp ttp aj gk ilang"..gk sakt sih cuma serasa gnjel

    BalasHapus
  24. Saya sudah 2 hari ini ngrasain duri nyangkut melintang di tenggorokan sakit banget, cara cara di internet sudah dicoba, apakah ada saran buat ngatasin duri ikan ini ?

    BalasHapus
  25. rasanya nggak enak banget tuh, kalo ane langsung korek aja tenggorokan pake jari.

    BalasHapus
  26. Bru aja ketulangan ikan gabus 😭
    Sakiitnyaa~
    Utk mkn sih enak aja.. Tapi kalo udh ngoap lebar2 krna ngantuk.. Terasa sakitx.. Ini udh jln hari ke 3.. Moga cepet sembuh aja

    Aplgi kalo ane lgi bersin,. Ya ampun.. Rasa bengkak di tenggorokan😭😭

    BalasHapus
  27. baru sejam yang lalu ada duri ikan lele nyangkut di leher..rasanya huhuhuhuhuhuhu..atittt

    BalasHapus
  28. Aku juga ngrasain ini duri ikan bandeng bejibun sakitnya, aku kaca in kelihatan lagi, hihhhhh bikinn gemes pengen ambil, tapi kalo di ambil pakek tangan ingin muntah lagi apalagi ini puasa haduuhhhh capek nahan.....

    BalasHapus
  29. Semalam aku baru kejadian nyangkut duri ikan mas saat makan malam, durinya memang kecil tapi sekali nyangkut banyak. Terasa banget nyucuk2nya ditenggorokanku. Terpaksa harus nelan ludah berkali2. Masalahnya puasa batal apa gak ya. Segala cara udah dicoba tapi masih aja gak hilang. Nnti setelah berbuka aku coba cara lain. Mungkin cara mei layak untuk dicoba. Mdh2an tdk sampai 8 hari menahan sakitnya seperti mb mei.

    BalasHapus
  30. Saya juga nih..gara2 makan ikan asin gabus akhirnya ketulangan...sudah 2 hari masih kerasa kalau nelan..gak berani minum obat karna sedang hamil 7minggu...sedih banget..kl lg gak hamil sih gak se khawatir ini... semoga gak sampai 8 hari kaya mba mei...

    BalasHapus
  31. Justru sekarang ini saya ketulangan, semua tim udah saya coba ah belum berhasil sampai perutku penuh air dan makanan, tolong deh tipe apa lagi

    BalasHapus
  32. Saya baru mengalaminya..gak makan ikan tapi bisa ketelen tulang ikan dan lebih nyeseknya lagi tulang itu nyangkut di tenggorokan..rasanya gak enak banget..nelen dan ngomong aja berasa sakit..amit2 deh gak lagi2 yg bgtu..
    Day 1 : berasa ada yang tajam2 di tenggorokan..gak enak gitu..trus di muntahin tapi tetep aja sakit...hasil googling di ikutin tapi nihil 😭
    Malem nya ke dokter THT tapi kata dokter gak ada yang nyangkut. Di kasih lah obat infeksi tenggorokan.

    Day 2 : gak berasa lagi sakit nyaa. Udah senengg banget...ehhh taunya kumat lagi pas malem..berasa sakit nelen..

    Day 3 : seharian sakit..pas sampe rumah di senterin lah tenggorokan dan saya melihat tulang ikan..OMG..tertancap sempurna..langsung buru2 ke dokter THT..buat di ambil..
    Amittt2 deh..jangan lagi2 yg bgtu..😇😅

    BalasHapus
  33. Aaaah,,,
    Saya sekarang sedang ngalamin ini semuaa,,,
    Sakiiit bangeet,,,
    Besok klo blum sembuh ke dokter aah,,

    BalasHapus
  34. Aku sekarang juga lagi ngalamin hal serupa, tadi malem makan ikan lele, eh gatau nya duri nya nancep di tenggorokan, sampe sekarang masih sakit banget sampe tenggorokan ku ikut sakit ini, aku gak tau lagi harus gimana, udah minum air banyak ,udah makan pisan ,tetep aja gak bisa ilang

    BalasHapus
  35. Gw umur 12 tahun,awalnya sakit skali gw gk tau harus gmn

    BalasHapus
  36. Gw umur 12 tahun,awalnya sakit skali gw gk tau harus gmn

    BalasHapus
  37. Alaaaaamaaaak sakit banget ne...udah 4hari ini duri bandeng nyangkut di tenggorokan.semua tips hasil googling ga kasi hasil...mo ke THT googling dulu liat alatnya aja udh mringis duluan...cm takut infeksi aja ni.tp apa iya bener tu tulang akan ancur n sembuh sendiri?soalnya ni tenggorokan udh berasa tebel banget.sakitnya minta ampun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trus gimana hasilnya ?? Saya kena duri blm ada satu hari sih cm sdkt memgganggu... saya takut klo sampai ke THT

      Hapus
  38. Ini yang aku rasakan hari ini kak , luar biasa sakitnya aku sampai muntah" gara gara duri yang nyangkut...nggak enak sekali

    BalasHapus
  39. Saya kena duru ikan bandeng dr kemarin jam satu an .. kalau buat nelen (santai) ngga begitu sakit. Tp ketika sholat baca huruf tenggorokan sakit sekali. Saya sudah mencoba beberapa cara di internet tp blm ada hasilnya. Apa iya duri ikan bisa hilang dgn sendirinya.. mohon minta penjelasannya. Saya takut infeksi ...

    BalasHapus
  40. bahaya nih tulang ikan saya pernah nie ketulangan kata orang tua tua dulu soal nya sebelum makan gak baca doa dulu makanya ketulangan..

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Wa'alaikumsalam mbak, mudah-mudahan ke depannya ndak kesangkut duri ikan lagi ya tenggorokannya, aamiin. Thanks for sharing, btw.

    Salam,
    Rava.

    BalasHapus
  43. Saya ketulangan nih, dan tulangnya gede gimana dong:(

    BalasHapus
  44. Saya ketulangan nih, dan tulangnya gede gimana dong:(

    BalasHapus
  45. Saat ini aku menderita yg sm duri ikan ttp nyangkit di tenggorokanku parahny tenggorokan bagian smping jd nelen nasi dll jg percuma cos nasi yg ku telen lewatny bgian tengah ngg ke samping hr ke,dua ak sempet pergi k ugd lalu d xray tp sygnya ity duri ngg trlihat d xray lalu aku d rujuk lagi intuk melakukan endoscopy tp hslny nihil itu duri msh ajj nyangkut tp mrka blg ngg trlihat ad duri ikan nyangkut d tenghorokan skrg udh hr k 8 msh anj tu duri d tenggorokan tkt sih iya tp mesti gmn k dktr udah xray jg udah endoscopy jg udh tp duri nya masih,,, mmng nhg trlalu skt tp terasa ad yg nusuk nusuk d tnggorokan klo lg ngomong n nelen mknan

    BalasHapus
  46. Saya juga ketulangan udh coba makan nasi bulat" terus minum air banyak,nelen bolu gumpalan gede sama makan pisang dan udh saya muntahin tapi tetep NIHIL ,kmren ke klinik deket rumah tapi mereka gada alatnya jdi cuma diperiksa terus masa dikasih obat nyeri perut,,terus hari ke 2 makin sakit dan kayak bengkak gtu rasanya jdi saya ke dokter THT dokternya cuma periksa pake alat kaca pembesar gitu bukan pake alat kamera yang dimasukkn tenggorokan,dia bilang cuma bekas nya aja tulangnya udah gada,pdhal jelas jelas rasanya masih kayak ada tulangnya nusuk,kalo ngomong dan makan terasa nyeri banget,saya ampe takut sndri dan jadi trauma sama ikan

    BalasHapus
  47. Kalau kena duri ikan tipsnya gampang tinggal pakai bijii kedondong iket sama tali telan bijinya tarik telan lagi tarik lagi insyaallah berdarah hehehe

    BalasHapus
  48. Saya juga ka tulang ikan roa yg kecil nyangkut di sebelah kiri leher sakitnya pas nelen, apa bisa hulang bgtu saja kah ?

    BalasHapus
  49. tulang ikan nyangkut d tenggorokan..udah nyobain sgala macam d google ttp masih sakit..bsoknya coba makan gehu (tahu pake tepung) panas..alhamdulillah sakitnya menusuknya ilang tp kerasa masih ada yg ngehalang..huhu..mudah2n cepet sembuh..amien

    BalasHapus
  50. blog kita agak mirip dikit deh mba, ngasi tips lewat sebuah cerita. semangat terus yaa..

    BalasHapus
  51. Sya lgi tersangkut duri ikan nih, dari kmrin, smlam kirain udh ilang, taunya pas srapan pagi msih terasa duri ikannya. Bgi tips dong, udh cari d yt sama gogel tpi nihil semua

    BalasHapus
  52. lg ketulangan ikan kembung di samping kanan nempel gt tp ga sakit gimana caranya ngehilanginnya keliatan juga tulangnya. tolong tipsnya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :)

Back to Top