Ketika Duri Ikan Nyangkut di Tenggorokan

Assalamu'alaikum :)

Jam menunjukkan pukul 12 siang waktu setempat, itu artinya saatnya jam makan siang. Setelah pelajaran selesai buru-buru anak-anak berhamburan keluar kelas untuk makan bersama. Sebagai guru yang baik aku selalu menemani makan anak didikku. Ku pilih tempat duduk dekat dengan murid-muridku setelah mengambil makanan yang memang sudah disediakan dari pihak sekolah. "Hmmmm...menu kali ini ikan, enak nih" gumamku.


Saat asik mengunyah makanan tiba-tiba duri ikan nyangkut di tenggorokanku. Awalnya biasa saja sih soalnya dulu juga pernah ada duri ikan nyangkut di tenggorokan, tapi setelah minum yang banyak atau makan yang banyak durinya akan hilang dengan sendirinya. But, berbeda dengan ceritaku kali ini.

Hari pertama,
Duri ikan masih nyangkut di tenggorokan dan aku tetap membiarkannya. Toh nanti bakalan hilang sendiri.

Hari Kedua,
Masih terasa sakit. Hati rasanya gelisah tapi tetap tak mau bercerita dengan orang lain. Masa iya cuma duri nyangkut saja harus koar-koar ke semua orang.

Hari ke tiga,
Saat jam pelajaran dan memberi penjelasaan kepada anak didikku, duri yang nyangkut di tenggorokanku semakin tidak bersahabat. Setiap aku berbicara pasti ada rasa sedikit "nyengkring" dan itu sakit banget. Akhirnya aku cerita dengan murid-muridku, bukannya memberi solusi mereka semua malah menertawaiku, hadew :).

Hari ke empat,
Karena tak kuasa menahan sakit, akhirnya aku cerita dengan beberapa rekan kerjaku. Mereka menyarankan agar aku makan nasi yang telah dibentuk menjadi bola-bola besar lalu ditelan bulat-bulat. Lalu aku mencoba saran mereka dan hasilnya NIHIL. Duri ikan tetap nyangkut sempurna di tenggorokanku. Hiks-hiks.

Hari ke lima,
Baru di hari kelima ini aku bercerita dengan suamiku perihal duri ikan. Suamiku tertawa dan tidak percaya padaku, alasannya duri ikan kok nyangkut di tenggorokan lama banget. Lah? Terus aku harus gimana coba? Bukannya dibantu ini suami malah gak percaya. Aku kudu piye? Setelah merengek-rengek karena kesakitan akhirnya suamiku berinisiatif untuk mencari cara menyembuhkan sakit tenggorokan akibat duri ikan nyangkut. Lalu apakah yang harus aku lakukan saat ada duri nyangkut di tenggorokan? (menurut internet, ada beberapa cara untuk menyembuhkannya) kemudian aku rangkum menjadi seperti berikut ini:

1. Makan dan minum yang banyak.
Seperti penjelasan teman-temanku, maksud makan banyak disini aku disuruh makan dengan nasi yang dibuat bola-bola lalu ditelan. Setelah itu minum yang banyak. Insyaallah duri yang nyangkut tersebut bakal lenyap seketika.

Setelah membaca tips-tips dari internet aku langsung mengajak suamiku untuk bergegas ke MC'D untuk membeli nasi. Kan enak tuh makan di MC'D sambil ngobatin tenggorokan? hihihi.

2. Oleskan minyak telon / minyak sayur ke bagian tulang ekor.
Baru membayangkan saja aku sudah ilfeel. Hahahaha. Namun karena sakit di tenggorokan tak kunjung sembuh akhirnya tips kedua ini aku coba juga. Katanya sih setelah dua hari sakitnya akan sembuh, tapi yang aku rasakan sama saja. TENGGOROKANKU TETAP SAKIT MEEEEEEN!!!

3. Berdoa pada Tuhan.
Ya elah nie tips mengena banget. Bener juga sih kalau kita sakit itu minta pertolongan sama Tuhan semoga sakit yang kita derita segera hilang. Tapi ya namanya doa tanpa usaha itu sama juga bohong. Alhasil duri ikan itu semakin menjadi-jadi sakitnya :(.

4. Pergi ke THT.
Ini nih yang paling aku takutkan, gegara duri nyangkut aku harus ke THT. Tapi setelah berunding dengan suami ku putuskan untuk tidak pergi ke dokter. Aku takut nanti bayarnya mahal hahaha.

Hari ke tujuh,
Setelah beberapa tips dari internet aku coba dan tidak membuahkan hasil, aku hanya bisa pasrah pada Tuhan. Sungguh menderita bila ada duri ikan di tenggorokan. Selain sakitnya tak tertahankan, ternyata lama kelamaan bisa menyebabkan panas dalam dan akhirnya sakit. So, bagi kalian yang tenggorokannya tersangkut duri segeralah lakukan pertolongan pertama ya. Takutnya nanti infeksi.

