Berani Bicara Bahasa Inggris

Assalamu'alaikum :)

Saya : "Hello Good morning, let me introduce myself. My name is Mei, you can call me Ms.Mei"
Siswa: "Hello Ms.Mei, nice to meet you".

Teringat pertama kali saat aku berkenalan di depan siswa-siswiku. Waktu itu aku masih sangat gugup. Aku takut salah mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Padahal di zaman modern ini kita memang dituntut untuk bisa berbicara menggunakan bahasa Inggris, karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Kalau dulu bahasa Inggris hanya bisa kita temui di bangku sekolah, sekarang sudah menjadi obrolan sehari-hari.


Belum lagi saat kita berada di luar atau sedang jalan-jalan di mall, pasti kita akan menemukan banyak orang asing di sana. Kalau ada bule menyapa kita, masa iya kita hanya cengar-cengir dan tidak bisa menjawab. Apalagi mall di Jakarta yang mengundang berbagai pengunjug dari belahan mana pun. Kita harus mampu berinteraksi dengan mereka memakai bahasa Inggris di mana pun dan kapan pun.

Ya, belajar bahasa Inggris itu penting. Tapi tak banyak dari kita yang "berani bicara" menggunakan bahasa asing tersebut. Padahal sesungguhnya yang perlu kita lakukan hanyalah Study, Appreciate dan Action. Study artinya belajar. Seiring perkembangan teknologi sekarang kita bisa belajar bahasa inggris dimana saja, bisa lewat internet, sosial media dan bahkan langsung dengan orang-orang di sekitar kita. Cara yang kedua adalah appreciate, yaitu dengan menyadari dan memahami betapa pentingnya bahasa Inggris tersebut. Terakhir adalah action. Artinya kita harus "berani bicara" sedikit demi sedikit menggunakan bahasa tersebut dalam kegiatan sehari-hari. Intinya jangan takut salah, beranilah bicara, ungkapkan apa yang ada di pikiran kita. Daripada menyesal nantinya, seperti pepatah mengatakan "Better late than never".

Ayo tunjukkan bahwa kita "berani bicara" menggunakan bahasa Inggris. Masih banyak kesempatan terbuka lebar buat kita asal kita mau belajar. Tapi ingat kita harus tetap menjunjung bahasa persatuan kita, bahasa Indonesia.

Jumlah kata: 289 kata tanpa judul



Sumber gambar:  http://mikesright.wordpress.com/2012/02/08/az-court-woman-cant-run-for-office-due-to-lack-of-english-skills/do-you-speak-english/


Salam,
@meifariwis

19 komentar

  1. Semoga sukses ya?
    neng atau mbak ya?

    Eh mau ikutan survei bedah blog ga ada hadiahnya buku puisi, mau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamin makasih ya
      salam kenal
      mbak saja, sya orang jawa kok bukan org sunda hehehe

      Hapus
  2. bahasa inggris oh bahasa inggris, gara2 bhasa inggris jadi bahasa internasional saya jd terdampar di bahasa inggris -_- *abaikan* emang loh bener banget kalo dalam belajar bahasa itu yg penting berani ngomong, masalahnya terkadang banyak orang yg takut atau ga pe de untuk mempraktikan kemampuan berbahasa mereka karena kalau salah terkadang akan mendapat cacian -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh justru bagus Aseh, bersyukur lho bisa belajar bahasa inggris di bangku kuliah, aku belajar sendiri heheheh

      iyaa kita harus berani ngomong, jangan takut salah, kalo berani ngmg kan bisa mengasah kemampuan pribadi sebenarnya heheheh
      kalo dapat cacian dijadikan pelajaran dan motivasi aja

      Hapus
  3. bener banget butuh nyali buat berani bicara bahasa inggris, bahasa inggris itu skrg emang ga bisa dipisahan dari kehidupan kita ya, seperti ngeblog ini...makasih udah ikutan GA-ku sudah tercatat jd peserta ya dear :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, diawali dari diri sendiri, kita harus berani bicara, jangan takut salah, namanya juga belajar :)
      makasih mb

      Hapus
  4. litel litel sih ai ken....cuman berhubung suka kepedean, kalau dikantor ada bule..so so paling bisa azh...abisnya dianggap yang paling bisa seh, dibandingin yang lain mah....nah, udah cocok kan sama judul postingannya "berani bicara bahasa inggris"...heheuydeuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aiiih mas Cilembu kie lucu banget
      ai kan but onli litel bit hahahahhaa
      wah keren donk berarti mas Cilembu jago bahasa inggris hahahaa.. iya udh cocok ma judulnya mas

      Hapus
  5. wah, bener banget kak mei. ini juga lagi belajar bahasa inggris. niatnya slain utk ngobrol breng bule, mau bnyak bca buku. soalnya msih bnyak buku yg belom prnah dibca. eheheh... smoga bhasa inggris saya lncar yak. minta doanya ya kak mei. eheheh

    hoo.... lo ikutan lomba. pantesan kata''nya sampai di bold begitu. sukses deh ya kak mei. smoga menang

    BalasHapus
  6. asik banget nih. Padahal ngebahas masalah yang lumayan berat tapi jadi dibikin asik gini. gak muter-muter lagi. Keren.

    Paling penting emang Action sih, mau gimana pun banyak kosakata tapi kalo gak ada actionnya percuma, siapa yang bisa liat :)

    saya juga kurang dalam hal bahasa Inggris. malu banget

    BalasHapus
  7. Anonim2/09/2014

    bhasa inggris ku ecek ecek kak mey :(
    rencananya bulan besok aku masuk tempat les buat belajar bhs inggris dari itngkat dasar. doakan semoga bisa lancar ya kaya kak mei.

    semoga menang^^

    BalasHapus
  8. dari SD suka banget dengan bahasa inggris, kalo ada cerita pake bahasa inggris, doyan ngebaca nya walo ngawur.
    Tapi yang paling aku susah, prakteeeek. Errrrr.
    Ibarat nya itu, ngmong bahasa indonesia aja berantakan, apalagi bahasa asing.

    Moga menang ya kak ikut GA nya

    BalasHapus
  9. aku suka bahasa inggris. soalnya aku kuliah di juruasan bahasa inggris -_- kepaksa dan suka hampir sama

    kalo mau ngomong bahasa inggris, masih malu itu artinya dia tau malu kak mei. lah kalo ngomong inggris cas cis cus ternyata salah, dia malu-maluin hahaha

    BalasHapus
  10. jaman sekarang kalau tidak bisa bahasa inggris ketinggalan banget

    BalasHapus
  11. waaa..ternyata mei sbg guru bhs inggris juga awalnya gugup ya ngomong bahasa inggris :-D
    hmmm btul juga, salah pengucapan dikit maknanya beda :-(
    aku sendiri malu klo speaking trus salah ucap hahaha.
    jd kebayang deh klo ina ketemu bule di mall terus cengar cengir bingung mau jawab apa hihihi.

    artikel ni utk GA?
    sukses yach mei ^^

    BalasHapus
  12. Apalagi saya yang belum berani, ya. Lebih gugup. . :D
    BTW, saya berani bicara B. Inggris kalau sama sepupu2. :D

    BalasHapus
  13. untuk pertama kali kadang2 gugup ya

    BalasHapus
  14. Gugup, kalau saya, serius gugup.. but i like your word mei..
    Better late than never".

    BalasHapus
  15. aku punya video tutorial bahasa inggris

    https://youtu.be/56HjYrxr2Z4

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis