Rabu, 10 Agustus 2016

Tips Hemat Ala Mami Kenzo

Assalamu'aaikum :)

Semenjak menikah semua urusan rumah tangga menjadi kewajiban saya. Saya adalah “pemimpin” di rumah yang bertugas mengatur, mengontrol, dan mengawasi keperluan rumah tangga, termasuk urusan keuangan. Sama halnya ketika bekerja, untuk urusan keuangan saya juga harus punya catatan tersendiri supaya tidak kalang kabut di saat butuh duit.

Sebenarnya saya bukanlah tipikal orang yang boros, cuma kadang masih sering tergoda dengan jajan di luar baik dengan keluarga maupun sahabat. Biasanya saya akan makan di luar atau belanja dengan teman-teman ketika saya lelah bekerja. Nah, disaat-saat seperti itulah biasanya akan mempengaruhi keuangan pribadi saya.


Meskipun saya bekerja dan mempunyai penghasilan pribadi tapi saya harus tetap bisa memanajemen keuangan keluarga. Saya tidak mau kejadian “Besar Pasak Daripada Tiang” melanda keluarga kami. Apalagi sekarang sudah punya anak yang otomatis memerlukan biaya ekstra untuk tabungan maupun biaya tak terduga.

Dalam waktu 1 bulan ada barang-barang yang wajib saya beli seperti beras, susu anak, diapers buat Kenzo, keperluan mandi dan lain-lainnya. Biasanya saya akan membuat list tersendiri supaya tahu mana prioritas yang harus dibeli pertama kali. Jika kebutuhan pokok terpenuhi selebihnya akan memudahkan saya untuk mengatur yang lainnya.

Berhubung tiap hari berurusan dengan keuangan rumah tangga, saya mempunyai sedikit tips yang bisa membantu teman-teman mengelola keuangan. Meski tak seberapa tapi efek dari kegiatan yang saya lakukan ini sangat menguntungkan. Saya bisa menyisihkan sedikit rupiah untuk disimpan. Apa saja yang saya lakukan tersebut? Berikut rinciannya.

Tips Hemat Ala Mami Kenzo
  • Belanja di pasar tradisional
Bersyukur di rumah yang saya tinggali sekarang dekat sekali dengan pasar tradisonal. Jadi saya bisa berhemat dengan belanja di sana. Harga di pasar jauh lebih murah lho, apalagi sayur-sayurannya lebih segar.
  •  Bawa bekal saat bekerja
Sejak punya anak saya konsisten membuat makanan untuk dibawa suami ke kantor. Alasannya selain sekalian masak untuk dedek Kenzo juga memang menghemat pengeluaran. Terbukti sekali karena suami jarang jajan di luar, dia makan siang dengan bekal masakan yang saya buat tadi, hehehe.
  • Berburu diskon
Siapa sih yang tidak suka mendengar kata-kata diskon? Pasti semua orang terutama ibu-ibu langsung bahagia bila melihat ada barang favorit yang didiskon. Dulu sih saya sering beli ini itu bahkan barang-barang tidak penting yang hanya sekali pakai, tapi sekarang saya insyaf dan memilih berburu diskon di mall.
  •  Membandingkan harga
Perilaku hemat yang saya terapkan lainnya adalah dengan membandingkan harga. Sekarang kan zaman sudah canggih dan serba online, jadi apa saja bisa dicek di internet. Misalnya, harga baju di toko A Rp 250.000,00 sedangkan di toko B seharga Rp 200.000,00. Lumayan kan selisih Rp 50.000,00 bisa dipakai buat beli beras 5 liter, hihihi.

Berbicara soal membandingkan harga, sekarang ada situs yang melayani pelanggan untuk mencari, mengecek, sekaligus membandingkan harga suatu produk. Nama website itu adalah www.priceza.co.id. Situs ini tidak menjual produk sendiri, melainkan hanya membantu pembeli untuk menemukan produk yang disukai dengan harga paling murah.



Situs www.priceza.co.id ini sangat membantu para pelanggannya untuk tetap mendapatkan update harga termurah setiap harinya. Ini sangat cocok untuk ibu-ibu seperti saya. Memang benar ya jadi ibu rumah tangga itu harus smart dan kreatif, apalagi sekarang harga kebutuhan semakin naik, jadi harus pandai-pandai dalam berbelanja.

Nah, cara di atas sudah berhasil saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sederhana sih memang, tapi lumayanlah bisa mengurangi pengeluaran. Jadi bagaimana cara teman-teman dalam menghemat keuangan? Share di kolom komentar ya :)

Salam,
@meifariwis 

3 komentar :

  1. Wah, saya kudet banget ya. Baru tahu ada priceza. Ke tekape ah buat bandingin harga. :D

    BalasHapus
  2. diskonan memang selalu menggoda mba mei hahhaa....

    BalasHapus
  3. wah gak perlu repot jalan nih kalau sudah ada website buat bandingin harga, emak gitu lhoohh

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top