Akhirnya di hari ke delapan, sembilan dan seterusnya sakit di tenggorokan berangsur membaik. Aku tak tahu persis bagaimana ceritanya si duri bisa hilang dari tenggorokanku, mungkin mukjizat kali ya? hahaha. Pesanku jangan sesekali menyepelekan duri nyangkut di tenggorokan ya :). Gimana apakah kalian pernah mengalami kejadian yang sama sepertiku? terus solusi apa yang kalian gunakan untuk menghilangkan duri tersebut? share ya . . . . :p :p :p


Salam,
@meifariwis

150 komentar

  1. saya waktu kecil sering kesangkut duri ikan di tengorokan, sakit banget, tapi berlangsung hanya sebentar karena pas nyangkut langsung dicekokin air banyak2 sama ibu. gak pernah sampai berhari2.
    kalau pas udah gede dan kesangkut duri terus lama sembuhnya, paling saya nelan2 ludah banyak2 sambil gerak2in jakun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ternyata pernah mengalami juga yaaa
      walau udah dikasih makan banyak tapi tetep gak sembuh2 hehehee

      Hapus
  2. sering juga mbak, tp biasanya durinya tuh bakal langsung ke perut krn gerakan peristaltik dari esofagus,, yg bikin sakit itu karena durinya sempet buat luka kecil di daerah tenggorokan.. kan ada asam dari lambung yg biasanya naik pas makan atau terkena air liur, sehingga rasanya seperti rasa perih..

    tp bagus deh udah sembuh hehe

    yok mampir balik yaa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih, tapi kalau lama di tenggorokan ya sakit juga
      yup alhamdulillah skg udah sembuh :)

      oke

      Hapus
    2. saya tertelan sisik ikan mujair di tenggorokan saya, saya bingung harus bagaimana

      Hapus
    3. Aq baru kena inii tips nya sakit bngt

      Hapus
  3. Biasanya malah menjadi rdang tenggorokkan ya, Mei.
    Saya pernah tuh kek gitu. Terus, setelah bangun tidur (masih diatas tempat tidur), saya langsung minum air putih yang sebelumnya say ataruh dibawah tempat tidur. Cukup dua gelas saja. Setelahnya, legaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa Idah bener banget, kemarin aku terkena radang gegara duri ikan ntu hahahaha
      wah enak bgt kamu langsung hilang, aku lama bgt

      Hapus
    2. masak mbak bisa menyebabkan radang..

      Hapus
  4. Jadi inget pas kecil pernah gitu, duri ikan mas. Sampe sekarang masih trauma kalo makan ikan. :v

    BalasHapus
  5. lumayan lama juga duri ikannya nempel ditenggorokan. Saya biasanya cuma beberapa menit aja udah hilang, ini smapai beberapa hari, jangan-jangan emang durinya yang kamu makan mei, gak ada dagingnya :)

    tapi emang bener, kalo duri ikan nyangkut paling banyakin makan aja, biar duri ikannya kebawa sama makannya. Kalo udah smapai ke THT itu parah bener kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini lama banget Bay, susah ngilanginnya untung skg udah sembuh hehehe
      aiih masa iya aku makan duri?? hmmmm
      iya gak sampai ke THT alhamdulillah

      Hapus
  6. aduh kamu tergolong penderita duri ikan tersangkut level 'waspada' donk???
    kok ampe berhari2..wah ngeri.,
    palagi jd guru..otomatis butuh suara banget nget ngeet.
    tapi syukurlah dah sembuh.

    aku pernah ada duri ikan (untung bukan hiu) nyangkut di tenggorokan.
    semleman gak ilang.
    untung bsoknya udah gak lg
    -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya level siaga malah hahaha
      wah kalo duri ikan hiu bahaya donk

      Hapus
  7. owalah mbak Meii aku jadi inget yg status BBM mu kala itu..hahaha ternyata ada duri nyangkut toooh...tapi emang bener yak lama banget tuh duri ga bisa move on..alhamdulillah ilang dengan sendirinyaaak..aku jga baru tau kalo persoalan duri bisa ke THT segala..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu kemarin yang ada di status bbmku Meyk hehee

      Hapus
  8. paling serem kalo ada yang nyangkut ditenggorokan gitu, sakitnyaaa... ya namanya juga anak2 kak kalo kaya gitu pasti yang pertama mereka lakukan ya ketawa :D alhamdulillah aku belum pernah (dan jangan sampai) soalnya aku kalo makan ikan nyari yang ga ada tulangnya sih hihi

    BalasHapus
  9. nah, aku biasanya ya makan nasi itu kak..terus minum yang banyak..kalo ga bisa ya *maaf* dimuntahin..heheheheee

    BalasHapus
  10. aku pernah kak.. kalo ga salah 3 hari deh baru bener2 ilang tulangnya.. nyiksa banget pas nelen.. minum ajah susah apalagi makan.. tapi gatau juga waktu itu tulangnya ilang gegara apa.. mungkin kayak kak mei bilang, mukjizat :)

    BalasHapus
  11. yang kedua itu loh kak mei, kok aku nggak ngerti yaa, apa hubungan tenggorokan sakit sama ngolesin minyak telon ke tulang ekor :D
    untungnya aku nggak doyan ikan, jadi nggak akan kejadian kayak gitulah :p hahahah

    BalasHapus
  12. iya kak mei..harusnya jangan diremehin dari awal...jadi susah sendiri kan akhirnya...hihihi
    yang biasanya paling mempan itu yang pake bola2 nasi...kalo yang pake minyak sayur itu aku baru denger... --"

    BalasHapus
  13. kadang yang kecil itu malah mengesalkan yaa...
    tapi lama banget tuh, semoga ga keulang lagi yaaa ~~ ^^

    BalasHapus
  14. Pernah mengalami yang seperti itu kemarin.:)

    Dari orang dulu ngasih solusinya kita ambil nasi sedikit, kemudian dikepal kepal terus ditelan tanpa dikunyah. Katanya ntar durinya ngikut. Saya udah coba cara itu dan enggak berhasil.

