Sabtu, 24 November 2018

Untung Rugi Pakai Media Sosial

Media sosial itu bagai dua mata pisau ikh. Di sisi lain menguntungkan, sisi lainnya juga merugikan. Untung jika dimanfaatkan untuk hal-hal positif, rugi jika dipakai untuk share sesuatu yang negatif.


Kalau bicara soal untungnya, ya pasti ada banyak. Salah satunya memudahkan untuk berkomunikasi dengan siapapun. Apalagi sekarang ada fitur whatsapp, line, bb, (eh masih pada pakai nggak sih?), facebook, atau instagram yang bisa diakses siapa aja. 

Saya bisa mencari teman lama saya hanya dengan sekali ketik nama di socmed. Atau tetap bisa menjalin silaturahmi dengan guru-guru saat sekolah. Bisa tahu kabar orang-orang juga lewat media sosial. So far, aplikasi socmed masih favorit banget sih.


Selain memudahkan komunikasi, manfaat menggunakan media sosial juga ada lagi, diantaranya:

💙 Sarana untuk berjualan

Banyaklah ya orang yang menggunakan medsos untuk jualan online. Ya gimana, lebih praktis dan mampu menjaring konsumen dengan mudah sih ya. 

💙 Mudah menyebarkan konten

Medsos banyak digunakan untuk menyebarkan berita, video, sampai gosip unfaedah. Sekarang semua orang bisa dengan mudahnya menshare sesuatu pada publik lewat medsos.

💙 Mencari teman atau komunitas

Nggak hanya bisa dipakai jualan, medsos bahkan bisa dipakai untuk mencari teman bahkan jodoh lho. Nggak percaya? Coba hitung ada berapa teman kalian yang ketemu jodohnya lewat akun di socmed, hehehe.

💙 Menambah pengetahuan

Ini sih saya banget. Pakai socmed untuk cari-cari ilmu baru. Karena sekarang apa-apa kan mudah dicari di internet. Orang-orang suka bagiin ilmunya lewat socmed yang mereka punya. Jadi curi-curi ilmunyalah.

💙 Bisa terkenal

Sekarang kalau mau terkenal juga gampang kayaknya, tinggal bikin aja isu terkini atau hal-hal nyentrik lainnya lalu upload di media sosial. Dijamin langsung viral deh, apalagi yang menyangkut kepentingan umum. Tapi apa iya mau populer cuma mengandalkan hal “negatif” tersebut?


Kejadian viral memang bisa disebabkan hal negatif, tapi banyak juga kok yang menjadi terkenal berkat bakatnya, kisah hidupnya yang inspiratif, atau karena dia emang keren dan berprestasi. Semua bisa terjadi jika semesta dan netizen maha benar merepost / mereshare/ meretweetnya.


Saya pribadi menggunakan media sosial untuk mencari hiburan dan kesenangan. Hiburan karena bisa scroll akun gosip (hahaha tetep), pantengin akun mantan, cari informasi terkait pekerjaan, dan tentu untuk share tulisan terbaru blog, wkwkwkw.


Ya nggak apa-apa sih menggunakan media sosial untuk apa aja, kan itu hak pribadi masing-masing. Tapiiiii, kalau sampai ada pertemanan di dunia maya saya yang share politik, isu SARA, pornografi, dan hal negatif lainnya, monmaap aje bakal kenal block.


Secara pribadi, saya sangat terbantu banget sama hadirnya medsos ini. Ya instagramlah, facebooklah, twitter, or youtube, semua punya makna tersendiri. Saya jadi punya banyak teman, jadi tahu dunia luar, dan dapat ilmu ya dari medsos. Coba kalau saya nggak punya medsos? Nggak jadi guru kekinian kali ya? Hahaha


Itu tadi kalau bicara untungnya, kalau bahas ruginya juga ada. 

💔 Suka bikin salah paham

Iya sih, kadang. Misal kita nulis A maksudnya ya mau ngomong A, tapi orang lainnya nangkepnya B. Terjadilah salah paham, lol.

💔 Pencurian data

Ngeri sih kalau sampai data-data penting ada yang nyuri. Bisa disalahgunakan oleh pihak yang nggak bertanggung jawab.

💔 Bikin kecanduan


Bisa lho hal ini terjadi, bahkan sama saya pribadi. Dulu apa-apa saya buka socmed, sampai makan, minum, ke toilet pun bawa hape hanya untuk buka instagram atau facebook. Sampai akhirnya saya muak sendiri, hahaha.

💔 Kejahatan dunia maya

Nggak sedikit orang yang menyalahgunakan socmed ini hanya untuk melakukan kejahatan. Berita penculikan lalu berujung pembunuhan, juga bisa terjadi gara-gara chat di socmed. Aduh ngeri ya?

Sebenarnya saya lebih ingin mengingatkan diri sendiri dulu untuk selalu bijak menggunakan socmed. Karena kan kayak pisau tuh, kalau kita pakai untuk hal yang salah, bisa-bisa kita melukai diri sendiri dan orang lain. Kutak mauuuuuu!

Nulis beginian saya jadi banyak menyematkan link masuk, baca ini juga, baca itu juga, karena aslinya saya emang demen nulis soal media sosial. Makanya banyak banget tulisan yang ada korelasinya sama #BPN30dayChallenge2018 tema yang ini, hahaha.

Kalau kalian gunain socmed buat apa? Banyak untungnya atau ruginya nih?

Salam,
@meifariwis

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan sopan ya. Jangan lupa follow ig/twitter juga di @meifariwis

Back to Top