    Sama kaya Mei. Saya akhrinya pasrah setelah 3 hari enggak sembuh. Dan saya, enggak mau makan ikan yang banyak durinya lagi, kecuali ikan tuna :D

    BalasHapus
  15. aku juga pernah kok Mei,kayaknya duri nya memang udah bablas deh. Mungkin karena lukanya yg agak gede jadinya sakitnya ga ilang-ilang.. tips nya, jangan sangkutkan duri ikan di tenggorokan! yo males Mei, hahahaha

    BalasHapus
  16. Eh duri ikan nyangkut di tenggorokan gaboleh di sepelein kak.
    Itu aku yakin gak bisa ilang-ilang lantaran nyangkutnya posisi melintang di tenggorokan. Test aja masukin tusuk gigi ke dalem botol minum yang diameter nya sama dengan tusuk gigi itu, nyangkut dengan sempurna.
    Nah bayangin itu duri nyangkut di tenggorokan, aiiih ngeri kali baaah.

    Pernah sih aku mengalami kejadian yang sama, cuma mungkin lantaran duri nya nyangkut gak terlalu melintang, tinggal minum, wuuuuz ilang seketika.

    BalasHapus
  17. bener2 tuh mba si duri ikan kalau ga diatasi bener2 menyiksa..sakittt bangettt

    BalasHapus
  18. Aku udh dua hari ga ilang, rencana mau aku biarin aj, buat makan msh bisa, tp sakit.. nnti ilang sendiri kan ya kak?

    BalasHapus
  19. jadi apa yang akhirnya mba lakukan setelah nyoba semua tips di internet yang ternyata ngga membuahkan hasil? di diemin 8 hari? ;(

    BalasHapus
  20. Aku jg lagi ngalamin hal ini duri nyangkut di tenggorokan :-( g taubmusti gmn udh 4 hari dN sakit bgt kalian ada solusi

    BalasHapus
  21. Ane baru aja ketulangan gan.. Krn makan lele.. Tu duri nancep dalem bgt di dalem tenggorokan ane.. Ane ke dokter THT mau di pinset eh ane malah mau muntah.. Wkwk.. Akhirnya cuma dikasih antibiotik deh dan ane kesiksa bgt selama terjadinya si ketulagan.. Ane sabar2in akhirnya hari ke 5 tulang itu pun ilang dan lapuk sendiri.. Ane uda takut bgt mau di oprasi di sodok2 pake alat dokter... -,- ogah bgt gan.. Walau sgala cara makan nasi kepal, minum, dll sudah saya lakukan.. Ttp aja tuh gan.. Saran ane sih ya ente ttp harus beli antibiotik untuk mencegah terjadinya radang dan infeksi.. Tp dont worry, tulang ikan itu gakan bertahan lama di tenggorokan kita kok, dia akan hancur dgn sendirinya dgn berjalannya waktu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke dokter THT mahal gan?

      Hapus
    2. Aku baru aja tgl 26 jan kmrin nyangkut lidi di tenggorakan akhirnya ke THT proklamasi semua kena biaya 700rb udh ama obat di pakein alat endoskopi ama pinset bt ngmbil lidi di tenggorokan. Ya Allah jauhkan kita semua dr sakit tenggorokan ya Allah rasanya sakit bgt dan trauma nya itu loh bikin paranoid

      Hapus
  22. Haha duri yg nyangkut di tenggorokan saya itu melintang panjang sekali.. Hari ke 3 tulang itu putus setengah.. Kemudian hari ke 5 ilang sendiri.. Walau tiap hari harus menahan rasa sakit :( tp akhirnya.. Alhamdulillah ilang :) tp menurut islam, jika seorang muslim terkena musibah ketulangan.. Hal itu juga bs menghilangkan dosa kecil kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku lg ngalamin nih dari siang skrng malem udh makan nasi apa aja yg dikasih saran tetep aja masih ada. Gaenak. Btw emang beneran bisa menghilangkan dosa ? Hehe

      Hapus
  23. Emng bis ilng sndri y...solny udh dmnumin bnyk mkn pun byk tp ttp aj gk ilang"..gk sakt sih cuma serasa gnjel

    BalasHapus
  24. Anonim4/20/2015

    Saya sudah 2 hari ini ngrasain duri nyangkut melintang di tenggorokan sakit banget, cara cara di internet sudah dicoba, apakah ada saran buat ngatasin duri ikan ini ?

    BalasHapus
  25. rasanya nggak enak banget tuh, kalo ane langsung korek aja tenggorokan pake jari.

    BalasHapus
  26. Enggak jadi2 yaaa kenapa?

    BalasHapus
  27. Bru aja ketulangan ikan gabus 😭
    Sakiitnyaa~
    Utk mkn sih enak aja.. Tapi kalo udh ngoap lebar2 krna ngantuk.. Terasa sakitx.. Ini udh jln hari ke 3.. Moga cepet sembuh aja

    Aplgi kalo ane lgi bersin,. Ya ampun.. Rasa bengkak di tenggorokan😭😭

    BalasHapus
  28. baru sejam yang lalu ada duri ikan lele nyangkut di leher..rasanya huhuhuhuhuhuhu..atittt

    BalasHapus
  29. Aku juga ngrasain ini duri ikan bandeng bejibun sakitnya, aku kaca in kelihatan lagi, hihhhhh bikinn gemes pengen ambil, tapi kalo di ambil pakek tangan ingin muntah lagi apalagi ini puasa haduuhhhh capek nahan.....

    BalasHapus
  30. Semalam aku baru kejadian nyangkut duri ikan mas saat makan malam, durinya memang kecil tapi sekali nyangkut banyak. Terasa banget nyucuk2nya ditenggorokanku. Terpaksa harus nelan ludah berkali2. Masalahnya puasa batal apa gak ya. Segala cara udah dicoba tapi masih aja gak hilang. Nnti setelah berbuka aku coba cara lain. Mungkin cara mei layak untuk dicoba. Mdh2an tdk sampai 8 hari menahan sakitnya seperti mb mei.

    BalasHapus
  31. Saya juga nih..gara2 makan ikan asin gabus akhirnya ketulangan...sudah 2 hari masih kerasa kalau nelan..gak berani minum obat karna sedang hamil 7minggu...sedih banget..kl lg gak hamil sih gak se khawatir ini... semoga gak sampai 8 hari kaya mba mei...

    BalasHapus
  32. Justru sekarang ini saya ketulangan, semua tim udah saya coba ah belum berhasil sampai perutku penuh air dan makanan, tolong deh tipe apa lagi

    BalasHapus
  33. Saya baru mengalaminya..gak makan ikan tapi bisa ketelen tulang ikan dan lebih nyeseknya lagi tulang itu nyangkut di tenggorokan..rasanya gak enak banget..nelen dan ngomong aja berasa sakit..amit2 deh gak lagi2 yg bgtu..
    Day 1 : berasa ada yang tajam2 di tenggorokan..gak enak gitu..trus di muntahin tapi tetep aja sakit...hasil googling di ikutin tapi nihil 😭
    Malem nya ke dokter THT tapi kata dokter gak ada yang nyangkut. Di kasih lah obat infeksi tenggorokan.

    Day 2 : gak berasa lagi sakit nyaa. Udah senengg banget...ehhh taunya kumat lagi pas malem..berasa sakit nelen..

    Day 3 : seharian sakit..pas sampe rumah di senterin lah tenggorokan dan saya melihat tulang ikan..OMG..tertancap sempurna..langsung buru2 ke dokter THT..buat di ambil..
    Amittt2 deh..jangan lagi2 yg bgtu..😇😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biayanya brp gan, tolong bls yaa

      Hapus
  34. Aaaah,,,
    Saya sekarang sedang ngalamin ini semuaa,,,
    Sakiiit bangeet,,,
    Besok klo blum sembuh ke dokter aah,,

    BalasHapus
  35. Aku sekarang juga lagi ngalamin hal serupa, tadi malem makan ikan lele, eh gatau nya duri nya nancep di tenggorokan, sampe sekarang masih sakit banget sampe tenggorokan ku ikut sakit ini, aku gak tau lagi harus gimana, udah minum air banyak ,udah makan pisan ,tetep aja gak bisa ilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini aq juga lagi ketulangan udah 2 harian belim hilang sist yani.
      Sist yani bisa hilang di apain sist?

      Hapus
  36. Gw umur 12 tahun,awalnya sakit skali gw gk tau harus gmn

    BalasHapus
  37. Gw umur 12 tahun,awalnya sakit skali gw gk tau harus gmn

    BalasHapus
  38. Alaaaaamaaaak sakit banget ne...udah 4hari ini duri bandeng nyangkut di tenggorokan.semua tips hasil googling ga kasi hasil...mo ke THT googling dulu liat alatnya aja udh mringis duluan...cm takut infeksi aja ni.tp apa iya bener tu tulang akan ancur n sembuh sendiri?soalnya ni tenggorokan udh berasa tebel banget.sakitnya minta ampun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trus gimana hasilnya ?? Saya kena duri blm ada satu hari sih cm sdkt memgganggu... saya takut klo sampai ke THT

      Hapus
  39. Ini yang aku rasakan hari ini kak , luar biasa sakitnya aku sampai muntah" gara gara duri yang nyangkut...nggak enak sekali

    BalasHapus
  40. Saya kena duru ikan bandeng dr kemarin jam satu an .. kalau buat nelen (santai) ngga begitu sakit. Tp ketika sholat baca huruf tenggorokan sakit sekali. Saya sudah mencoba beberapa cara di internet tp blm ada hasilnya. Apa iya duri ikan bisa hilang dgn sendirinya.. mohon minta penjelasannya. Saya takut infeksi ...

    BalasHapus
  41. bahaya nih tulang ikan saya pernah nie ketulangan kata orang tua tua dulu soal nya sebelum makan gak baca doa dulu makanya ketulangan..

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Wa'alaikumsalam mbak, mudah-mudahan ke depannya ndak kesangkut duri ikan lagi ya tenggorokannya, aamiin. Thanks for sharing, btw.

    Salam,
    Rava.

    BalasHapus
  44. Saya ketulangan nih, dan tulangnya gede gimana dong:(

    BalasHapus
  45. Saya ketulangan nih, dan tulangnya gede gimana dong:(

    BalasHapus
  46. Saat ini aku menderita yg sm duri ikan ttp nyangkit di tenggorokanku parahny tenggorokan bagian smping jd nelen nasi dll jg percuma cos nasi yg ku telen lewatny bgian tengah ngg ke samping hr ke,dua ak sempet pergi k ugd lalu d xray tp sygnya ity duri ngg trlihat d xray lalu aku d rujuk lagi intuk melakukan endoscopy tp hslny nihil itu duri msh ajj nyangkut tp mrka blg ngg trlihat ad duri ikan nyangkut d tenghorokan skrg udh hr k 8 msh anj tu duri d tenggorokan tkt sih iya tp mesti gmn k dktr udah xray jg udah endoscopy jg udh tp duri nya masih,,, mmng nhg trlalu skt tp terasa ad yg nusuk nusuk d tnggorokan klo lg ngomong n nelen mknan

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi mbak ngilanginnya gimana? saya kyk gitu juga, ada disamping kiri

      Hapus
  47. Saya juga ketulangan udh coba makan nasi bulat" terus minum air banyak,nelen bolu gumpalan gede sama makan pisang dan udh saya muntahin tapi tetep NIHIL ,kmren ke klinik deket rumah tapi mereka gada alatnya jdi cuma diperiksa terus masa dikasih obat nyeri perut,,terus hari ke 2 makin sakit dan kayak bengkak gtu rasanya jdi saya ke dokter THT dokternya cuma periksa pake alat kaca pembesar gitu bukan pake alat kamera yang dimasukkn tenggorokan,dia bilang cuma bekas nya aja tulangnya udah gada,pdhal jelas jelas rasanya masih kayak ada tulangnya nusuk,kalo ngomong dan makan terasa nyeri banget,saya ampe takut sndri dan jadi trauma sama ikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kasus nya sama dokter THT cuma bilang kaya gitu, maap kalo boleh tau kabar nya gimana ya sekarang? mungkin ada saran buat ngilangin rasa sakit akibat duri ikan.

      Hapus
  48. Kalau kena duri ikan tipsnya gampang tinggal pakai bijii kedondong iket sama tali telan bijinya tarik telan lagi tarik lagi insyaallah berdarah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu g pernah rasain ya???? G usah ngolokin gitu. Kl kamu ngalami sndiri pasti bakalan stresssss

      Hapus
  49. Saya juga ka tulang ikan roa yg kecil nyangkut di sebelah kiri leher sakitnya pas nelen, apa bisa hulang bgtu saja kah ?

    BalasHapus
  50. tulang ikan nyangkut d tenggorokan..udah nyobain sgala macam d google ttp masih sakit..bsoknya coba makan gehu (tahu pake tepung) panas..alhamdulillah sakitnya menusuknya ilang tp kerasa masih ada yg ngehalang..huhu..mudah2n cepet sembuh..amien

    BalasHapus
  51. blog kita agak mirip dikit deh mba, ngasi tips lewat sebuah cerita. semangat terus yaa..

    BalasHapus
  52. Sya lgi tersangkut duri ikan nih, dari kmrin, smlam kirain udh ilang, taunya pas srapan pagi msih terasa duri ikannya. Bgi tips dong, udh cari d yt sama gogel tpi nihil semua

    BalasHapus
  53. lg ketulangan ikan kembung di samping kanan nempel gt tp ga sakit gimana caranya ngehilanginnya keliatan juga tulangnya. tolong tipsnya

    BalasHapus
  54. Sekarang lagi ngalamin :(, udah hari ketiga masih blum hilang durinya, banyak minum udah, banyak makan udah, tapi hasilnya masih nihil, , ,lagi banyakin do'a sama istighfar, mungkin ini cara allah ngilangin dosa dosa kecil, aamiin

    BalasHapus
  55. Permisi, barusan bis Magrib tadi makan lele gak taunya ada duri yg nyangkut di tenggorokan udah tak coba muntah2 tetep nihil, Ya Allah sakit :( semoga aja di tenggorokan ku cepet hilang

    BalasHapus
  56. Lg ngalamin bgt skrg... baru bgt juga abis dr tht, baru semalem sih, cm sy trmasuk yg gak betahan kalo ada sakit2 gak enak. Dikasih obat antibiotik dan pereda nyeri, semoga menunjukkan hasil. Aaamiinn...
    Soalnya posisi nyangkutnya nanggung brdasar yg sy rasakan. Gemes gt tinggal ketelen aja pake nyangkut2 nanggung, jd mengganggu bgt...😢😢😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu jd diambil ga tulangnya gan? Info dong abis brp biayanya

      Hapus
  57. Sembuhnya gimana gan ?
    Soalnya saya lagi ngalamin .udah 2 harian masih cengkring cengkring.udah segala macam cara masih nihil.panik ini gan

    BalasHapus
  58. Saya lagi ngalamin dan sakit banget. Udh minum banyak makan nasi yang dikepal makan kue bolu tapi blm ada hasil. Apalagi yg bikin stres itu waktu curhat ke orang lain dan mereka malah ketawa nganggap hal sepele padahal mereka gak ngerti sakitnya gimana. Dan emang bener bisa hilang sendiri??? Gk bahaya??

    BalasHapus
  59. Kak?aku udah seharian duri ikannya masih nyangkut di tenggorokan,rasanya gaenak banget:'v

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang duri nya sudah hilanh belom?

      Hapus
  60. 😭😭😭😭😭..gantiaan saya yang nelan tulang ikan..kemaren pagi saat sarapan..crtnya saking ngidam nya pengin makan ikan lele di goreng karing..pake lalapan..pasti enak dunkk...pas lagi makan datg tetangga..ngajak ngobrol..Al hasil setlh makan nyangkut si tulang ikan it,blm kluar juga smpe sekarang..hemmm msh hrs k THT..😭😭😭😭😭

    BalasHapus
  61. Kak saya udah 2 hari gak ilang gaenak bget rasanya tips nya dong kakkk :'(

    BalasHapus
  62. Ini baru aja kejadian.
    Segala cara udah tak lakuin.
    Tinggal doa aja ini.

    BalasHapus
  63. Anonim8/03/2018

    munginkah kalo duri tertancap di amandel juga bisa hilang dengan sendirinya bu? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info dongg jd gmn tulangnya? Sy jg lg nancep di amandel nih helppp

      Hapus
    2. Anonim5/30/2021

      iyaa bagaimana kalo durinya nancep kedalem amandel?��
      udah pake nasi kepal dan cara lainnya tp malah tambah masuk durinyaa

      Hapus
  64. Klo aku td mlm makan sop ... Aku makan tuh tulang lunaknya.... Perasaan udh hancur di gigit. Tpi pas di telan masih terasa mengaganjal sakit di tenggorokan

    BalasHapus
  65. duhh, saran donh gaes . aku lagi galau bgt ni gegara duri ikan, hiks 😭 udah mnm banyak bgt sampe kembung, pakek air anget udah, mkn nasi atau roti udah jg, sampe jewer² kuping sendiri ( efek liat google ) blm sampe berhari² sih, barusan bgt ketelennya . nyeri buat nelen 😭

    BalasHapus
  66. Sama gan sy di tenggorokan sebelah kiri dan kanan.sy ketulangan baru 24 jm nih sakit banget dan blm sembuh.jdi troma am ikan lgi..

    BalasHapus
  67. Maaf apakah itu bisa hilang sendiri.
    Soal'nya saya jga lagi kena kek gituh?

    BalasHapus
  68. 1. Air zaitun sudah
    2. Olive oil sudah
    3. Pisang sudah
    4. Roti sudah
    5. Bola nasi sudah
    6. Minum air banyak2 sudah
    7. Dibatukin sudah
    8. Dimuntahin...belum, kabarnya kalau ke THT salah satu caranya adalah kita dibuat muntah.

    Kalau dicuekin spt mau keluar, diusahain dikeluarin sampai bungkuk2/nungging2 sudah...dan tetep saja tulang ikan lele ini betah di sisi kanan tenggorokan..

    Help

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa lama tulangnya ilang? Soalnya sy skrg juga ngrasain tulang nyangkut di tenggorokan sbelah kanan😭😭😭

      Hapus
    2. Berapa lama tulangnya ilang? Soalnya sy skrg juga ngrasain tulang nyangkut di tenggorokan sbelah kanan😭😭😭

      Hapus
  69. Iya aku juga ngerasain yg sama
    berbagai jenis cara uda dilakukakn tetap nggak bisa hilang tulangnya..yg jdi pertanyaan saya apakah bisa ilang sendiri nggak ya?soalnya tulang yg nyangkut ngga besar kok msih bisa makan minum hanya waktu ngomong aja ganggu

    BalasHapus
  70. Pagi ini makan ikan... Eh durinya ketelen. Makan pagi td direcokin kucing. Aku kasih dikit. Coba klo aku kasih semua. Ga bakalan duri nyangkut di tenggorokan. Mudah2an cpt ilang nuh duri. Sakitnya ampun

    BalasHapus
  71. Sy juga lagi kena gara2 makan ikan dorang. Kayaknya kena tulang halus dr bagian lehernya. Saking halusnya sy kira udah ilang, eeeh ternyata malamnya kok sakit buat nelan ludah nyalur sampe telinga kyk sakit radang tenggorok, sy pikir mungkin tulangnya berubah posisi. Sy tunggu mungkin bs ilang dgn makan pisang, nasi, minum bnyk, dll sampe kembung perutku. Ini sdh hari ke 3 dan mulai meriang kayaknya nancep tu duri. Mau ke THT tapi hari Minggu pada tutup smua. Apa bener bisa ilang sendiri durinya? Sy gak yakin dokter bs liat krn durinya halus banget. Susah sy nih..

    BalasHapus
  72. Saya baru kenak tadi malam
    Duri ikan bawal
    Ganggu banget

    BalasHapus
  73. Ini aku jg kena duri ikan, sudah 6 hri belum hilang . Aku lihat durinya nusuk . Beri saran dong apa bisa hilang sendiri . Ap bhya jg ya

    BalasHapus
  74. Aku juga ngalamin mb udah hampir seminggu lebih, kemarin sempat ke dokter tht dilihat pake scop ga keliatan kata dokter itu 2 kemungkinan udah ilang atau masuk dalam lagi, ini smpe demam juga udah 3 hari, baiknya gimana ya itu mb? Apa lamalama duri itu bisa ilang sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kejadian nya kaya saya dokter THT gak bisa nemu tulang nya, maap kalo boleh tau kondisi nya sekarang gimana ya? mungkin ada tips untuk menghilangkan rasa sakit di tenggorokan akibat terkena duri ikan.

      Hapus
    2. gimana sekarang durinya kak? sembuh sendiri?
      saya juga seperti itu, durinya nusuk amandel dan ga keliatan tp tetap kerasa sakit buat nelen makanan

      Hapus
  75. Ini aku lagi ngalamin kak ini udah hari ke 11,awalnya aku kira di telenin nasi hilang ternyata enggak,lalu aku minum air garem.emang agak lega tapi durinya malh nancep dalem di tenggorokan,emang gk sakit tapi takutnya infeksi,gimana ya tolong kasih solusi dong

    BalasHapus
  76. Sedih banget udah 3 hari durinya tetep nyangkut, udah coba cara2 yg ada di google tapi hasilnya nihil, dibuat nelen sakit, nyeri, jadi gak mood makan ��

    BalasHapus
  77. aku sekarang lgi ketulangan :( sakit bgt kayak ada yg ngeganjel gtuu, tp prasaan td ud hlg tp kok msh ngerasa kayak nyangkut gtuu yaa :( kata tante aku mngkn tulang nya udh hlg tpi bekas nya aja
    apa iya ?

    BalasHapus
  78. Iir zainal11/24/2019

    Aku lagi ketulangan ikan patin udah jln 3 hari rasanya cengkring cengkring klo buat nelan ludah. Tp bnr kan bisa hilang sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blm tahunsy juga bgtu skrg

      Hapus
    2. hilang nya berapa minggu ya kalo boleh tau

      Hapus
  79. Sebenarnya katanya di tenggorokan udah ada enzim yg menghancurkan duri, hingga dapat terurai. Jika tulang di buang aja bisa hilang/terurai sendiri, apa lagi di tenggorokan (batin saya). Tapi sama aja saya tetep gelisah waktu itu pengalaman ketulangan:v

    BalasHapus
  80. Saya jga ngalamin hal yang sama hari ini dan gk enak banget buat ngomong, soalnya nyangkut di tenggorokan sebelah kanan, udh berbagai cara saya lakuin tetapi hasil nya nihil.gaes boleh bgi tips nya gk

    BalasHapus
  81. Saya jga ngalamin hal yang sama hari ini, tulang ikan nyangkut di tenggorokan dan jdi susah buat ngomong, nyangkut nya di sebelah kanan udh berbagi cara saya lakuin tetapi hasil nihil, gaes boleh gk bgi tipsnya

    BalasHapus
  82. Anonim5/12/2020

    Aku udah jalan 2hari ketulangan pengen nangis rasanya kena duri ikan patin������
    Hari pertama langsung dibawa ke UGD disenterin tapi ga keliatan padahal saya senter dirumah keliatan deket amandel belah kanan��
    Udah gunain cara di google tetep aja ga mempan��
    Semoga cepet sembuh aja buat yg ketulangan��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga skrg ini

      Semoga yg ketulangan cepat sembuh semuanya
      Aamiin

      Hapus
  83. Anonim5/20/2020

    Aku juga lagi ngalamin hari ini hari ke 10 belum ilang juga,mau ke dokter takut, barusan sholat Isya aku berdoa semoga ada mukjizat, dan skrg lagi aku coba makan pepaya potong kecil2 kunyah kasar trus telan sambil ngadep atas mukanya semoga posisi duri ikan bergeser dan ketelen bersama pepaya.

    BalasHapus
  84. Hari ini juga saya ngalamin ka. Udah 8 hari ga sembuh" ...kalo lagi sakit Masya Alloh . Buat bicara saja sakit . Udh liat" syaran google ttp aja ga ad hasil .bener ga sih . Inibduri bisa ilang sendiri. Niat nya bsk PGN k THT tapi takut mahal ☹️ ... Kasih saran dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uda sembuh belom mba saya juga lagi ngalamin yg sama segla cara uda di lakuin pj berasa masi nyocok

      Hapus
    2. saya minggu kemarin ga pake bpjs berobat ke dokter THT kerumah sakit umum habis sekitaran 700rb + rapid tes

      Hapus
  85. ni aku dah dua hari... hadeh...

    BalasHapus
  86. Aku juga merasakannya, ini sudah hari ke empat ku, tapi rasa duri ikan yang nyangkut masih terasa, setiap mau makan dan minum pasti terasa seperti ada yang menusuk, padahal segala cara sudah kucoba:(

    BalasHapus
  87. Mohon bagi caranya gimana lagi, biar duri ini bisa ilang, rasanya enggak nyaman sekali tiap mau makan dan minum, sakittt

    BalasHapus
  88. Sama aq juga ketulungan ikan asin kepala batu udh mau 3 Minggu,,,,,tp 2 minggu kebelakang ngk sakit gara2 mimpi ketulungan JD tenggorokan sebelah kanan sakit bangeet mudah2 an cepet sembuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku skrang lagi knna udah 2 hari huu sakitnya itu loh😭.

      Hapus
    2. maap mau nanya pas udah 2 minggu rasa nya masih ada yang ganjal gak

      Hapus
    3. Mau tanya dong mb,mb.nya sampai gak bisa nengok nggak sii soalnya saya juga sudah 5 hari buat nengok susah,buat makan apalagi

      Hapus
  89. Anakku umur 2tahun ketulangan, udah sgla cara ttp nihi,katanya si anak ada tulang, bngung si anak jga susah buka mulutnya

    BalasHapus
  90. Sama saya jg seperti itu saat skrng, udh coba cara dari google dri yang a sampe yang b tetep sakit. Akhirnya nya saya memutuskan untuk mengorek paksa ke tenggorokan dengan jari saya sampe saya muntah² dan disitu saya bisa tau seberapa besar durinya. Akhirnya trus saya korek bagian duri itu tapi tetep masih sakit, padahal pas saya korek saya merasa itu sudah ilang karna tidak ada pas saya korek huft😭 sekarang masih nahan sakitnya ini semalaman susah tidur

    BalasHapus
  91. Lagi ngalamin, tadi sore makan ikan lele ama bapak kesedak durinya,, dan udah di coba tips" dari internet sampe muntah segala, tp ga ilang" Sampe sekarang😭 rasanya sakit pas nelen ludah apalagi makanan. Jujur takut knapa". Smoga besok bangun pagi itu duri ilang ya Allah 😭

    BalasHapus
  92. Sudah 3 hr ngalamin hal yg sama,untung ttp bisa tidur...t setelah bangun tidur masih ngrasain sakitnya..udah segala cara di coba,tinggal pasrah aja smg nanti bisa hilang dgn sendirinya.

    BalasHapus
  93. Dan hari ini saya pun ketulangan, siang tadi jam 2 pas makan siang,,, asik asik makan ikan putih eh taunya nyangkut di leher,,, semua cara di coba hasilnya nihil,,, mudahan lah besok reda sendri,,,

    BalasHapus
  94. Hari ini hari ke dua duri nancep dibagian amandel.. Keliatan, mau diambil malah mau muntah.. Semoga cepet sembuh Yaa Allah.. Mungkin makan yg asem² bs cepet rapuh y durinya.. Soalnya diperut ada asam lambung, makanan bisa cepet hancur..

    BalasHapus
  95. sudah 3 hari ketulangan ikan asin yang alus banget, harusnya sudah bisa luruh sama air hangat dan nasi hangat, cara apapun gagal juga sampe ke dokter idkasi obat anti nyeri dan vitamin. kalau masih sakit disuruh balik lagi dan minta surat rujukan huaaa, serem juga ya ketulangan :(

    BalasHapus
  96. saya hari pertama ketulangan ikan tongkol segera ke dokter tht tapi setelah pengecekan dokter tidak dapat menemukan tulang ikan yang tersangkut hanya saja radang dan sekitaran dinding kerongkongan saya banyak luka, alhasil dokter menyarankan untuk menggunakan obat kumur meminum obat radang dan menjaga pola makan hari kedua dan ketiga kondisi saya membaik seperti sudah tidak ada yang mengganjal namun di hari kamis saya membandel malah makan makanan panas dan pedes seperti ayam gepuk, ketika hari jum'at tenggorokan berasa tidak enak ketika saya sedang mengobrol dengan teman saya, dan puncak nya ialah hari sabtu tenggorokan berasa benar benar tertusuk tusuk menelan ludah pun sakit, akhir nya sampai hari ini saya menjaga pola makan saya dan hasil nya kondisi agak mendingan namun ketika bangun di pagi hari tenggorokan terasa sakit, rasa mengganjal akibat trauma masih ada, menelan ludah sudah mendingan tapi masih agak sakit sedikit. mudah mudahan tenggorokan saya kembali seperti normal seperti sedia kala karena terkadang rasa tidak enak nya membuat stres :(.

    BalasHapus
  97. Kak saya ini juga terkena duri lele sekitar sebulan yang lalu kemarin2 rasanya sudah gak terasa ada dhri ini lama seminggu ini berasa lagi aku ke tht sudh tapi katanya gak ada duri sekarang aku bingung harus gimana takut kalo mau dioperasi gimana ya durinya terasa banget sekarang jujur sekarang bingung mau ke tht lagi biayanya yang mahal

    BalasHapus
  98. baca ini grgr udh hari ke 5 duri ikan nancep di amandel sebelah kanan😭😭 udh berusaha pake cara apapun dan udh ke tht bayar mahal mahal tp malah meh di ambil
    mutah mutah terus huaa ya allah smga beosk hilang🥹🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis